Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Kamis, 25 Juli 2013

191 Cara Menghafal Al-Qur'an Metode Ust Yusuf Mansur

Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh seorang sahabat yang mulia, yaitu Ibnu Abbas RA, ia berkata bahwasannya  Rasulullah SAW bersabda:
إِنَّ الَّذِي لَيْسَ فِى جَوْفِهِ شَيْئٌ مِنَ الْقُرْآنِ كَالْبَيْتِ الْخرب
“Sesungguhnya orang yang tidak ada sedikitpun Al-Qur`an di dalam rongganya, ia seperti rumah yang runtuh.”   HR. at-Tirmidzi 2910

Beberapa waktu yang lalu saya menemukan sebuah video yang dirilis di youtube bagaimana ust. Yusuf Mansur berbagi ilmu dan pengalaman beliau tentang bagaimana caranya menghafal Al-Qur'an dengan baik dan benar. Kita bisa menyebutkan sebagai sebuah metodologi.

Cara Menghafal Al-Quran

Namun, sebelum kita membahas bagaimana metodologi ust. Yusuf Mansur dalam menghafal Al-Qur'an, terlebih dahulu kita perlu mengerti betul tentang prinsip pokok menghafal Al-Qur'an dan bagaimana caranya agar aktifitas atau kegiatan menghafal Al-Qur'an itu menjadi sebuah keasyikan dan malah bukan menjadi beban.
 

Prinsip Pokok Menghafal Al-Qur'an

1. Doa

Sebelum masuk lebih dalam ke langkah kongkrit metodologi menghafal, kita harus memahami terlebih dahulu bahwa Al-Quran itu sesungguhnya milik siapa? Kenapa kitab ini diturunkan di dunia? inilah fondasi dalam menghafal Al-Quran.

Dengan mengetahui latar belakang ini, maka kita akan lebih termotivasi dalam menghafal. Tentu kita juga harus senantiasa berdo'a, semoga Allah karuniakan kepada kita kemudahan dan kelancaran dalam menghafal Al-Qur'an.

2.  Niat

Sesungguhkan niat ini menjadi sangat penting. Untuk apa kita menghafal Al-Qur'an? Apakah motivasi kita hanyalah ingin dianggap sebagai penghafal Al-Qur'an? ataukah murni karena Allah semata?

Sebaiknya kita perlu meluruskan niat dalam melakukan tugas mulia ini, agar Allah senantiasa limpahkan berkah kepada kita.

3. Mengetahui Fadhilah sehingga akan Mencintai Al-Qur'an

Saya sangat yakin, bahwa tanpa mengetahui fadhilahnya, maka proses menghafal akan menjadi sangat kering dan tanpa semangat. Semua berpotensi menjadi beban. 
Kata ust Yusuf Mansur,
Membaca dan menghafal Al-Qur'an itu ibarat membangun gunung emas. Setiap huruf yang dibaca, akan masuk ke dalam kantong-kantong kita yang nilainya bahkan lebih besar dari gunung itu sendiri. Subhanallah

4. Punya Target

Sebaiknya dalam menghafal, kita memiliki target. Semisal dalam setahun, kita punya target harus bisa hafal 1 juz.

5. Ditemani dengan Amal Unggulan

Untuk mendapatkan keberkahan dan cintanya Allah, kita perlu menambahkan dengan amal-amal unggulan seperti puasa, tahajud dan sedekah. Semua itu agar semakin dimudahkan untuk menghafal Al-Qur'an.

Ayo Ngaji Tiap Hari

Setelah mengetahui prinsip pokok dalam menghafal Al-Qur'an, sekarang kita lanjut ke dalam langkah-langkah kongkrit atau metodologinya:

Metodologi Menghafal Al-Qur'an

1. Mushafnya Jangan Diganti-ganti

Karena struktur dan tampilan halaman terkadang berbeda-beda pada tiap penerbit mushaf, pastikan kita menghafal dengan hanya satu mushaf yang sama. Kita pilih jenis mushaf yang kita sukai, kemudian pakai mushaf tersebut sampai selecek-leceknya.

Karena ketika menghafal itu sebenarnya itu mirip dengan memotret gambar ke dalam memori otak kita. Bentuk mushaf akan mempengaruhi struktur hafalan kita di memori otak. Ketika mushafnya diganti-ganti akan menyulitkan hafalan.

2. Satu Ayat / Satu Baris Diulang Sebanyak 20 kali.

Banyak sekali pada hafidz / hafifzah yang tidak dikaruniai kemampuan dalam menghafal. Namun kenyataannya mereka mampu menghafal Al-Quran karena mereka serius.

Ketika kita sering menghafal, maka sejatinya kita sedang berinteraksi dengan Al-Quran. Dengan mengulang-ulang pembacaan sebanyak 20 kali, diharapkan hafalan akan semakin kuat.

3. Jika Ayatnya Panjang, Bagi Jadi Beberapa Penggalan, Tiap Penggalan Diulang Sebanyak 20 Kali

InsyaAllah dengan cara ini diharapkan proses menghafal menjadi lebih mudah dan nikmat. Perlu diingat bahwa proses menghafal Al-Quran dengan cepat itu bukanlah prestasi, yang paling penting adalah bagaimana kebersamaan kita dengan Al-Qur'an.

Masalah hasil, itu Allah yang menentukan, kita sebagai hamba hanya bisa berusaha saja. Keep spirit ya!

Salam inspirasi coffee


***
Berikut ini saya akan mencantumkan beberapa komentar pengunjung blog ini yang saya anggap dapat memberikan inspirasi. Dan semoga bisa menambah semangat kita dalam menghafal Al-Qur'an.


Cobalah muroja'ah dengan mendengarkan murathal. , sekaligus bisa untuk mengkoreksi tajwid. Banyak Qiraat bagus, kalau saya lebih suka dengan Mishary Rasyid
Al Fasi. Karena intonasi dan tajwidnya bagus untuk pemula seperti saya. Thanks, semoga bermanfaat.  
-- Anonymous, berkomentar pada tanggal 5 Januari 2014. 
Memang susah menjaga hafalan, apalagi jika sudah mempunyai hafalan tapi ingin menambah hafalan baru. Kalau saya, kebetulan saya berangkat kerja menggunakan motor. Jadi muroja'ah nya di motor. Lumayan, perjalanan 1 jam digunakan muroja'ah 1 juz. Daripada di motor hanya diam saja.

-- Anonymous, berkomentar pada tanggal 24 Desember 2013

Untuk menjaga hafalan lama tetap terjaga, kita harus mulai dari hafalan sebelumnya, semisal kemarin sudah selesai 2 ayat, maka hari ini harus diulangi lagi (muroja'ah) plus ditambah hafalan 2 ayat hari ini. Jadi total menjadi 4 ayat. Begitu seterusnya. Bismillah, semangat ya teman-teman. 

-- Dewi Anggraini Aswita, berkomentar pada 1 November 2013

Kalau saya terkadang main game hafal 1 ayat, sehingga tidak mudah bosan. Alhamdulillah sekarang saya sudah hafal surat An-Naba, dan separuh surat Ar-Rahman. Usahakan setiap sholat Dhuhur kita membaca 10 ayat tiap rakaat. Kalau surat An-Naba dibaca Dhuhur dan Ashar maka akan selesai, karena panjang ayat surat An-Naba 40 ayat. Tetapi terkadang, imamnya terlalu cepat, sehingga kita susah melakukan ini. Kalau surat Ar-Rahman saya ulang-ulangi ketika akan tidur.

-- Sawit Riau berkomentar pada 29 Oktober 2013 





Related Post



191 komentar:

  1. yang susah lagi mas kalau sudah hafal terus tak di jaga hilang deh akhirnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup. itu juga salah satu tantangannya. Harus bisa menghafal dan menjaganya :)

      Hapus
    2. @sindun : he he. Ayo ramaikan :)

      Hapus
    3. yup menjaganya yang susahh mksih sharingnya

      Hapus
    4. perbanyak memnabacanya baik dalam shalat atau pun dalam kehidupan sehari-hari

      Hapus
    5. @Hanan Sugiharti : Iya betul sekali, untuk merawat hafalan itu luar biasa susah.

      Anonymous : Jazakallah atas tipsnya.

      Hapus
    6. salam...
      memang susah menjaga hafalan apalagi kalo udah punya hafalan trus mau nambah hafalan baru,,

      kalo ana,,,kebetulan kerja menggunakan motor jadi cara muroja'ahnya ya dimotor lumayan perjalanan bisa 1 jam bisa selesai 1 juz. dari pada di motor diem aja,,,hehehe

      Hapus
    7. Alhamdulillah sangat menginspirasi sekali. Akan saya tambahkan dalam postingan saya diatas. Terima kasih sudah berbagi.

      Hapus
    8. Nah itu dia,, Baca itu ga perlu sehari satu atau 2 juz,, ga perlu 10 hari khatam..
      Yg penting kontinyu. Walaupun sedikit demi sedikit,, tapi terus dilakukan.
      Setiap hari dibaca,, kemana-mana bawa Al-Qur'an (buat dibaca).

      Tapi jangan lupa,, Qur'an juga punya hak untuk dibaca dengan tartil.
      Benar bacaannya, ga sembarang yang penting baca.
      Ada gunnah dilewatin, ada wakof ditabrak, ada washol berhenti, yang qolqolah ga di qolqolahin. Yg bukan qolqolah ditawalludkan, dsb.

      Jadi,, mari kita sama-sama belajar dan berusaha menjadi hamba yang dicintai Allah.

      Hapus
    9. Ada yang mengatakan, "Jangan berniat untuk menghapal tapi berniatlah untuk mengamalkan" kalau niat kita hanya mengahapal pasti akan lupa. sudah terbukti...

      Hapus
    10. Masya Allah . . .
      Makasih kutipannya :)

      Hapus
  2. Ampe skrang ane blom megang juz 30, tp anak pengen jadi hafidz

    BalasHapus
  3. wah infonya sangat bermanfaat sekali,,semoga dapat hafal 30 juz nih ^_^

    BalasHapus
  4. Jadi terharu,ternyata hafalan suratnya lebih banyak anakku daripada aku!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha ha.. harus balapan mas. Memang kalau masih anak-anak masih sangat bisa fokus. Pikirannya belum kemana-mana. Belum mikirian pekerjaan, hutang, investasi dll :)

      Hapus
  5. itu yg komentar banyak tukang obat ya...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya. Biarin saja. Mungkin dia sedang promosi obat :)

      Hapus
  6. harus bisa nih, harus bisa.... bismillah!

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. bismillah. Semoga kita bisa menghafal Al-Qur'an. Termasuk mimin, saling mendoakan ya.

      Hapus
  8. Bismillahirohmanirohim. Target aq bln ini hrs hafal juz 30. #AMIIN YA RABB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bismillah, semoga berhasil.

      Hapus
    2. saya yg termasuk sulit menghafal....keinginan dan niat sdah sangat kuat....bismillah...

      Hapus
  9. Bismillahirohmanirohim. Target aq bln ini hrs hafal juz 30. #AMIIN YA RABB

    BalasHapus
  10. Pokoknya nawaitu lilahita'alla....
    Semoga kita mendapatkan berkah dari mengafal alqur'an, walaupun hanya satu ayat....

    BalasHapus
  11. susahnya kalo ada ayat2 yang sama itu tuh. kadang sampe bingung dan salah terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. Sama-sama belajar yah. Saya juga masih sangat jauh. T_T

      Hapus
  12. Alhamdulillah... hafalan lebih semangat n terjaga bersama majelis dzikrul ghofilin yg sebelumnya khataman alqur'an 30 jus, monggo ikut dzikrul ghofilin dulur...

    BalasHapus
    Balasan
    1. subhanallah. Monggo yang berkenan untuk gabung.

      Hapus
  13. Semoga bisa hapal 30 juz... dan setiap hapalan tetap terjaga.. kadang ngapal halaman brikutnya eeeh halaman sblmny mulai lupa lupa... adakah cara spya hapalan lama tetap terjaga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah. gimana ya?.
      Saya juga sering ngalamin hal seperti itu T_T

      Hapus
    2. mungkin kita harus mulai dari hafalan sebelumnya, misalnya kemarin selesai 2 ayat nah hari ini ditambah dua ayat .. terus hafal 4 ayat tersebut begitupun seterusnyaa... bismillah semangat ya teman-teman .. JazakAllah ::)

      Hapus
    3. subhanallah. Semoga kita tetap saling memberikan semangat.

      Hapus
  14. coba d..,cara mudah menghafal alquran pake metode KQM (Kauny Quantum Memmory)..aku yg blom pernah denger surat Al Infithar, 19 ayat, bisa hafal dalam tempo kira2, 5 jam an....,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah. Metode KQM itu detilnya seperti apa?

      Hapus
    2. Metode dimana kita menghafal al-qur'an dengan memakai gerakan tangan.. :)

      Hapus
  15. kalau saya, terkadang, sambil main game saya hafal satu ayat...jadi gak bosan...Alhamdulillah, skrg saya sdh hafal an Naba, dan separoh ar Rahman...spy jangan lupa lagi, setiap solat zuhur kita baca 10 ayat tiap rakaat. kalau an Naba Zuhur dan Asar sdh bisa terbaca semua. karena an Nabah kan 40 ayat. Cuma, terkadang imamnya terlalu cepat, jadi tak bisa terbaca semua...kalau ar Rahman saya ulang2 waktu mau tidur...kalau tak dibaca 3 hari saja, kita sdh agak susah untuk mengingatnya kembali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah, terima kasih sudah berkenan berbagi pengalaman. Semoga ini menjadi pelejit semangat bagi saya.

      Hapus
    2. Sekedar saran saja, untuk menghafal Al Qur'an sebaiknya dalam keadaan suci (berwudhu), banyak berdzikir dan tidak sedang dalam aktivitas yang melalaikan seperti nonton tv, dengar musik atau main game agar hafalannya bisa lancar dan benar-benar nempel diotak, tidak gampang lupa. Mohon maaf, sebaiknya kita hindari aktivitas2 yang bersifat melalaikan tersebut. Untuk menghafalnya lebih baik di shalat2 sunnah kita agar bacaan surat pendeknya terselesaikan dalam satu rakaat.
      Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala memudahkan kita semua dan anak keturunan kita untuk menghafal Al Qur'an 30 juz, Aamiin ya Rabbal'alamin.

      Hapus
  16. Semoga kita termasuk orang-orang yang mencintai Al Qur'an dan dimudahkan dalam menghafalnya serta bisa kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari, amin...

    BalasHapus
  17. Saya menyadari jiwa udah kebanyakan dosa... Jadinya saya mau tobat dan mau balik lagi ke Shirathal Mustaqim-nya Allah SWT... Kalo dari mp3 murottal dulu terus kita coba baca berkali-kali (sambil ngejor fadhilahnya juga) itu sama aja kan ? Makasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah. Semoga Allah senantiasa memberikah rahmat dan hidayah. Masing-masing memiliki pahalanya sendiri. Yuk belajar baca Al-Qur'an.

      Hapus
  18. Aku baru mau memulai semoga lancar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat itu naik dan turun. Semoga kita bisa saling memberikan semangat

      Hapus
  19. assalamualaikum.
    apakah ilmu di atas boleh saya save di handphone saya?
    soalnya di atas ga bisa d copy apakah boleh mengcopy?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warahmatullah.
      Iya silahkan mas fachrizal. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  20. menghafal al-quran bkan susah menghafal'x tp menjaga'x n percuma hafal quran tapi gk bisa ngamalin isi'x .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @peri purnawa : Iya menjaga hafalan memang lebih susah.

      Hapus
  21. izin share tipsnya ya...makasih ya sebelumnya

    BalasHapus
  22. terima kasih tipsnya, sangat bermanfaat :D
    kunjungi http://abuhasan.student.ipb.ac.id ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama ya. Terima kasih sudah mau berkunjung di blog sederhana ini.

      Hapus
  23. subhanallah, targetq yg skarang hafalin juz 30 sblum lulus kuliah insyaallah n mintak do'anya bwat qta smwa! :D #Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saling mendoakan ya. Semangat kadang naik dan turun.

      Hapus
  24. ini ada ebook bagus buat yang ingin ngapalin al quran http://adf.ly/aaD2v

    BalasHapus
  25. alhamdulillah,.
    dada saya terasa lapang mendengar ini semua

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah. Semoga kita bisa saling memberikan nasihat kebaikan.

      Hapus
  26. Subhanallah.. Jazakallah Khoiron Katsiron Atas tips yg bermanfaatnya, semoga kita semua termasuk golongan2 kanan ... Yang dengan.a dapat ,mnjaga Al-Qur'an Amin ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Aamiin.

      Saling menyemangati ya

      Hapus
  27. kalau boleh tau apa saja pantangan orang yang menghapal al qur'an???

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. saya belum ada ilmu disitu. Takut salah jawab :)

      Hapus
    2. Melakukan hal yaang berbaau maksiat

      Hapus
    3. Iya betul, salah satu pantangan dari para Penghafal Al-Quran adalah hal-hal maksiat.

      Selain itu, jangan menggabungkan Hafalan Qur'an dengan bermusik. Karena ndak nyambung. Hanya akan menghambat proses hafalan.

      Hapus
  28. Coba meroja'sambil mendengar murathal, sekaligus mengoreksi tajwid.
    Banyak qiraat bagus, klo saya Mishary Rasyid Al Fasi. Karena intonasi dan tajwidnya bagus untuk pemula seperti saya. Thx semoga bermanfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Anonymous : Alhamdulillah. Jzk atas tips nya ya. Semoga bermanfaat bagi pembaca juga.

      Hapus
    2. kalo favorit saya bacaannya Syaikh Saud As Shuraim dan Abdul Rahman Sudais
      walaupun lebih condong ke Syaikh Shuraim soalnya tipikal suara saya yg rada nge-bass dan berat
      alhamdulillah ramadhan ini selesai Al-Baqarah, belum nambah lagi, masih ngulang-ulang.
      sedikit cerita saja, untuk yang menghafal dari depan (al fatihah, al baqarah, dst) seperti saya biasanya yang agak susah itu di juz 2, sedikit lama dihafal dibandingkan juz 1 tapi lebih mudah lupa pula, kadang kalau 4 hari tak murajaa'h sudah belepotan lagi hafalan juz 2 nya

      bedanya murattal dan mujawwad apa ya?

      Hapus
  29. Saya minta solusi dong, saya sering menghafal tapi 1 minggu kemudian suka lupa lagi, bagaimana? trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya sendiri juga suka demikian. Seringkali lupa. Kalau berdasar pengalaman2 yang berkomentar di atas, sering-seringlah mengulang-ulang (muroja'ah) pada saat sholat sunnah atau ketika berada di atas motor (misal ketika menunggu macet di jalan)

      Hapus
  30. Bissmilah ..
    Kak , cara cepat menghafal al -qur'an dg di iringi kegiatan yg lain apakah bissa ?

    Syukron , salam santun ukhuwah fi'llah .. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa insyaAllah. Cuma saya sendiri juga susah juga melakukannya. Kalau saya sendiri, memilih waktu khusus he he. Meski lebih sering bolongnya juga. :)

      Harus saling menyemangati.

      Hapus
  31. paling cepat masuk kalau menghapal ba'da subuh, sambil buat sarapan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jazakallah atas sarannya :)
      Semoga kita bisa saling menyemangati.

      Hapus
    2. terima kasih sarannya pak. waktu subuh memang menimbulkan semangat pagi bagi yang mau bangun awal.

      Hapus
  32. Ibu saya di usianya yg memasuki 63 th..kini telah berhasil menghafalkan yaasin,al waaqiah,ar rahman,dan kini sebentar lagi menyelesaikan al baqarah...Alhamdulillah... bagi yg berumur di bawah itu seharusnya jauuuuh lbh bisa... ayoo kita gigih dan semangat bersama menghafalkan al quran...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanalloh. Semoga kita semakin terlejit semangatnya.

      Hapus
  33. Ane bersyukur bisa masuk UIN BANDUNG, karena syarat kelulusan ya harus hapal 1 juz.!! smoga sya bisa menghapal ya,, mkasih atas Tips ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah. baru tahu kalau di UIN Bandung ada syarat kelulusan seperti itu. Keren ya..

      Hapus
  34. SubhanAlloh..,trimaksh saudara2ku jadi semangat nih mghafalku. aku baru mulai nih, tapi sudh mrsakan manfaatnya. sjk aku mghfl qura'n dn amalan sunah aku jadi tenag, ngk suka banyak omong,pdhl akutu dlu crwt skli.

    BalasHapus
  35. 1. jadikan al qur'an teman/sohib anda ( beli alquran saku) sehingga mudah dibawa
    2. buat 1 peraturan dlm hidup anda (tdk ada waktu yang harus terbuang sia2 kecuali anda ganti dengan berinteraksi bersama al qur'an)
    3. berdoa dan istiqomah

    BalasHapus
  36. Metode yang dipaparkan oleh ust Yusuf Mansur ini sangat bagus. Mudah dilakukan dan memberikan hasil yang baik. Semoga kita bisa saling menjaga semangat.

    BalasHapus
  37. ape itu maksud musyaf??dan dalam satu ayat kite kene bana 20 kali kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mushaf itu lembaran-lembaran dari firman Allah.
      Bahasa sederhananya, musyaf itu kitab Al-Qur'an yang kita pegang sehari-hari itu.

      Menurut ust Yusuf Mansur, untuk memudahkan hafalan, setiap ayat kita ulang membacanya sebanyak 20 kali.

      Hapus
  38. sehari 8 ayat hafal. . Alhamdulillah. . Saya belum dpt kemudahan untk cpt hafal al quran, tp saya akan meraih kemudahan itu. . Semangat. Allahu akbar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuahh subhanallah, 8 ayat sehari langsung hafal :)

      Semangat!! :)

      Hapus
  39. bagaimana caranya supaya hafalan baru tidak cepat hilang? sedangkan saya meng hafal sudah 6 juz . . .. minta solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah sudah 6 juz, saya aja belum sampai segitu :)

      Mungkin ada yang lain yang bisa memberikan tipsnya?

      Hapus
    2. Selalu diulang setelah shalat tahajud sambil nunggu subuh kmudiaan sblum shalat ashar dan setelahnya,insyaallah...
      Dan jauhi yg berbau maksiat

      Hapus
  40. subhanallah, sangat bermanfaat.. terimakasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau bermanfaat, semoga bermanfaat juga untuk diri saya dan seluruh pembaca blog ini. Aamiin

      Hapus
  41. سُبْحَانَ اللّهُ وَاَلْحَمْدُلِلّهِ وَلاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّهُ. اَللّهُ اَكْبَرُ

    Alhamdulillah saya Hafal Surat Al Mulk dan As Sajadah; Al Muzzammil; Al Waqiah; caranya sy di BB ada Aplikasi AlQuran dan ada Mp3 AlQuran; jd sambil mendengarkan bisa mengetahui arti dan kandungannya dan dipraktekkan; Langkah2nya selalu Toharoh atau Wudhu, sesudah Wudhu berdoa; ada Adzan mendengarkan dan Sholat Jamaah di Masjid; selalu cari tahu arti doa2 itu; habis sholat dhikir dan berdoa; setelah itu sholat rowatib; kalau mau tidur baca/dengarkan Al Mulk dan As Sajadah dan Al Muzzammil Al Muddathir; kalau Jumat Baca Al Kahfi/Yasin/Ar Rahman; pagi Al Fajar; Ad Dhuha; As Syams; At Takwir; Al Infitar; Malem Al Lail; At Tariq; biar bertambah Iman baca Al Hashr; biar gak curang baca Al Mutaffifin; biar gak sombong baca 'Abasa; dll; bertahap yang penting pertama kali sy cari tahu 114 Surat itu artinya kandungannya dan manfaatnya dan dipraktekkan dalam sehari2..di ulang2.. Insya Allah, Allah memberikan petunjuk-Nya..

    BalasHapus
  42. ini lhoo..blog yang sangat bermanfaat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Semoga bisa senantiasa menebar manfaat, Terutama untuk diri saya sendiri.

      Hapus
  43. alhamdulillah rame yaaa yg sedang menghafal al-qur;an....

    kalau saya punya target yg jangka pendek yaitu dalam sehari minimal setengah penggal surat apabila panjang...atau paling tidak satu hari harus ada tambahan hafalannya.... untuk target hafal 1 juz saya tidak ingin terlalu cepat... yg penting setiap harinya ada tambahan hafalan dan faham artinya...
    saya baru mulai menghafal 1 minggu yang lalu mulai surat al-baqaroh...sekarang baru hafal 25 surat...alhamdulillah,....

    mari saling mendoakan yaa saudara saudariku sekalian... semoga indonesia dipenuhi dengan insan yg hafidz dan hafidzoh...aaamiinnnn ya robbal alamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah. Baru mulai 1 minggu saja sudah hafal 25 surat. Anda berarti jenius :)

      Yup saling mendoakan yaa.

      Hapus
  44. Tlg doakan sy juga, agar bisa jdi penghafal & pengamal Al-Qur'an...aamiin

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum.. mari kita bersama-sama saling mendo'akan dan menghafal Al-Qur'an dan maknanya. Mhon do'a ny jg tuk saya yang baru memulai hafalan lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam. Saya juga tersendat ini, perlu dorongan semangat juga :)

      Hapus
  46. assalamualaikum.. saya mau bertanya, kalau kita membaca dan menamatkan 1 mushaf kan bisa disebut khatam, tapi apakah jika saya mendengarkan orang mengaji (dalam kasus ini saya mendengarkan rekaman al afasy) dan menyelesaikan 1 rekaman mushaf, apakah saya juga disebut khatam? terima kasih mohon jawabannya wassalamualaikum wrwb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam warahmatullah. Saya belum memiliki kapasitas untuk menjawab ini. Setahu saya, jika mendengar itu menyimak, bukan disebut khatam. Allahu a'lam

      Hapus
  47. Surat Al-'Alaq (Ayat 1 sampai dengan 5 dari surah ini adalah ayat-ayat Al-Quran yang pertama diturunkan, yaitu di waktu Nabi Muhammad bertafakur di gua Hira. Surah ini dinamai Al 'Alaq (segumpal darah), diambil dari perkataan Alaq yang terdapat pada ayat 2 surat ini. Surat ini dinamai juga dengan Iqra atau Al Qalam.)

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    اقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ ١

    1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,

    خَلَقَ الإنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ ٢

    2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.

    اقْرَأْ وَرَبُّكَ الأكْرَمُ ٣

    3. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah,

    الَّذِي عَلَّمَ بِالْقَلَمِ ٤

    4. yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam[1589],

    [1589] Maksudnya: Allah mengajar manusia dengan perantaraan tulis baca.

    عَلَّمَ الإنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْ ٥

    5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

    dst...


    dan Surat Al-Muzzammil

    سورة المزمل – سورة ٧٣ – عدد آياتها ٢٠

    بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

    يَا أَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ (١)قُمِ اللَّيْلَ إِلا قَلِيلا (٢)نِصْفَهُ أَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيلا (٣)أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْآنَ تَرْتِيلا (٤)إِنَّا سَنُلْقِي عَلَيْكَ قَوْلا ثَقِيلا (٥)إِنَّ نَاشِئَةَ اللَّيْلِ هِيَ أَشَدُّ وَطْئًا وَأَقْوَمُ قِيلا (٦)
    1. Hai orang yang berselimut (Muhammad), (QS. 73:1)
    2. bangunlah (untuk shalat) di malam hari 1526, kecuali sedikit (daripadanya), (QS. 73:2)
    3. (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit, (QS. 73:3)
    4. atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al-Qur’an itu dengan perlahan-lahan. (QS. 73:4)
    5. Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat. (QS. 73:5)
    6. Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan. (QS. 73:6)
    ........................... dst....
    20. Sesungguhnya Rabbmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (shalat) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu. Dan Allah menetapkan ukuran malam dan siang. Allah mengetahui bahwa kamu sekali-kali tidak dapat menentukan batas-batas waktu-waktu itu, maka Dia memberi keringanan kepadamu, karena itu bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur’an. Dia mengetahui bahwa akan ada di antara kamu orang-orang yang sakit dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah; dan orang-orang yang lain lagi yang berperang di jalan Allah, maka bacalah apa yang mudah (bagimu) dari Al-Qur’an dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan berikanlah pinjaman kepada Allah pinjaman yang baik. Dan kebaikan apa saja yang kamu perbuat untuk dirimu niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya. Dan mohonlah ampunan kepada Allah; sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. 73:20)

    BalasHapus
  48. As Sajadah (32) ayat 9
    Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.

    AL Mulk (67) ayat 23
    Katakanlah: "Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati". (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.

    "Katakanlah (olehmu Muhammad): Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaa'ul husna (nama-nama yang terbaik)..." (Q.S Al-Israa': 110)

    "Allah memiliki Asmaul Husna, maka memohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama yang baik itu..." (QS. Al-A'raaf : 180).

    "Dialah Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Dia mempunyai asmaa'ul husna (nama-nama yang baik)" (Q.S. Thaha:8).

    BalasHapus
  49. baguss,,mudahan saya bisa jadi penghafal..

    BalasHapus
  50. saya lebih mudah menghafal ayat al- qur'an itu, jika dilagukan, seperti mu'amar, maria ulfa seperti itu. dulu saya pernah ikut ngaji seperti itu tanpa saya sadari saya hafal banyak ayat.. namun saya ikut hanya beberapa bulan saja, sekitar 6 bulan. setelah itu, karena saya tinggal di desa yang memang komunitas seluruhnya adalah muslim, saya sering mendengar kaset ngaji mu'amar yang sering diputar. lalu saya ikuti..lama kelamaan hafal sendiri. namun, kendalanya sekarang saya tinggal di kota dan jarang menemukan kondisi seperti itu.. mau saya siyasati untuk mendengarkan MP3, tapi gimana ya... mungkin karena sudah tidak natural, jadi malas2an begitu lo.. na'udzubillah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Al-izzi : Alhamdulillah. Banyak setrategi untuk menghafal Al-Quran. Setiap orang bisa beda-beda caranya. Kalau saya lebih cepat hafal kalau saya baca berulang-ulang.

      Semangat menghafal :)

      Hapus
  51. assalamualaikum :) teman ,kaka,dan untuk semua nya , do'a in aku yah aku pengen nargetin dalam 2 minggu ini ,menyelesaikan Juz ke 30 ,semoga lancar dan di permudahkan untuk menghafal nya :) terimakasih atas pemberitahuan caranya , شكرا كثىر
    wassalamualaikum :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin..aamiin ya robbal 'alamin. Saling mendoakan dan saling memberi semangat.

      Hapus
  52. Baca berulang-ulang terus... intinya tiada hari, tiada detik/menit tanpa Alquran... jangan baca waktu Junub atau di Kamar Mandi, Sungguh Mudah menghafalnya... Yang sulit menjaganya, kalau sudah hafal, amalkan di Sholat-Sholat Sunah, Selalu Sholat berjamaah.. pahami makna, arti atau kandungannya... intinya ada 3... "jaga lisan, jaga mata dan pendengaran karena ke-3 hal itu mempengaruhi Hati... Insya Alloh cepat hafal... Hafalkan Surat2 dan Ayat-Ayat Pilihan yg mempunyai keutamaan, misalnya Al Kahfi biar gak kena Fitnah Dajjal, Al Muzzammil biar kita Sholat Malam, As Sajadah-Al Mulk biar di kasih Syafaat, Pahami Ayat-ayat Sujud Tilawah yg ada 15 Ayat, dan kalau baca Ayat2 Sujud Tilawah, kita habis Baca langsung Sujud Tilawah.. Hafalkan ayat-ayat tentang Surga Firdaus, biar kita masuk Surga Firdaus... Allohumma Amin... terus Baca Ayat-ayat tentang Tasbih,,, seperti Al Hasr, Al Hadid, Al Jumuah, As Saff, Al 'A'laa, dll. dan Pahami dan Pelajari 7 Surat Haa-Miim, Bacalah Quran atau Qaaafff, Al Furqon Baca tentang Hukum2 seperti Surat An Nur, Al Ahzab, An Nisa', dll.. Baca Kerangka Quran, Al Baqoroh-Ali Imran; biar selalu bersyukur Hafalkan Ar Rohman, Al Waqiah, Nasehat-Nasehat sepertri Al Lukman dan Bacalah yg Mudah di ingat yaitu Al Qomar, Al Qalam...dan Kita Pasti Bisa Hafal AlQuran 30 Juz dengan AL-FATH dan An Nasr karena dibalik kesusahan ada Kemudahan dengan Al Insyarah... Insya Alloh... Amin

    BalasHapus
  53. trimakasih infonya....
    mudah2an ane juga termasuk orang yang hapal alqur'an

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Rabb. Semoga kita semua termasuk dalam golongan keluarga Al-Qur'an

      Hapus
  54. Assalamualaikum
    Umur ane udah 21, bisa tidak ya saya menghafal seperti yang lain?

    BalasHapus
  55. Asslamu'alaikum.. bagaimana caranya dengan mudah menghafal Al-Qur'an di saat sibuk dengan pekerjaan?

    BalasHapus
  56. sering banget baca-baca tips supaya tambah semangat, tapi terkadang suka malas lagi... minta do'anya yaa ikhwan akhwat qur'ani.... :)

    BalasHapus
  57. Kalo saya sambil ngulang ayat yg dihapal sambil liat artinya, lebih enak begitu menurut saya.

    BalasHapus
  58. saya ingin menghapalkan qur'an dengan suasana yang tenang

    BalasHapus
  59. Subhanallh . Saya sudah mengamalkan ini dan alhamdulillah cepat banget. Intinya adalah istiqomah dlm menghafal.
    lihat juga kajian islam diblog kami.
    terima kasih ya gan

    BalasHapus
  60. Ass. Wr.wb. Sy baru mau mulai belajar menghafal Al quran tp bacaan sy blm terlalu lancar. Bagaimana cara yg efektif utk kondisi spt itu? Apakah ada web atau app khusus utk belajar membaca dan sekaligus menghafal al quran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak banget, tinggal googling aja / download bacaannya qari/imam trus ditirukan.

      tapilebih bagus berguru dulu,mungkin punya teman/kenalan/tetangga/saudara yang bacaannya bagus jadi kalau ada yg keliru bisa dikoreksi

      Hapus
    2. Lupakan bersenandung/ mendengarkan lagu-lagu an. Karena bisa menghancurkan yg sudah dihapal sebelumnya, terlebih lagu yg sia-sia kontennya.

      Hapus
  61. Bisa diberikan sedikit inovasi dengan apresiasi dan hadiah. Misalkan setelah berhasil menghapal satu juzz, diapresiasi prestasi itu dengan hadiah Umroh. Tapi bayar sendiri ya... :-)

    BalasHapus
  62. Baca/hafal Al-Qur'an dapat menghambat kematian sel otak, begitu Ustadz saya bilang :)

    memang belum ada penelitian secara valid dan diakui, tapi saya merasa sering lupa saat kelar study pertama (S1 Fisika). Beberapa bulan ini jadi inget kata2 ustadz dan pengen hafal. Alhamdulillah Surat Ar-Rahman menjadi penyemangat, karena di ayat ke-2 bahwa Allah sendiri yang mengajarkan Al-qur'an. sekarang jadi mudah mengingat ilmu yang sudah lampau. Hemmm,,gimana kalau hafal 114 surat y.... mungkin benar2 dapat menghambat penuaan sel otak... hehe wallahu a'alam bishowab :)

    BalasHapus
  63. Memang harus giat dan tekun, thanks om atas sharing nya :)

    BalasHapus
  64. hafalan quran itumemang susah susah gamp0ang

    BalasHapus
  65. mari kita belajar menghafal al qur an secara terus menerus

    BalasHapus
  66. kita harus semangat membaca dan menghafal al-qur'an. dan dijaga hafalannya.

    BalasHapus
  67. ayo semangat belajar al-qur'an dan menghafalnya. thank's untuk tips-nya. yang sudah hafal dijaga ya hafalannya. jangan putus asa menghafal al-qur'an

    BalasHapus
  68. kenapa saat saya menghafal, bagian belakang kepala saya terasa sakit seperti di cubit-cubit. setelah saya tidak menghafal sakit sembuh.
    anehnya selama menghafal quran.
    saya sedikit damai dan istri G marah" seperti biasanya dan juga tidak pelupa misalnya lupa menaruh kunci rumah dan mobil. so walaupun agak tersiksa tapi jika di pikir-pikir lebih banyak manfaatnya. mungkin ini proses urat di otak mulai bekerja kali ya.
    soale dulunya saya sering nonton bokep sebelum kawin, setlah kawin bokep ilang
    bahkan saat saya mau menhafal, pikiran porno itu muncul lagi. (hahahahahahahaha)
    aneh deh pokoknya, dan macem-macem dan ada-ada aja yg gganggu semacam di rencanain dan tiba-tiba semuanya begitu sibuk dan seperti tidak ada waktu.
    itulah kelu kesahQ mas brow. tapi niat tetap ada. sampai-sampai istri juga ingin ikut.

    BalasHapus
  69. Do'akan kita sama2 bisa hafal al-qur'an. Dulu di tv ada program one day one ayat ust yusuf mansyur. Saya coba ikut, tp sekarang acaranya sdh tdk ada. Skrg sy sdh sampai ayat 83 al-baqoroh, padahal sdh 2 thn lebih.

    BalasHapus
  70. istiqomahnya ini ustad yang perlu d tambah.

    BalasHapus
  71. Assalamualaikum, bismillah semoga menjadi motivasi buat temen2 saya Alhamdulillah 1,5 bulan hafal 1 juzz yaitu juzz 30, pake quran yang terbitan wali studio (my quran ina) beli yang pro harganya 40rb (lumayan drpda dpake yang enga2 hehe) nya soalnya disana banyak murotalnya, yang saya pake mishary al fasy cara belajarnya pertiga ayat pake metode jari trus di ulang2. Biasanya saya menghafal di sepertiga malam, pagi, juga sore, saya mahasiswa tingkat akhir tpi Alhamulillah ketika meluangkan waktu untuk untuk al quran Allah juga meluangkan waktu saya untuk mengerjakan tugas2 dll, morojaahnya biasanya sih kalo lagi di motor lagi jalan2 atau berjekegiatan lain ya lumayan drpda ngelamun hehe oh iya saya merasa sangat mudah menghafal ketika berpuasa senin kamis, tahajud, dan menjauihi maksiat baik itu perkataan dusta, gibah ataupun memandang non mahram. Dan sangat sulit ketika saya melakukan seuatu dosa itu, ya khusus laki laki yang saya rasain kalo liat wanita jangan berlebihan memalingkan itu lebih baik sesuai hadits rasul hehe thaks semoga bermanfaat, oh iya minta doanya semoga Allah semakin memudahkan saya untuk memudahkan menghafal dan mengamalkanya, dan juga semoga cepet wisuda aamiin hehe

    BalasHapus
  72. semoga kita terus menjadi pencita alquran
    http://alquranperayat.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  73. tip menjaga hafalan
    1. Sholat tahajud sambil murojaah
    2. sholat dhuha sambil murojaah
    3. sholat jamaah, datang ke masjid lebih awal, so pas sholat sunah rowatibnya lebih longgar untuk murojaah
    4. nambah hafalan bakda sholat subuh cukup 1 hari satu ayat yang penting kontinyu

    BalasHapus
  74. Ada orang yang ditakdirkan mudah hapal tulisan, dan ada orang yang mudah menghapal secara suara (murottal yang sreg di hati), bagus nya digabung keduanya.. dah beberapa bulan, saya sndiri blum hapal al qalam, masih dibantu murotal nya ustad nafis... semangat!!! Buat hapal al qalam dan surat lainnya.. doain yak...

    BalasHapus
  75. alhamdulillah kita semua udah punya niat buat menghafal Alquran...tapi sebelum memulai menghafal, hal pertama adalah belajar membaca alquran dengan benar, kenapa? karna jika salah ucap makhrojul hurufnya, bisa salah pula artinya. salah panjang pendek nya, bisa salah pula maknanya.
    kemudian jika kita sudah menghafal dengan bacaan yg keliru tersebut maka akan lebih sulit lagi untuk memperbaikinya. jadi jangan kerja 2x. capekkkk

    sob yang sudah remaja, dewasa, bahkan jika pun sudah tua. tak ada kata terlambat untuk menghafal. ingat saja.... abu bakr, umar, utsman dan banyak dari shahabat Rosulullah yang lain pun mereka menghafal di usia senja.... jadi tetap semangat kawan!!!!

    BalasHapus
  76. Alhamdulillah, , tetap semangat,, tips nya menambah semangat saya tuk melanjutkan niat saya menyelesaikan hafalan Al-qur'an,,

    BalasHapus
  77. Assalamualaikum, saya pelajar smp saya disuruh menghafal juz 30 namun saya kesulitan setelah membaca tips ini saya menjadi lebih mudah menghafal terima kasih

    BalasHapus
  78. sukron ya :D informasinya semoga bermanfaaat:D

    BalasHapus
  79. Bismillah, semoga bisa menghafal

    BalasHapus
  80. sya sedang menghafal Surah Al Kahfi, smoga para haifdz dan hafidzah selalu diberikan semangat dalam proses menghafal.

    saling menyemangati!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukses yang mas Hendra Arsyelendra. Semoga Allah memudahkan kita dalam menghafal Al-Qur'an. aamiin.

      Hapus
  81. Baiknya hafalkan saja dulu yang sering kita amalkan sehari-hari, seperti doa-doa dan surah pendek untuk shalat. Hafal juz amma doang juga cukup untuk bacaan shalat sehari semalam.

    BalasHapus
  82. postingannya sangat bermanfaat mas, sukses terus!

    BalasHapus
  83. masalah hafalan saya suka ketukar tukar

    BalasHapus
  84. Bagus-bagus ya...komment nya. Semoga kita bisa menjaga hafalan kita masing-masing. Aamiin...

    To admin, mungkin bisa di delete aja , komment yang kurang berhubungan dengan Qur'an dan terkait menghafal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Pa Guru atas masukannya. Iya, ini saya sedang bersih-bersih komen yang tidak berhubungan dan tidak bermanfaat.

      Hapus
  85. Alhamdulillah, setelah membaca artikel ini niatan saya untuk menghafal Al-Quran jadi lebih semangat :)

    BalasHapus
  86. Makasih kak... tapi kalo mendengarkan surat yangbmau di hafal nyepetin atau nggk

    BalasHapus
  87. Terima Kasih banyak atas metode-metodenya.. Semoga saya bisa menerapkan .. Amiin..
    Semoga Allah membalas atas semua itu. Allahumma Aamiin.

    BalasHapus
  88. Bismillahi Rahmani Rahim
    Man Jadda Wa Jada
    Insyaallah Jika Saya Serius
    Menghafal Al quran Saya Akan MEnghafalnya
    #doakan Yhaa Semoga Saya DapatMenghfal Alquran
    Aminn..
    Amin..

    BalasHapus
  89. jelas ini bisa membantu banyak muslim

    BalasHapus
  90. alhamdulillah sekarang banyak yang sadar akan manfaaat membaca dan menghafal quran

    BalasHapus
  91. bismillah untuk kali ini ana juga mau ikutan ah...
    menurut saya banyak hafal ditakut kan bnyak lupa, bencana ilmu adalah lupa oleh karena itu perbanyak murojaah,kosep ini sangat bermanfaat ya, syukran semua, mari bagi bagi ilmu

    BalasHapus
  92. Bismillaahhh,,,,,insyaallah saya bisa.
    Saya mau mulai menghafal al-quran

    BalasHapus
  93. Saya ingin masuk ke ponpes di Purbalingga.. syaratnya adalah harus hafal juz 25 Q.S. Fusshilat.saya agak kesusuahan dalam menghapal....Tapi insya Allah saya bisa..saya membaca halaman ini insya Allah saya yakin bisa..mohon doanya semua.terimakasih

    BalasHapus
  94. jazaakallahu khair...
    baarakallahufiik..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya mbak Nura Afiqah.

      Hapus
    2. Alhamdulillah. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  95. Untuk para ukhti dan ukhwan yg ingin tau tips menghafal qur'an cek di sini http://nadilaalmubarokah.blogspot.com/2017/07/cara-mudah-menghafal-quran-by-wirda.html

    BalasHapus
  96. Syukron atas tips nya, dsini sangat bermanfaat utk saya, karna saya masih pemula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kita semua digolongkan oleh Allah sebagai hamba-Nya yang senantiasa bersemangat untuk menghafal Al-Qur'an

      Hapus
  97. Tentunya sangat bermanfaat sekali tulisan datas mas, jazakallahu khairan
    Semoga semua dari kita dijadikan penghafal Al-qur'an...

    BalasHapus
  98. ALLAH HU AKBAR.
    Semoga Dipermudah dalam menghapal dan mengamalkan ALQUR'AN.
    Amin.

    BalasHapus
  99. Jazakallah,informasi yg bermanfaat(y)

    BalasHapus
  100. iki nyapo rentenir , lintah darat , tukang riba kok gawe spam ? haram haram , pamela diaz , اذهب الى النار ,.

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

Total Pengunjung

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates