Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Thursday, August 30, 2012

6 Cara Daftar Internet Banking BNI

Kadang-kadang saya suka malas jika harus melakukan transaksi di ATM. Semisal masalah pembayaran listrik. Ketika sudah berada di kantor, untuk pergi ke ATM hanya sekedar melakukan proses pembayaran tagihan listrik pun terkadang terasa malas. Seperti kasus tadi malam selepas pulang dari kantor. Seperti biasa, kalau pulang dari kerja pasti badan terasa capek dan butuh istirahat (kalau bisa ditambah dengan pijitan istri). Saya benar-benar lupa bahwa tagihan listrik bulan Agustus belum saya bayar. Untuk kembali pergi ke luar menuju ATM, benar-benar sudah tak punya energi tersisa. Ditambah kekhawatiran bisa-bisa PLN dengan sengaja memutus aliran listrik ke rumah secara tiba-tiba. Agak paranoid juga sih.

Namun tiba-tiba saja saya jadi ingat bahwa ketika pulang lebaran Idul Fitri kemarin saya sempat mendaftarkan rekening BNI saya ke Internet Banking. Sebenarnya keperluan saya untuk mendaftarkan rekening saya ke Internet Banking karena keinginan saya untuk membuka toko online. Sehingga dengan mudah saya bisa mengontrol transaksi lebih cepat. Akhirnya saya pun langsung mempraktekkan cara membayar tagihan rekening listrik dengan menggunakan internet banking ini. Sungguh cepat, aman dan mudah. Eh, tulisan ini bukan untuk mempromosikan BNI lho!. Hanya ingin sekedar berbagi pengalaman kepada teman-teman blogger yang memiliki keinginan untuk mempunyai internet banking, khususnya melalui BNI.

BNI internet banking


Sebenarnya cara untuk mendaftarkan rekening BNI kita ke internet banking sangat mudah. Ada dua cara yakni dengan mendaftarkan melalui ATM atau bisa juga langsung daftar ke kantor cabang BNI terdekat. Karena ini masih baru bagi saya, daripada nanti salah-salah, akhirnya saya langsung mendatangi kantor BNI untuk keperluan pendaftaran internet banking.

Berikut ini adalah syarat-syarat yang harus kita persiapkan untuk mendapatkan fasilitas internet banking :
  • KTP.
  • Kartu ATM.
  • Buku Rekening.
  • SIM. (ini untuk verifikasi jika terdapat kesalahan pada ketiga dokumen diatas)

Setelah menyerahkan dokumen-dokumen diatas, maka kita disuruh memasukkan username, password serta email. Username dan password ini digunakan nanti jika kita ingin masuk ke akun internet banking BNI. Setelah memasukkan data-data tersebut, biasanya nanti customer sevice akan memverifikasi beberapa data tentang kita, misal alamat, pekerjaan dan lain-lain. Oke selesai deh!. Dengan ini kita bisa mengecek saldo rekening kita dengan cepat selama kita memiliki jaringan internet di rumah, tanpa harus repot-repot pergi ke ATM. Ditambah lagi kita bisa juga dengan mudah mengetahui seluruh transaksi keuangan yang terjadi tanpa harus mengeprint buku rekening bank. Oh iya, ingat bahwa pada tahap ini kita hanya bisa mengecek saldo dan melihat hasil transaksi saja. Kita belum bisa melakukan proses transaksi apapun!. Untuk bisa melakukan proses transaksi, maka kita harus memiliki token (BNI secure) seharga 10 ribu rupiah untuk generator dynamic pin. Yah demi keamanan transaksi kita.

token BNI secure


Setiap kita melakukan transaksi maka proses data transaksi di internet akan menggenerate 8 digit angka yang harus kita masukkan ke token, kemudian dari token tersebut akan menghasilkan 8 digit angka berikutnya yang harus kita masukkan kembali ke proses data transaksi di internet. Inilah yang disebut dengan dynamic pin untuk keamanan proses transaksi kita.

Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mencoba dan salam inspirasi coffee.


Related Post



6 comments:

  1. Fin, token generator itu bisa langsung diambil waktu datang di bank apa harus menungu dikirim ke rumah? ingin dafter juga, tapi alamat di kampung kurang reliable, jadi kalau dikirim ke rumah takut tidak sampai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pengalaman saya kemarin itu, langsung bisa diambil saat itu juga. Cuma kalau dibaca di selebaran-nya, dikatakan bahwa token bisa diambil setelah 10 hari kerja.

      Delete
  2. kalo urusan beginian biasanya suamiku ynag ngerjain Fin :)

    ReplyDelete
  3. Benar sekali, internet banking sangat membantu tanpa harus repot ke ATM buat melihat sudah gajian atau belum. Hehe..

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates