Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Friday, May 24, 2013

2 Blogging : Antara Update dan Kualitas

Sejatinya saya suka menulis. Menulis adalah panggilan hati. Itulah kenapa saya masih cukup konsisten dalam memelihara blog ini. Bila dihitung-hitung, blog ini sudah berusia hampir 5 tahun. Dalam membuat tulisan, saya tak memiliki tema khusus atau pakem khusus. Saya menulis tentang tema apa saja tergantung dari mood yang sedang dirasakan. Mulai dari masalah makanan hingga pemandangan, dari cerita romantis hingga hal-hal yang teknis, dari cerita politik hingga hal-hal yang menggelitik. Semua tema bisa saya tulis di dalam blog ini. Inilah kenapa, saya menamakan blog ini Inspirasi Coffee. Karena semua inspirasi bisa datang dari secangkir kopi ^_^.

blogging, antara update dan kualitas

Saya terkadang suka mengamati beberapa blogger tentang bagaimana mereka mengelola blog. Ada dari mereka yang suka mengupdate tulisan setiap hari (bahkan mungkin lebih sering lagi), ada pula dari mereka yang menunggu beberapa lama untuk menuliskan hasil karya yang berkualitas. Semua ada sisi baik dan buruknya, ada positif dan negatifnya.

Bagi mereka yang suka mengupdate tulisan setiap hari, blog terkesan menjadi lebih hidup. Meskipun terkadang dari segi kualitas, cenderung minim. Sedang bagi mereka yang jarang update blog dengan dalih untuk menghasilkan tulisan terbaik, blog pastinya akan menjadi kurang hidup. Tetapi, setiap tulisan yang dihasilkan akan memiliki karakter yang kuat. Tulisan seperti ini memiliki nilai lebih karena ditulis dengan sungguh-sungguh dan penuh kehati-hatian.

Semua tergantung dari diri masing-masing. Apakah ingin blognya hidup atau ingin blognya berkarakter. Jika anda memiliki banyak waktu (semisal wiraswasta), anda bisa berpotensi menggabungkan keduanya. Tulisan-tulisan yang tetap berkualitas dan bisa selalu update. Kalau pekerja kantoran, hemm.. saya tidak yakin bisa menggabungkan antara keduanya.

Dalam hal ini, saya sangat salut dengan pengelola situs Gerai Dinar pak Muhaimin Iqbal. Beliau bisa mengupdate tulisan setiap hari (atau minimum 2 hari sekali) di situs geraidinar.com dengan kualitas tulisan yang sangat baik. Kalau saya tidak salah, beliau pernah bercerita bahwa untuk membuat satu tulisan dibutuhkan setidaknya 3 jam. Satu jam untuk mengumpulkan data-data, 2 jam berikutnya untuk menuliskannya dan merapikannya. Keren kan?

Memilih memiliki blog yang hidup/update atau blog yang berkualitas, hanyalah sebuah pilihan.

***
24 Mei 2013
Ditulis sambil menikmati udara pagi kota kembang

Related Post



2 comments:

  1. aku update blog tiap hari krn bikin hatiku senang Fin, perkara berkualitas apa enggak tentu pembaca blog yg bisa mengatakannya , relatif juga khan ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih. motivasi menulis tiap hari dari duniaely :).

      yup kualitas itu relatif mbak.

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates