Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Jumat, 01 Januari 2021

0 Singgah Warkop #4 : Ikio Coffee

 

Today’s good mood is sponsored by coffee”.
 
“IKIO”. 

Baru pertama kali saya mendengar nama ini. Mungkin itu berasal dari nama orang, atau mungkin juga itu diambil dari nama sebuah tempat. Yang jelas, nama ini awalnya tidak familiar di telinga saya. Rasanya seperti kosakata atau nama dari Jepang saja. Seperti Ueno, Kikyo, Shino ataupun Shishio. Ah, yang terakhir ini, tentu tidak asing bagi para penggemar anime yakni samurai legendaris pemilik jurus ‘Hiten Mitsurugi Ryu’ dan ‘Amakakeru ryu no hirameki’. Yang tidak tahu, boleh komen di bawah ya ^_^

***

Semenjak memiliki hobi berkunjung ke warung kopi yang dimulai pada pertengahan tahun lalu, saya suka membahas hasil kunjungan ke tempat-tempat ngopi tersebut di blog ini. Tercatat sudah tiga kali pembahasan tentang warung kopi yang saya buat. Diantaranya adalah:

Kalau dihitung-hitung sih, sebenarnya sudah banyak warung kopi atau cafe yang pernah saya singgahi. Namun, ternyata tidak semuanya bisa saya masukkan sebagai bahan tulisan. Alasannya seringkali lebih karena tempatnya yang kurang recommended, atau karena saya saat itu sering lupa mengambil foto-foto dari warung kopi atau cafe tersebut. Saking enaknya ngobrol kali ya? 

Suasana depan warung Ikio Coffee

Dan dari sekian warung kopi yang pernah saya singgahi, ternyata hanya sedikit saja yang saya datangi lebih dari dua kali. Ikio Coffee masuk ke dalam kategori yang sedikit ini.

Di tulisan kali ini, saya akan membahas Ikio. Sebuah warkop yang berlokasi agak tersembunyi, namun menawarkan sebuah tempat nongkrong yang asik dan nyaman. Tak hanya terkenal karena cita rasa dan varian rasa kopinya, namun juga karena keenakan rasa dimsum-nya. Yuk, langsung saja pembahasannya.

Singgah Warkop #4 : Ikio Coffee

Lokasi 

Dari segi lokasi, sebenarnya Ikio Coffee termasuk yang mudah untuk dicari. Berada tepat di belakang kampus Madcoms Madiun. Alamat lengkapnya yaitu Jl. Eka Karya No. 1,
Mojorejo, Kec. Taman, Kota Madiun.

Jalan masuknya sih agak kecil gitu. Lebih mirip sebuah gang sih. Namun, hal ini tak membuat para pecinta kopi malas untuk mendatanginya. Malahan sebaliknya, pengunjung dibuat lebih nyaman dikarenakan suasananya yang sunyi, terbebas dari suara berisik kendaraan yang lalu lalang. Tak heran jika setiap harinya tempat ini selalu saja ramai oleh muda mudi milenial yang haus akan tempat nongkrong kekinian.
Lokasi Ikio Coffee
Hanya 3 menit perjalanan menggunakan motor dari Stadion Wilis

Konsep Indoor dan Outdoor

Konsep Indoor di Bagian Depan Warung

Ikio Coffee memiliki dua tempat yang sebenarnya masih berada di dalam satu area cafe yaitu bagian depan dan bagian belakang.

Di bagian depan cafe dibuat dengan konsep indoor berhias tampilan meja dan kursi yang tertata rapi. Bagi rekan-rekan yang ingin menikmati suasana ngopi yang eksklusif, maka area ini menjadi pilihan yang menarik. Jika kalian ingin lebih dekat dengan sang Barista dengan kesibukannya meracik kopi, maka area ini menjadi pilihan yang tepat.

Pada bagian dinding cafe terdapat sebuah tulisan dari lampu LED yang menyala kebiru-biruan. Tulisannya ‘Kopi Buat Kamu’. Tulisan yang benar-benar memberikan kesan bagi para pengunjung bahwa kopi yang disajikan memang spesial untuk kamu, ^_^.

Menikmati secangkir kopi, sambil melihat atraksi sang barista. Sensasi istimewa yang ditawarkan di area ini.

Area bagian depan Ikio Coffee
Penampakan area depan Ikio Coffee

Lokasi order dan pembayaran di kasir Ikio Coffee

Jika kalian terhibur dengan apa yang dikerjakan oleh Barista, kalian juga bisa memberikan sedikit tips dengan memasukkan sejumlah uang di toples kecil yang disediakan di dekat meja kasir. Disitu sudah tertulis ‘Tips Barista’. Tidak usah ragu. Langsung saja masukkan sebagian uang yang kalian punya ke toples ini.

Tempat Barista meracik kopi

Semua sepakat, salah satu daya pemikat dari sebuah warung kopi adalah view dapur dari sang Barista nya. Warung Ikio memperlihatkan bagi semua pengunjungnya bagaimana sang barista disediakan sebuah ruangan yang kecil, namun di-desain begitu bersih dan sangat eye catching. Tentu saja, kopi yang akan kalian nikmati akan disiapkan di ruangan ini.

Dimanapun itu, para pengunjung pasti menginginkan kopi yang akan mereka nikmati diracik di sebuah dapur yang bersih dan rapi. Bisa dibilang, dapur barista adalah etalase paling memikat dari para penikmat kopi.

Area bagian depan warung ini dibuka pada pagi hari dimulai sekitar jam 09.00 WIB dan tutup hingga larut malam sekitar jam 23.00 WIB.

Konsep Outdoor di Bagian Belakang Warung

Pada bagian belakang warung ini didesain dengan konsep outdoor. Terdapat jalan kecil di sebelah warung yang menghubungkan area depan dan area belakang. Jalan itu sekaligus difungsikan sebagai area parkir sepeda motor.

Di bagian belakang, kalian akan menemukan area yang cukup luas dengan berhias taman yang indah serta terdapat sebuah kolam ikan. Suasana memang dibuat agar pengunjung lebih santai dan lebih bebas berekspresi. Saya sendiri lebih menyukai area belakang ini.

Area belakang, dulunya terdapat barista disini. Sepertinya kini sudah tak ada.


Menikmati secangkir kopi sambil mendengar gemericik ikan di kolam

Hiasan dinding yang menarik

Area bagian belakang baru mulai dibuka pada sore hari sekitar jam 16.00 dan tutup pada malam hari sekitar pukul 23.00 WIB. Tentu saja waktu tutupnya bersamaan dengan area di bagian depan.

Tempat Ngopi yang Nyaman

Tak bisa dipungkiri bahwa Ikio adalah tempat ngopi yang nyaman. Di saat banyak bermunculan warung-warung kopi baru di area Madiun, namun tempat ngopi yang satu ini masih saja ramai oleh para penikmat kopi.

Saya sendiri setidaknya pernah 3 kali ke Ikio Coffee. Seingat saya pertama kali datang ke Ikio bersama dengan Trio Kopiers. Pun juga saat setelah saya kembali dari perjalanan ke Switzerland, saya menyempatkan untuk menikmati secangkir kopi bersama mereka. Tak lupa saya memberikan oleh-oleh Kopi dari Switzerland. Saya berharap mereka menyukainya.

Bentuknya kok kayak saos french fries
 
Kalau ke Ikio Coffee, entah kenapa saya selalu memesan Vietnam Drip. Tak tertarik pesan yang lain karena sudah terlanjur sayang.

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

Total Pengunjung

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates