Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Kamis, 26 Juli 2012

78 Cara Mengatasi Url Postingan yang Hilang di Index Google

Beberapa waktu yang lalu saya menulis sebuah postingan/artikel yang berjudul 'SEO, makanan apa itu'. Beberapa jam setelah tulisan tersebut di-publish, ternyata postingan/artikel tersebut cukup digemari oleh Google dengan secara mengejutkan berhasil nangkring di posisi halaman pertama di mesin pencari Google. Namun, sayangnya di hari berikutnya saya dibuat tercengang dan heran dengan menghilangkan url postingan saya itu. Ketika saya mengetik judul postingan tersebut di mesin pencari Google, ternyata yang muncul adalah homepage blog inspirasi coffee.

Cara Mengatasi Url Postingan Hilang di Index Google

Saya heran, kenapa malah homepage blog yang keluar. Postingan saya kemarin tiba-tiba saja hilang. Hilang kemana?



Mengenal SERP (Search Engine Result Page)

Rupanya hal senada juga kembali terjadi pada postingan terbaru dengan judul 'Mengubah domain blogspot ke domain sendiri'. Ketika pertama kali postingan tersebut di publish, sebenarnya posisi SERP sudah menempati di halaman pertama. Namun di hari berikutnya malah hilang. Kejadian ini cukup membuat saya tertantang dan ingin mendalami permasalahan ini.

Singkat kata, setelah mencari dan membaca di beberapa referensi, saya semakin memahami bahwa postingan/artikel saya hilang karena memang dihapus dari daftar index (SERP) oleh si Google sendiri. SERP merupakan singkatan dari Search Engine Result Page, atau dalam bahasa yang mudah dipahami adalah halaman hasil pencarian Google. Alasan Google menghapus tulisan/postingan dari sebuah blog di index pencarian (SERP) cukup bervariasi. Ada yang dianggap postingannya adalah spam atau hasil copas, ada juga yang karena alasan lain yang saya sendiri juga kurang paham.


Search Engine Result Page
SERP


Penyebab Url Postingan Hilang di SERP

Untuk kasus dua postingan/artikel saya yang hilang di blog ini, saya mencoba mencermati dan sedikit mengira-ngira apa penyebabnya. Berikut beberapa alasan yang mungkin kenapa postingan saya dengan judul 'Mengubah domain blogspot ke domain sendiri' dihapus dari index Google :


  • Mengandung kata-kata yang dibenci Google
  • Postingan saya pada awalnya mengandung kata-kata yang mungkin dibenci oleh Google, seperti h*cking, h*cker dan sejenisnya.

  • Deskripsi pencarian tidak sesuai dengan isi artikel
  • Ketidak-sinkronan ini membuat Google beranggapan bahwa postingan tersebut masuk dalam kategori 'spam'. Seperti yang kita tahu, bahwa Google sangatlah profesional dalam memberikan pelayanan pencarian. Jika tema yang dicari tidak sesuai dengan isi dari sebuah tulisan, maka dengan sangat mudah Google menganggap tulisan itu sebagai spammer. Karena dianggap spam, maka postingan tersebut otomatis tidak masuk dalam index pencarian. Disinilah letak profesionalitas Google. Kita harus mulai memahami hal ini.

Karena postingan ini cukup menguras energi pengetahuan saya dan berpotensi cukup memberi manfaat bagi rekan-rekan blogger yang lain, maka saya mencoba melakukan upaya-upaya untuk mengembalikan postingan tersebut ke index pencarian Google. 

Cara Mengembalikan Agar di-Index Google

Dan berikut ini adalah usaha saya untuk mengembalikan postingan tersebut sehingga memberikan harapan untuk dicintai kembali oleh si Raja Pencari :

>>Memperbaiki Kata dan Kalimat di dalam Tulisan

Saya mencoba mengubah beberapa kata atau kalimat yang mungkin bisa menyebabkan hal itu dibenci oleh Google. Termasuk mengganti nama blog saingan blogger yakni wordpr*ss dengan istilah WP. Entahlah, ini hanya insting saya saja. Apakah hal tersebut memberikan efek atau tidak, saya juga kurang tahu. Yang jelas beberapa jam setelah saya melakukan beberapa poin usaha ini, alhamdulillah akhirnya postingan tersebut kembali ke index mesin pencari (SERP).  

>>Melakukan Blogwalking 

Saya mencoba melakukan blogwalking dengan membidik alamat blog kita dengan url alamat postingan yang hilang tadi. Usaha ini adalah untuk meyakinkan si Google supaya menarik kembali pandangan bahwa postingan pada alamat url ini adalah spam. Kalau bisa, lakukan blogwalking ini ke beberapa teman blogger yang memiliki statistik pagerank dan alexa yang lumayan tinggi.
  

search engine result page
Url postingan kembali ter-index oleh Google

Sebenarnya masih banyak langkah yang musti dilakukan untuk mengembalikan postingan/tulisan yang hilang dari index pencarian Google. Tergantung seberapa parah kasusnya. Untuk kasus di blog coffee break, saya hanya melakukan 2 usaha diatas saja. Dan Alhamdulillah, postingan saya yang hilang tadi, sudah kembali ter-index oleh Google setelah beberapa jam kemudian. Oh iya, durasi waktu kembalinya postingan yang hilang dari SERP pastinya tidak menentu. Ada yang butuh hanya hitungan jam (seperti pada kasus yang saya alami), ada juga kasus yang sampai berhari-hari lamanya baru bisa kembali. Ya intinya setelah kita keras dalam berusaha, jangan lupa berdoa :) .


Related Post



78 komentar:

  1. aku mah nggak ngeh soal beginian Fin, *gaptek*

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he. Aku juga baru belajar kok mbak. Kemarin postinganku tiba-tiba menghilang dari index google. Alhamdulillah dengan 2 cara diatas, sudah kembali lagi :)

      Hapus
  2. blog saya wordpress, tapi kok ngga pernah ngilang yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah berarti selama ini semua postingan pak mul sangat disukai mbah google he he.

      Hapus
  3. punya saya tetap terindek waktu sya ketik url , tetapi saat saya cari dengan kata kunci tertentu tidak ada? sebelumnya sih sudah muncul dihalaman 12, lalu ada di hal 13 dan naik 12 lalu 13, ke 14, sampai ke 16, dan beberapa hari lagi lansung loncat ke hal 11 dan selanjutnya beberapa hari lagi tidak ada sduah sy cari sampai halaman terakhir,

    kok bisa ? dan apa penyebabnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin sudah tergeser dengan web/blog lain dengan kata kunci yang sama.
      Yang aneh adalah ketika sudah muncul di halaman satu dan berada di puncak. Tapi akhirnya malah hilang sama sekali. Ini yang patut dicurigai

      Hapus
    2. iya mas, saat ini saya sedang mengalami hal tersebut. Maka dari membaca forum mas-se. Pada saat mempublikasikan pada tanggal 28 nov tidak menunggu 3 jam sudah di index google, 2 hari berikutnya bertengger ke halaman 1 rank beragam. Terus meningkat tu trafficnya sampai 8 hari lebih. Terakhir setelah merosok ke rank 9 saya langsung menambakan file robots.txt pada cpanel domain tsb... kemudian besoknya kata kunci yang telah mendapat 400+ kueri tidak 1 pun tersisa pada pencaran! Mohon penjelasannya mas >> salah nya dimana? apakah karena backlink saya ya sekali masuk ratusan dengan ancor berbeda"

      Hapus
    3. Apa yang saya pahami sudah saya tulis semua di postingan diatas. Untuk kasus tersebut, jawaban saya akan sama dengan tulisan saya sebelumnya. Mohon maaf bila tidak bisa banyak membantu.

      Hapus
  4. Beberapa postingan saya juga hilang dalam satu hari ini,.. :( PV yang biasanya sekitar 1k/day, sekarang jadi cuma 150 doang sampe komen ini saya ketik,.. :(

    Bingung harus ngapain, gw udh nge fetch google juga percuma,.. T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah dicoba langkah-langkah di atas mas?

      coba banyak berkomentar di blog orang lain dengan melink-kan ke alamat postingan yang hilang tadi. Semoga ini dianggap bahwa postingan tersebut menjadi penting. Sehingga bisa kembali terindex oleh google.

      Hapus
  5. Kalau post yang sudah terhapus, gimana cara mengembalikannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sepertinya kalau ini susah untuk mengembalikannya.

      Hapus
  6. ane juga barusan aja ilang nih postingan di SE tapi sekarang ane coba untuk edit artikel yang ilang tersebut terus mau resubmit sitemap, mudah2an muncul lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, salah satu cara membuatnya masuk ke Search Engine kembali adalah mengedit kata-kata di dalamnya, kemudian di resubmit kembali. Saya melakukan hal-hal seperti ini dalam beberapa kali berhasil masuk ke SE.

      Semoga berhasil.

      Hapus
  7. wahhh ini yang ane cari gan..!!

    di coba dulu gan, jika berhasil bisa jadi referensi blogging lagi nih gan.. ada 4 post ane yang gk di index padahal posisi keywordnya 1-5 di SE..

    visit me site gan http://klikiri.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan dicoba mas dedy muswar. Semoga berhasil yah..

      Hapus
    2. iya gan..

      udah jelas gan post ane hilang dari index google karena kena google sandbox,menurut ane sih karena penggunaan keyword yang berlebihan(hehehe).. tapi ane udah modif dikit yang kemarinnya 4 post yang kena sekarang tggal 2 post.. agan bisa liat post ane yang kena google sandbox : http://www.klikiri.com/2013/04/situs-penyedia-cheat-point-blank

      salam kenal gan..

      Hapus
    3. wah. saya malah belum pernah kena google sandbox. Terima kasih tambahan infonya mas.

      Hapus
  8. kalau pengalaman saya gan.. semua artikel dengan keyword yang biasa saya ketik di google malah gak ada sama sekali blogku yang muncul.. setelah saya cek ternyata bloggku kena google dance.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ada juga tentang google dance ya mas/mbak Sharing Informasi.
      Aku baru tahu ada juga seperti itu.

      Terima kasih infonya mantab.

      Hapus
  9. Gue lagi ngalamin nih gan, kontes SEO ane hilang dr SERP bingung dah gan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he. Coba dipraktekkan jurus di atas :)

      Hapus
  10. bro bagi yang mau ikut cpns silahkan Download gratis Software CPNS disini
    http://kkgjaro.blogspot.com/2013/08/download-gratis-software-soal-cpns.html

    BalasHapus
  11. Untuk saat ini, sebuah artikel dapat dikatakan agak sulit menembus halaman 1 Google, apalagi sejak diluncurkannya Algoritma Hummingbird 2013. Ini menjadi PR bersama bagi kita sebagai pengelola blog. Salam kenal...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas informasinya 'Algoritma Google'. Sangat bermanfaat.
      Salam kenal juga

      Hapus
  12. mas mau nanya blog saya kemarin jumat semua post artikel semuanya hilang dari se saya tidak tau kenapa bisa begitu bahkan pos populerpun saya ketik di se tidak muncul sama sekali,yang biasanya pengunjung 1300 an perhari sekarang menyisakan hanya 40 pengunjung perhari ..kenapa bisa begini ni alamat blog saya mas gratisslaguu.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup. hal seperti itu memang seringkali terjadi. Tiba-tiba saja postingan kita hilang dari search engine.
      Salah satu yang menyebabkan postingan kita hilang adalah ketika postingan kita mendapatkan kunjungan atau backlink secara tidak wajar.

      Tidak wajar dalam arti biasanya blog kita mendapat kunjungan 500 pageviews per hari, tetapi karena optimasi SEO yang berlebihan, mengakibatkan SE menganggap postingan ini sebagai spam.

      Nah, usaha kita adalah bagaimana postingan dari blog kita tidak dianggap spam oleh search engine. Beberapa langkah diantaranya adalah dengan melakukan apa yang sudah saya bahas dalam artikel diatas.

      Selamat mencoba dan semoga berhasil.

      Hapus
  13. Wah mas tetap artikel postingan saya tetap saja hilang padahal artikel saya sekitar 690an tapi kok ilang semua nasepppp naseppppp sya liat blog sya tadi gratisslaguu tetap saja online cuman 1 terus mas aaapeeeessss mungkin ada cara jitu lagi massss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya lihat, blog gratisslaguu sudah kena google sandbox. Jadi seluruh postingan di dalam blog ini tak muncul di SE lagi.

      Saran saya, optimasi SEO jangan terlalu berlebihan. Karena jika traffic terlalu banyak dalam waktu yang singkat, maka ini dianggap aneh oleh Google dan mungkin saja dianggap spam.

      Langkah untuk keluar dari google sandbox
      1. Masuk ke google webmaster kemudian lakukan verifikasi kembali web anda.
      2. Lakukan submit ke beberapa situs directory. Saran saya silahkan submit ke 'dmoz directory'
      Silahkan lihat caranya di blog rekan saya di :
      Caranya submit DMOZ

      Memang tidak mudah keluar google sandbox, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Mungkin butuh waktu yang tidak singkat.

      Selamat mencoba.

      Hapus
  14. MAS maksut dari verifikasi kembali di webmaster itu maksutnya gmana ya mas apa submit peta situs lagi atau hapus site dan buat lagi gitu apa ya mas maklum mas nggak ngerti juga taunya ngeblog juga dari mbahe google kii mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Maseus Shant : sudah lama sekali saya tidak masuk ke google webmaster. Seingat saya disana dulu ada bagaimana cara submit blog kita. Hal ini dilakukan untuk memperkenalkan blog kita ke directory google.

      Coba nanti kalau ada waktu luang saya akan membuat postingan mengenai google webmaster ini.

      Hapus
  15. Di tahun 2014 ini sepertinya Google lebih ketat dengan aturannya, duplikasi meta dan deskripsi yang muncul juga bisa menjadi sebab artikel blog tidak ditemukan pada indeks Google. Salam kenal buat admin dan semua yg berkomentar di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. informasi yang sangat berguna sekali mas blogger aneh. Terima kasih sudah berkomentar di gubug saya dan salam kenal.

      Hapus
  16. wah kayanya blog saya jg kena nih mas..mungkin karena mmg beberapa kali mengubah meta tag malah yang tadinya bagus2 aja di google, skrg smua posting sy hiang semua. hiks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Nandini :
      wah.. segera diperbaiki mbak meta tag nya. Pilih yang paling merepresentasikan isi dari blog kita. Trus lakukan metode SEO terbaik yang bisa kita lakukan :)

      Semangat!

      Hapus
  17. entah kenapa mas dari tadi pagi artikel hilang semua,

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Fikri : hemm mungkin kena google sandbox mas Fikri.

      Hapus
  18. mas mau nanya nih, gimana ya caranya buat ngembaliin judul blog yang hilang di search engine...?
    judul blog saya "BERBAGI INFORMASI LENGKAP" hilang dan menjadi "judul blog anda"
    mohon sarannya...
    ini url blog saya: http://putuagem.blogspot.com/

    BalasHapus
  19. blog saya sampai sekarang hilang di serp ada solusi yang lain tidak.

    http://infokuis-uptodate.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini, solusi yang saya ketahui yang sudah saya bahas di tulisan ini saja. Dan itu sudah berhasil untuk kasus yang saya alami.

      Hapus
  20. saya juga mengalami hal yang sama,,, saya coba ikuti sarannya,,, moga aja berhasil,,, ^_^

    BalasHapus
  21. Artikel saya hilang dari serp, semoga dengan meninggalkan link disini bisa kembali :)

    BalasHapus
  22. kejadian ini yang saat ini saya alamin gan.
    sempat buat gua galau sesaat, tapi setelah baca postingan gan yang satu ini jadi legah. :D

    BalasHapus
  23. Artikel saya banyak sekali yang menghilang dari serp, suram bener lihat view menjadi turun drastis.. :3 Aku cobak dulu caranya mas..

    BalasHapus
  24. Saya juga pernah mengalaminya Gan, padahal sebelumnya halaman URL tersebut nongkrong di halaman pertama Google sesuai dengan kata kuncinya. Saya heran kenapa bisa begitu,karena postingan rasanya tidak ada masalah backlinkpun juga tidak terlalu kencang, akirnya setelah saya ping ke salah satu mesin ping, nongkrong lagi dech si dia.
    Makasih gan udah berbagi Ilmu.

    BalasHapus
  25. Makasih banyak sudah berbagi,
    satu lagi pengalaman dari blog Sobat.

    BalasHapus
  26. Gan postingan di blog ane koq gk ada ya kalo dilihat di webnya?
    Padahal di bloggernya ada
    nih blog ane nintendodsarea.blogspot.com

    BalasHapus
  27. gan saya jg ngalamin gitu yang keluar malah artikel yang saya share ke googleplus, gimana tuh minta pencerahannya Http://mas-edisugianto.blogspot.com

    BalasHapus
  28. terimakasih infonya ya..aku coba, semoga berhasil

    BalasHapus
  29. makasih infonya aku juga mau coba untuk https://amoraindonesia.wordpress.com/2015/11/07/indosport-com-berita-olahraga-terbaru-dan-terlengkap-di-indonesia/#more-570 yang hilang dari peredaran

    BalasHapus
  30. yang ini juga hilang https://ledakan.wordpress.com/2015/11/11/amazing-farm-produsen-jus-sayuran-untuk-diet-alami-hidroponik-berkualitas-terbaik-di-indonesia-2/

    BalasHapus
  31. saya udah coba tapi mash berkurang makin lama dari indeks google, ini utk blog http://myreseppraktis.blogspot.com http://qubelajarblog.blogspot.com http://macamragammanfaat.blogspot.com

    BalasHapus
  32. saya udah coba tapi mash berkurang makin lama dari indeks google, ini utk blog http://myreseppraktis.blogspot.com http://qubelajarblog.blogspot.com http://macamragammanfaat.blogspot.com

    BalasHapus
  33. gan caranya gimana ya yang udah terlanjur ketendang google, capek2 setahun ngerjain berhasil di hal 1 ehh.. sekarang di hal 6 .. sedihh bangett

    BalasHapus
  34. ane juga ngalamin kek ginian gan.. padahal 2 minggu lalu nggak apa-apa


    http://trickster.web.id - Web tentang tips trick

    BalasHapus
  35. Gan mungkin ada solusi, situs saya http://www.kotareyognews.net ini kok aneh ya... Kalau malam jam 00.00 sanboox nya ilang, tapi menjelang siang hari jam 12 kok muncul lagi ya... Ada solusi gan...?!! Thanks

    BalasHapus
  36. ngeri juga nih juka udah susah payah menulis artikel, kemudian nunggu waktu lama agar terindex, tiba2 hilang di google.
    mudah2an aja yang sedang ngalami masalah ini cepet terselesaikan dgn cara diatas.

    thanks infonya bro

    BalasHapus
  37. haha sama ya, kok bisa menghilang semua ya artikel ku? apa yang salah? mungkinkah template nya tidak seo friendly?

    BalasHapus
  38. makasih gan ane coba ya cara ke dua http://rasikomputer.blogspot.com/2016/12/cara-mengatasi-error-code-0x80070422-di.html

    BalasHapus
  39. Bagus tipsnya gan, sering ngalamin kayak gini nih

    BalasHapus
  40. makasih info nya ini saya lagi ngalamin yang beginian.bukannya terindeksnya nambah malah berkurang mulu.
    https://sinaumbaca.blogspot.co.id

    BalasHapus
  41. atikelnya mantap. sekalian numpang blogwalking gan.
    http://smadgreen.blogspot.com/

    BalasHapus
  42. mantaff infonya gan.. tapi saya udah coba tetap belum ada di search google dengan web, https://www.bukupaud.tk/, mohon info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Silahkan Ven Tero dicoba tips-tips yang sudah dijelaskan di postingan ini. Semoga url nya segera kembali terdeteksi google.

      Hapus
  43. saya mengalami hal serupa juga min, sampe sekarang masih belum teratasinya. terimakasih atas informasinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Postingan ini saya buat di tahun 2012. Mungkin google sudah memodifikasi terkait search engine. Maka solusinya bisa jadi kurang ampuh untuk saat ini.

      Tetapi saran saya patut untuk terus dicoba. Di samping itu juga mencari solusi lain yang update dengan algoritma google 2018.

      Hapus
    2. baik min saya akan coba lagi
      terimakasih atas bantuannya.
      salam sukses terus..

      Hapus
  44. biasanya kalau hilang gitu karena sandbox kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. om mobil : iya biasanya url hilang itu disebabkan oleh Google Sandbox.

      Hapus
  45. artikel yang sangat informatif menambah wawasan semoga kedepannya semakin baik bagus mudah di mengerti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah terima kasih @Toko Waist, senang sekali jika tulisan ini bermanfaat.

      Hapus
  46. trimasih mas sangat membantu sekali, akhirnya postingan saya kembali lagi.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates