Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat untuk menulis masih tetap menyala, menarikan pena melukiskan prasasti-prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Saturday, August 9, 2014

31 Cara Memanfaatkan Pinterest untuk SEO

Cara Memanfaatkan Pinterest untuk Optimasi SEO


Beberapa waktu yang lalu saya mencoba menambah satu lagi amunisi dalam rangka optimasi SEO yang beberapa tahun belakangan ini saya geluti. Amunisi tersebut adalah social media bernama Pinterest. Seperti yang sudah saya jelaskan pada tulisan : Cara membuat Tumblr SEO friendly, bahwa media social adalah amunisi yang harus kita miliki dalam rangka melakukan Search Engine Optimization. Dengan aktif di berbagai social media, maka diharapkan website akan mendapatkan banyak backlink serta semakin dikenal di jagad maya. Seperti yang sering diungkap oleh master-master marketing dunia bahwa salah satu cara memperkenalkan produk adalah dengan be everywhere!.


Cara menggunakan Pinterest untuk SEO
Pinterest

Mengenal Pinterest

Pinterest secara istilah adalah social media yang memungkinkan pengguna untuk berbagi apapun dalam bentul visual (gambar) dan bisa menemukan sesuatu yang menarik kemudian mempostingnya (pinning) ke dalam board sendiri, atau board pengguna lain. Selain itu, kita pun bisa browsing segala sesuatu yang sudah di-pin oleh pengguna lain. Pada pengertian Pinterest secara istilah diatas, dicantumkan beberapa istilah yang mungkin masih asing di telinga kita yaitu Pin dan Board. Pin adalah istilah untuk ‘posting’ artikel ke dalam Pinterest. Dengan pin, maka kita memasukkan artikel/foto ke dalam database Pinterest yang setiap saat bisa dilihat dan di re-pin oleh pengguna lainnya. Sedangkan Board adalah tempat beberapa pin dikumpulkan ke dalam satu tema yang sama. Artinya beberapa pin dengan tema yang sama ditaruh di satu board. Pengguna lain bisa mengikuti board yang berisi pin-pin yang mereka sukai. Ketika seorang pinners (pengguna pinterest) menemukan apa yang mereka sukai di board kita, kemudian melakukan ‘pin’, maka hal itu akan membantu search engine menemukan dari address mana artikel tersebut berasal. Dengan bergabung di Pinterest, kita bisa menemukan hal-hal yang baru yang mungkin belum pernah kita tahu sebelumnya. Dengan board yang sesuai dengan tema yang kita sukai, kitapun bisa menemukan hal-hal menarik yang kita sukai.



Perlu diketahui bahwa Pinterest telah menarik perhatian dunia social media. Bayangkan saja, setelah dalam kurun waktu 10 bulan saja sudah menarik sekitar 13 juta pengguna baru. Membuatnya menjadi salah satu website dengan perkembangan tercepat dalam sejarah. Bahkan ada yang mengatakan bahwa Pinterest mampu menarik trafik yang lebih banyak dibandingkan dengan Google+, Linkedin dan Youtube. Sungguh hal yang luar biasa

bagaimana optimasi SEO dengan menggunakan Pinterest
Tampilan Homepage Pinterest

Cara Menggunakan Pinterest

Pinterest sangat mudah digunakan. Pertama kita harus membuat dan mengisi profil kita dengan benar dan selengkap mungkin. Terutama kita bisa tampilkan halaman website/blog kita di halaman profil. Dengan demikian, apalagi ada pengguna pinterest lain yang melihat profil account kita, maka secara otomatis dia akan melihat alamat website/blog kita. Tentu hal ini menjadi jalan untuk mendatangkan trafik. Isi bagian ‘about section’ dengan hal-hal yang menjelaskan secara gambling tentang kita. Manfaatkan 200 karakter yang sudah disediakan oleh Pinterest dengan maksimal. Gunakan keyword yang tepat dan deskriptif. Jangan lupa untuk mencantumkan website di space yang disediakan

Hal yang menarik dari Pinterest adalah kita bisa menggunakan berbagai macam Board dengan tema yang berbeda-beda. Pengguna Pinterest bisa memfollow masing-masing board tersebut secara terpisah sesuai dengan hal-hal yang disukainya. Hal ini jelas berbeda dengan twitter yang terkadang kita harus membuat banyak akun dengan tema yang berbeda-beda untuk berbicara tentang tema yang berbeda-beda pula. Dengan Pinterest, maka kita bisa menggunakan satu account, tetapi bisa me-manage banyak board.

Untuk bisa sukses memanfaatkan Pinterest untuk optimasi SEO, maka kita harus bisa mengerti keinginan dari customer. Tentu customer kita adalah pengguna Pinterest yang lain yang ingin membaca pin-pin kita. Sebisa mungkin kita harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca. Jangan menggunakan bahasa yang berbelit-belit apalagi menggunakan bahasa asing yang sama sekali tidak dipahami oleh customer. Kita harus mengerti apa yang sebenarnya dicari oleh pembaca, apa yang sebenarnya ingin dibaca dari pembaca. Berikan hal-hal yang memang benar-benar dibutuhkan oleh pembaca. Jangan memberikan data-data sampah. Ketika kita ingin melakukan pin, pastikan kita menuliskan deskripsi yang detil.
SEO menggunakan Pinterest
Melakukan pin di dalam Board Pinterest


Pinterest untuk SEO

Tahukah anda bahwa 70% pengguna Pinterest ternyata terinspirasi untuk membeli produk-produk yang ada di situs tersebut. Silahkan dibandingkan dengan Facebook yang hanya 17% melakukan hal yang sama. Tentu hal ini menjadikan Pinterest semakin menarik perhatian khususnya bagi pebisnis yang memanfaatkan dunia online untuk mendapatkan customer.

Search box adalah salah satu fitur yang paling banyak digunakan di Pinterest. Untuk memastikan bahwa account, pin dan board kita dilihat dan diklik, maka kita harus melakukan optimasi. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk optimasi Pinterest untuk SEO.

  • Pastikan Pinboard terlihat oleh search engine
  • Silahkan lihat pada bagian search privacy, pastikan setting anda pada kondisi ‘NO’.
    cara optimasi website dengan SEO Pinterest
    Search Section

  • Buat akun Pinterest untuk Business
  • Jika memang tujuan kita dalam membuat akun Pinterest adalah untuk kepentingan bisnis, maka akan sangat baik jika kita membuat akun business. Jangan khawatir ketika menggunakan account ini karena tidak berbayar alias masih free. Account bisnis memiliki banyak fasilitas yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan account personal. Dengan business page, maka website yang kita cantumkan di Pinterest akan mudah diverifikasi dan kita akan banyak akses untuk mendapatkan fitur lebih seperti analytic dan rich pins. Bahkan diperkirakan kedepan akan ada banyak keuntungan menggunakan jenis account yang satu ini.

  • Melakukan optimasi page
  • Pastikan nama page Pinterest mudah dikenali oleh orang dan terdeskripsikan dengan baik. Panjang username yang disediakan oleh Pinterest adalah 3-15 karakter. Gunakan dengan memberikan nama yang sangat merepresentasikan apa yang akan kita jual.

  • Masukkan keyword pada ‘about’ section
  • Pada bagian ‘about’ pastikan kita memasukan kata kunci ‘keyword’ yang sesuai dengan isi dari pinterest kita. Jangan sampai kita tidak mengisi pada bagian ‘about’ ini, karena tentu tidak akan menguntungkan dari segi SEO Pinterest. 
  • Pastikan url website kita sudah terverifikasi


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.





Related Post



31 comments:

  1. sepertinya menarik sekali untuk dicoba, selama ini hanya mengandalkan fecebook saja karena belum kenal pinterest. makasih nih sudah share sesuatu yang bermanfaat banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Kang Ucup. Senang sekali bisa membuat artikel yang bermanfaat.

      Silahkan mencoba Pinterest dan dapatkan manfaatnya.

      Delete
  2. Saya juga menerapkan ini mas, memang bermanfaat untuk blog, apalagi kalo blog tersebut bersifat personal, sangat membantu sekali hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah.. iya kah? sip sip..

      Pinterest memang sangat berguna :)

      Delete
  3. min klo yang paling powerful apa ya untuk membantu SEO pada website?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aberta Rental Untuk bisa melakukan SEO yang bagus pada website, memang biasanya merupakan gabungan teknik, mulai dari membuat artikel yang bagus (bukan copas), kemudian teknik SEO sendiri (entah itu SEO on page atau off page), kemudian cara mempromosikan konten kita di media sosial.

      Kalau ditanya mana yang paling powerful, menurut saya adalah konten yang bagus. Karena Content is the King.

      jadi ibarat sebuah restoran, jika makanan yang kita sajikan sudah enak, maka insyaAllah restoran kita akan terkenal. Tentunya dibantu dengan teknik marketing yang diperlukan.

      Delete
    2. Bener juga ya mas, kalo konten yang kita buat berkualitas dan dibutuhkan banyak orang tentu blog yang kita kelola akan bagus juga di search engine :)

      Delete
  4. mampir kesini, kunjungan perdana ni mas, salam perkenalan aja ya

    ReplyDelete
  5. wah bagus artikelnya nih.... mo coba bikin pinterest jg ah :D

    ReplyDelete
  6. Belum pernah coba pake pinterest buat mendatangkan traffic, patut di coba, nice post...

    ReplyDelete
  7. Bener yang saya rasakan pake printeres lumayan batu buat naikin key words. Dari dulu hingga sekarang saya selalu pake ini

    ReplyDelete
  8. page which is amazing pleased to visit!

    ReplyDelete
  9. Tools pinterest yang oke dan gratisan apa ya min?

    ReplyDelete
  10. Terimakasih, dapat ilmu dan cara dalam memanfaatkan pinterest untuk usaha, bravo

    ReplyDelete
  11. Min, artikelnya thnks a lot ya, saya suka dan bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  12. Very-very good, ditunggu terus dalam berbagi ilmunya

    ReplyDelete
  13. muter-muter di google akhirnya nemu artikel ini, thnks min mau berbagi ilmu

    ReplyDelete
  14. Wah saya juga mau mencoba ah, menggunakan pinterest untuk SEO blog saya.

    ReplyDelete
  15. Saya sedang mencoba untuk mengoptimasi seo lewat sosmed, lumayan buat tambah2 penayangan hehehe

    Saling follow yuk???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sosmed memang salah satu cara untuk bisa meningkatkan performa blog. Selamat mengoptimasi.

      Delete
  16. sering upload gambar di pinterest. niatnya buat seo tapi cuma upload gambar trus dikasih link. ga mikir ini itu hehe makasih ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Shofi : Kalau di seriusin, bisa jadi sumber backlink yang lumayan besar lho.

      Delete
  17. Replies
    1. Sama sama @kris spartan. Terima kasih juga sudah berkunjung di blog saya dan memberikan komentar.

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates