Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Minggu, 05 Januari 2014

28 Cara Memanfaatkan Tumblr untuk Optimasi SEO

Cara Memanfaatkan Tumblr untuk Optimasi SEO




Beberapa hari terakhir ini saya senang sekali meng-update berbagai postingan (entah berupa tulisan maupun gambar) di Tumblr (merupakan salah satu jenis media sosial). Sebenarnya sudah sejak lama saya mengetahui mengenai media sosial yang satu ini, Namun baru sekarang ini saya mulai tertarik menggunakannya. Sebelumnya, sedikitpun saya tak tertarik dengan Tumblr. Bahkan untuk sekedar membuat akun-pun, jujur tak pernah terbesit di pikiran saya. Bagi saya, situs Tumblr tak lebih seperti twitter dan facebook. Jika sudah memiliki Twitter dan Facebook, kenapa harus punya Tumblr? Apalagi jika saya harus aktif di berbagai media sosial yang ada, tentu sangat ribet juga untuk mengelola semuanya bukan?

Cara Memanfaatkan Tumblr untuk Optimasi SEO
Tumblr Nail

Namun, perpektif seperti ini akhirnya sedikit demi sedikit mulai berubah. Apalagi beberapa hari yang lalu, saya mengetahui betapa potensi besar dimiliki oleh Tumblr dalam hal optimasi SEO (Search Engine Optimization). Sejak saat itu, saya terus meng-explore sosial media yang satu ini. Bagaimana dengan potensi luar biasa dari Tumblr ini, bisa saya manfaatkan untuk mendongkrak trafik dari situs utama saya.

Kalau saya perhatikan, sebenarnya Tumblr itu mirip sekali dengan media sosial lain semisal Facebook, Twitter dan Blog. Di Tumblr bisa kita temukan fitur 'like', 'reshare' seperti yang ada di Facebook. Di sisi lain, Tumblr pada dasarnya adalah sebuah situs micro blogging. Platform blogging dari Tumblr sangat mirip sekali dengan (atau lebih tepatnya berdasar) platform Wordpress. Jadi cukup bisa disimpulkan bahwa Tumblr adalah gabungan dari situs Facebook dan Wordpress. Beberapa fitur atau fungsi yang ada di Facebook dan Wordpress, bisa ditemukan juga di Tumblr.

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana Tumblr bisa dimanfaatkan untuk kepentingan optimasi SEO? Perlu diketahui bahwa pengguna Tumblr sudah mencapai 130 juta di seluruh dunia. Jika dibandingkan dengan Wordpress dan Blogspot, Tumblr ternyata lebih banyak penggunanya. Selain itu, Tumblr tiap bulannya juga memiliki pengunjung sejumlah 300 juta berupa unique visitors (berdasar referensi ini ). Hal ini jelas menjadikan sebuah peluang yang sangat besar bagi situs ini untuk menjadi sumber dalam mendulang backlink dan traffic.

Baiklah, kita coba menelaah apa saja keuntungan (benefit) menggunakan Tumblr.

  • Dofollow Blog
  • Tidak seperti Facebook dan Twitter yang merupakan situs nofollow, situs Tumblr adalah dofollow. Jadi seluruh link keluar dari situs Tumblr termasuk dofollow backlink. Sehingga kita bisa memanfaatkan Tumblr untuk mengalirkan link juice kearah situs/web/blog yang kita inginkan. Mungkin ada yang bertanya mengenai apa itu link dofollow, silahkan baca tulisan saya yang lain disini. Mungkin perlu juga kita sadari, bahwa kita terkadang begitu bersusah payah mempromosikan tulisan blog kita di Facebook dan Twitter, tetapi ternyata semua link yang ada di Twitter dan Facebook tak memberikan link juice ke arah blog kita. Hal ini berbeda jika kita memanfaatkan Tumblr sebagai media promosi. Semua link yang kita promosikan di Tumblr, akan memberikan link juice ke blog utama kita. Maka, jika memang tujuan kita adalah untuk optimasi SEO, daripada menghabiskan banyak waktu kita promosi di twitter dan facebook, lebih baik kita menggunakan Tumblr. Tapi memang, jika ingin lebih baik lagi, ya tentu kita gunakan semua media sosial yang ada. Karena seperti kata orang bijak, langkah terbaik untuk promosi adalah dengan menerapkan semua senjata promosi yang ada.
Dofollow Tumblr

  • Memudahkan pencarian konten menarik dengan Hastag
  • Di dalam Tumblr kita bisa mencari sebuah konten menarik dan terbaik sesuai dengan tema yang kita inginkan. Semisal kita ingin mencari sebuah artikel menarik tentang 'kebahagian', maka kita tinggal mencari dengan hastag #kebahagiaan, maka kita akan menemukan konten terbaik dan yang sesuai yang kita inginkan. Dengan fitur ini, maka dengan dengan prinsip sebaliknya, postingan-postingan kita juga bisa dengan mudah ditemukan oleh pengguna Tumblr yang lain. Jadi di Tumblr, kita tak harus punya banyak follower untuk bisa dikenal. Yang penting adalah cobalah untuk berikan konten terbaik yang bisa kita hasilkan, kemudian kita gunakan hastag yang paling sesuai merujuk pada konten yang kita tampilkan.

  • Testing postingan
  • Tumblr mirip sekali dengan Twitter dalam hal kronologi postingan. Layaknya Twitter, seringkali arus postingan Tumblr juga terlalu deras terlihat. Jika kita bandingkan dengan Facebook, arus postingan terkesan lebih lambat. Dengan arus postingan seperti ini, follower Tumblr menjadi lebih toleran (permisif) untuk melihat derasnya postingan yang ada di dashboard. Arus postingan yang deras sudah dianggap biasa oleh pengguna Tumblr. Jika mereka tidak suka melihat sebuah postingan, maka tinggal scroll ke postingan berikutnya. Jika hal ini terjadi di Facebook, maka seringkali derasnya postingan membuat kesal dan bisa berujung dengan unfriend. Dengan keunggulan ini, kita bisa memanfaatkan Tumblr untuk mengetest berbagai postingan. Dari postingan-postingan tersebut, mana postingan yang paling menarik dan disukai.

  • Dongkrak Pagerank
  • Dengan keunggulan sebagai dofollow blog, maka Tumblr sangat potensial untuk mendapatkan pagerank yang tinggi. Tentu ada syaratnya untuk mendapatkan PR tinggi, yaitu dengan membuat postingan yang bagus dan menarik. Dengan postingan yang menarik dan mengesankan, maka akan menarik perhatian orang dan pada akhirnya berkenan untuk melakukan reblog. Proses reblog ini yang akan memiliki pengaruh besar terhadap kenaikan pagerank.

  • Branding
  • Tumblr juga sangat baik dimanfaatkan untuk mempromosikan produk atau sesuatu agar dikenal luas oleh pengguna Tumblr. Dengan memanfaatkan foto atau meme, kita bisa mengenalkan secara luas produk yang ingin kita promosikan. Bangun hubungan yang baik dengan calon pelanggan kita dengan mengomentari apa saja yang dia posting. Kemudian pasang brand produk kita di akun kita. Berikan hastag terbaik yang berkaitan dengan postingan kita. Maka kita bisa meningkatkan branding produk yang ingin kita sebar luaskan.


Demikian sedikit apa yang saya ketahui mengenai kemampuan Tumblr dalam optimasi SEO. Selamat mencoba dan mengaplikasikan. Salam inspirasi coffee.


***
5 Januari 2014
Ditemani gerimis kampung halaman

Related Post



28 komentar:

  1. Menarik. saya punya tumblr tapi jarang disenggol2. Artikel begini bisa bikin penasaran sama tumblr :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. Tumblr sangat membantu untuk optimasi SEO. Terutama jika ia digunakan untuk membantu menaikkan pagerank.
      Semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. Tips yang sangat bermanfaat, saya juga sudah mulai mencoba memanfaatkan Tumblr untuk menaikkan trafik dan backlink ke website utama saya.

    Tips yang sangat berguna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah bersedia berkunjung di gubug Inspirasi Coffee ini.

      Hapus
  3. bisa mendongkrak page rank, menambah pengetahuan ni, tapi sayang membuat posting artikel yang menarik yang masih sulit buat saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas Agus, memang salah satu cara terbaik menaikkan page rank adalah dengan membuat artikel sebaik mungkin dan buka hasil copy paste. Ini yang disebut oleh banyak master SEO sebagai "Content is the King!"

      Hapus
  4. sukses selalu,,terimakasih untuk infonya

    BalasHapus
  5. Cuma reblog dapat backlink dofollow, keren ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya begitulah kekuatan dari Tumblr yaitu link dofollow

      Hapus
  6. thx brad. tapi gimana caranya pakai blog dofollow buat naikin pagerank kita

    http://fearlessyouthspirit.blogspot.com/2014/10/review-tankbag-donimoto-jelajah-20.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikhsan : Agak susah untuk membuat blog dofollow bisa menaikkan pagerank. Karena blog dofollow itu terlalu banyak linkjuice keluar. Padahal hal tersebut jelek disisi pagerank.

      Hapus
  7. Thx for the info. Punya tumblr cm ga pernah saya pakai

    BalasHapus
  8. saya juga baru beberapa hari yg lalu buat akun tumblr, tp susah gan cari followernya.

    BalasHapus
  9. gan ane masih ga ngerti cara membedakan blog dofollow sama nofollow dari artikle di atas mohon penjelasanya gan hehe terimakasih salam blogwalking

    BalasHapus
  10. Terimakasih gan...

    mau tanya web tumblr yang bisa kami tanam backlink dan bisa menaikan keywoard web saya, walau harus beli backlink boleh info gan...?

    BalasHapus
  11. Menarik.. saya sebenarnya sering optimasi seo dan traffic dari pinterest dan sekarang mulai tertarik ke tumblr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul @Fatima Coeg.

      Cara terbaik adalah dengan memanfaatkan semua senjata yang ada. Pinterest, Tumblr, Mix dan social media yang lain. Kuncinya adalah konsistensi, dan ini yang paling sulit.

      Hapus
  12. Bagus ga expired domain tumblr?

    BalasHapus
  13. terimakasih banyak infonya mas

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates