Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Sunday, January 5, 2014

19 Cara Memanfaatkan Tumblr untuk Optimasi SEO

Cara Memanfaatkan Tumblr untuk Optimasi SEO


Beberapa hari terakhir ini saya senang sekali meng-update berbagai postingan (entah berupa tulisan maupun gambar) di Tumblr (merupakan salah satu jenis media sosial). Sebenarnya sudah sejak lama saya mengetahui mengenai media sosial yang satu ini, Namun baru sekarang ini saya mulai tertarik menggunakannya. Sebelumnya, sedikitpun saya tak tertarik dengan Tumblr. Bahkan untuk sekedar membuat akun-pun, jujur tak pernah terbesit di pikiran saya. Bagi saya, situs Tumblr tak lebih seperti twitter dan facebook. Jika sudah memiliki Twitter dan Facebook, kenapa harus punya Tumblr? Apalagi jika saya harus aktif di berbagai media sosial yang ada, tentu sangat ribet juga untuk mengelola semuanya bukan?

Cara Memanfaatkan Tumblr untuk Optimasi SEO
Tumblr Nail

Namun, perpektif seperti ini akhirnya sedikit demi sedikit mulai berubah. Apalagi beberapa hari yang lalu, saya mengetahui betapa potensi besar dimiliki oleh Tumblr dalam hal optimasi SEO (Search Engine Optimization). Sejak saat itu, saya terus meng-explore sosial media yang satu ini. Bagaimana dengan potensi luar biasa dari Tumblr ini, bisa saya manfaatkan untuk mendongkrak trafik dari situs utama saya.

Kalau saya perhatikan, sebenarnya Tumblr itu mirip sekali dengan media sosial lain semisal Facebook, Twitter dan Blog. Di Tumblr bisa kita temukan fitur 'like', 'reshare' seperti yang ada di Facebook. Di sisi lain, Tumblr pada dasarnya adalah sebuah situs micro blogging. Platform blogging dari Tumblr sangat mirip sekali dengan (atau lebih tepatnya berdasar) platform Wordpress. Jadi cukup bisa disimpulkan bahwa Tumblr adalah gabungan dari situs Facebook dan Wordpress. Beberapa fitur atau fungsi yang ada di Facebook dan Wordpress, bisa ditemukan juga di Tumblr.

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana Tumblr bisa dimanfaatkan untuk kepentingan optimasi SEO? Perlu diketahui bahwa pengguna Tumblr sudah mencapai 130 juta di seluruh dunia. Jika dibandingkan dengan Wordpress dan Blogspot, Tumblr ternyata lebih banyak penggunanya. Selain itu, Tumblr tiap bulannya juga memiliki pengunjung sejumlah 300 juta berupa unique visitors (berdasar referensi ini ). Hal ini jelas menjadikan sebuah peluang yang sangat besar bagi situs ini untuk menjadi sumber dalam mendulang backlink dan traffic.

Baiklah, kita coba menelaah apa saja keuntungan (benefit) menggunakan Tumblr.

  • Dofollow Blog
  • Tidak seperti Facebook dan Twitter yang merupakan situs nofollow, situs Tumblr adalah dofollow. Jadi seluruh link keluar dari situs Tumblr termasuk dofollow backlink. Sehingga kita bisa memanfaatkan Tumblr untuk mengalirkan link juice kearah situs/web/blog yang kita inginkan. Mungkin ada yang bertanya mengenai apa itu link dofollow, silahkan baca tulisan saya yang lain disini. Mungkin perlu juga kita sadari, bahwa kita terkadang begitu bersusah payah mempromosikan tulisan blog kita di Facebook dan Twitter, tetapi ternyata semua link yang ada di Twitter dan Facebook tak memberikan link juice ke arah blog kita. Hal ini berbeda jika kita memanfaatkan Tumblr sebagai media promosi. Semua link yang kita promosikan di Tumblr, akan memberikan link juice ke blog utama kita. Maka, jika memang tujuan kita adalah untuk optimasi SEO, daripada menghabiskan banyak waktu kita promosi di twitter dan facebook, lebih baik kita menggunakan Tumblr. Tapi memang, jika ingin lebih baik lagi, ya tentu kita gunakan semua media sosial yang ada. Karena seperti kata orang bijak, langkah terbaik untuk promosi adalah dengan menerapkan semua senjata promosi yang ada.
Dofollow Tumblr

  • Memudahkan pencarian konten menarik dengan Hastag
  • Di dalam Tumblr kita bisa mencari sebuah konten menarik dan terbaik sesuai dengan tema yang kita inginkan. Semisal kita ingin mencari sebuah artikel menarik tentang 'kebahagian', maka kita tinggal mencari dengan hastag #kebahagiaan, maka kita akan menemukan konten terbaik dan yang sesuai yang kita inginkan. Dengan fitur ini, maka dengan dengan prinsip sebaliknya, postingan-postingan kita juga bisa dengan mudah ditemukan oleh pengguna Tumblr yang lain. Jadi di Tumblr, kita tak harus punya banyak follower untuk bisa dikenal. Yang penting adalah cobalah untuk berikan konten terbaik yang bisa kita hasilkan, kemudian kita gunakan hastag yang paling sesuai merujuk pada konten yang kita tampilkan.

  • Testing postingan
  • Tumblr mirip sekali dengan Twitter dalam hal kronologi postingan. Layaknya Twitter, seringkali arus postingan Tumblr juga terlalu deras terlihat. Jika kita bandingkan dengan Facebook, arus postingan terkesan lebih lambat. Dengan arus postingan seperti ini, follower Tumblr menjadi lebih toleran (permisif) untuk melihat derasnya postingan yang ada di dashboard. Arus postingan yang deras sudah dianggap biasa oleh pengguna Tumblr. Jika mereka tidak suka melihat sebuah postingan, maka tinggal scroll ke postingan berikutnya. Jika hal ini terjadi di Facebook, maka seringkali derasnya postingan membuat kesal dan bisa berujung dengan unfriend. Dengan keunggulan ini, kita bisa memanfaatkan Tumblr untuk mengetest berbagai postingan. Dari postingan-postingan tersebut, mana postingan yang paling menarik dan disukai.

  • Dongkrak Pagerank
  • Dengan keunggulan sebagai dofollow blog, maka Tumblr sangat potensial untuk mendapatkan pagerank yang tinggi. Tentu ada syaratnya untuk mendapatkan PR tinggi, yaitu dengan membuat postingan yang bagus dan menarik. Dengan postingan yang menarik dan mengesankan, maka akan menarik perhatian orang dan pada akhirnya berkenan untuk melakukan reblog. Proses reblog ini yang akan memiliki pengaruh besar terhadap kenaikan pagerank.

  • Branding
  • Tumblr juga sangat baik dimanfaatkan untuk mempromosikan produk atau sesuatu agar dikenal luas oleh pengguna Tumblr. Dengan memanfaatkan foto atau meme, kita bisa mengenalkan secara luas produk yang ingin kita promosikan. Bangun hubungan yang baik dengan calon pelanggan kita dengan mengomentari apa saja yang dia posting. Kemudian pasang brand produk kita di akun kita. Berikan hastag terbaik yang berkaitan dengan postingan kita. Maka kita bisa meningkatkan branding produk yang ingin kita sebar luaskan.


Demikian sedikit apa yang saya ketahui mengenai kemampuan Tumblr dalam optimasi SEO. Selamat mencoba dan mengaplikasikan. Salam inspirasi coffee.


***
5 Januari 2014
Ditemani gerimis kampung halaman

Related Post



19 comments:

  1. ini dia artikel yg ane cari2....

    makasih gan..n salam kenal gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Melia Mebel : iya terima kasih, semoga artikel ini bermanfaat.

      Delete
  2. iya gan...saya baru tahu kalau tumblr cara optimasi seo nya pake re blog setelah baca artikel agan ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. saya juga baru tahu beberapa minggu terakhir ini. Langsung deh saya bikin akun di Tumblr. :)

      Delete
  3. Menarik. saya punya tumblr tapi jarang disenggol2. Artikel begini bisa bikin penasaran sama tumblr :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. Tumblr sangat membantu untuk optimasi SEO. Terutama jika ia digunakan untuk membantu menaikkan pagerank.
      Semoga bermanfaat.

      Delete
  4. Tips yang sangat bermanfaat, saya juga sudah mulai mencoba memanfaatkan Tumblr untuk menaikkan trafik dan backlink ke website utama saya.

    Tips yang sangat berguna.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah bersedia berkunjung di gubug Inspirasi Coffee ini.

      Delete
  5. bisa mendongkrak page rank, menambah pengetahuan ni, tapi sayang membuat posting artikel yang menarik yang masih sulit buat saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Agus, memang salah satu cara terbaik menaikkan page rank adalah dengan membuat artikel sebaik mungkin dan buka hasil copy paste. Ini yang disebut oleh banyak master SEO sebagai "Content is the King!"

      Delete
  6. salam...berkawan terus buat artikel tentang joomla nya ya...juga cara naikin rating nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum sempat nulis tentang joomla lagi. Pengen sih, tetapi belum ada kesempatan aja. he he

      Delete
  7. sukses selalu,,terimakasih untuk infonya

    ReplyDelete
  8. Cuma reblog dapat backlink dofollow, keren ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah kekuatan dari Tumblr yaitu link dofollow

      Delete
  9. terima kasih ilmunya, nanti bisa saya praktekkan untuk posting di Tumblr, semoga bisa dapat backlink yang bagus
    sukses selalu

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates