Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Wednesday, February 27, 2013

6 Kultwit : Cara Mengubah Domain Blogspot ke Domain .com

Sebenarnya saya sudah pernah membuat tulisan mengenai cara mengubah domain blogspot ke domain sendiri apakah itu dot-com, dot-net atau dot-org. Tapi pagi ini saya ingin mengkultwitkan kembali caranya dengan bahasa yang lebih singkat. Jika ada pertanyaan, silahkan berkomentar di bawah.
 
(1) Pagi ini ingin share pengalaman bagaimana mengubah domain blogspot[dot]com ke domain sendiri misal [dot]com/org/net. .

(2) Mengapa tak langsung beli hostingnya saja? ntar dicustom sendiri. | Ya, itu bisa, ini bagi mereka yang nyaman di blogspot. .

(3) Sehingga ntar kita memakai fasilitas blogger dari blogspot. Tapi nama domainnya saja yang kita ganti. .

(4) Semisal kita memiliki blog fifin_inspirasi.blogspot[dot]com. Kita bisa ubah menjadi fifin_inspirasi[dot]org. .

(5) Cara seperti ini biasa disebut dengan 'parkir hosting'. Server ada di amerika, hanya saja minta di parkir di Indonesia. .

(6) Jadi kita tidak perlu repot-repot mengurus 'oprek' hostingnya, upload dan backup data, dan semacamnya. Mudah dan simple. .

(7) Untuk jasa penyedia hosting, saya pengalaman di satu jasa penyedia, yaitu qwords. Jadi cara beli domain, berdasarkan dia. .

(8) Untuk cara teknisnya langsung saja ke web resminya qwords : Disini. Itu cara teknis setelah beli domain. .


(9) Nah, pertanyaan berikutnya, gimana beli domainnya? | Dalam hal kita kita hanya membeli domain, hosting tdk perlu beli. .

(10) Salah satu syarat memasang domain kita ke blogspot adalah dengan mengarahkan 'dns zone domain' kita ke blogspot. .

(11) Caranya dengan memesan dulu 'Cpanel free parking domain' ke qwords. Langsung saja ke tkp :  Disini.

(12) Ikuti langkah nomor 11 dgn hati tenang & rasa gembira, insyaAllah tak tersesat :) | Jika tersesat, silahkan mention. .

(13) InsyaAllah dengan cara 1-12 tadi & dengan 2 link qwords yg saya kasih, anda bisa dengan sendiri membeli domain sendiri. .

(14) Setelah memesan 'cpanel free parking' pada nomor 11, kita harus mentransfer dana seharga domain yang ingin kita beli. .

(15) Sekedar info, harga [.org] yakni 55rb per tahun. Lebih mahal [dotcom] yang sekitar 80-an ribu. [dotnet] lebih mahal lagi. .

(16) Jika langkah-langkah di bawah sudah dilakukan dengan benar, proses perpindahan domain berlangsung maksimal 2x24 jam. .

(17) Kalau pengalaman saya sih, cuma satu jam-an sudah bisa terarah ke domain baru. Cuma belum begitu stabil. .

(18) Baru stabil setelah sehari-an. Oke demikian sedikit share bagaimana dari blogspot ke domain sendiri. Selamat mencoba.

Related Post



6 comments:

  1. Penting bagi para blogger yang kepingin merubah ataupun membeli domain.

    ReplyDelete
  2. Kalau blogspot kita sudha pakai nama domain sendiri akan lebih pendek ya jadinya dan mudah diingat oleh pengunjung namun itu tidak gratis dan harus beli domain berbayar .. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mbak rina.

      dengan memiliki domain sendiri, maka alamat/address web jadi lebih pendek. Lebih keren :)

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates