Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Friday, August 31, 2012

11 Google Adwords Keyword Tools

Bagi blogger yang ingin membuat tulisannya mampu bertengger cantik di puncak pencarian google, maka hal pertama yang harus diperhatikan biasanya adalah bagaimana mencari kata kunci atau keyword yang tepat, sehingga tulisan kita selaras dan sejalan dengan apa yang memang banyak dicari orang. Mungkin selama ini saya hanya menerka-nerka saja kira-kira apa sih hal yang banyak dicari orang itu. Yah, namanya saja perkiraan, terkadang benar namun tak jarang juga berujung pada sebuah kenihilan. Maka diperlukan sebuah alat / tool yang memang bertugas untuk mendapatkan kata kunci yang tepat sasaran tersebut.

Ketika kita berbicara mengenai keyword atau kata kunci, maka pembicaraan akan berujung kepada niche market. Kita bisa mendefinisikan niche market sebagai pasar yang ingin secara fokus menjadi target kita. Sebagai contoh, kita ingin berdagang di pasar. Awalnya bingung ingin berdagang apa. Ketika ingin berdagang buah-buahan, ternyata sudah banyak yang jualan. Meskipun tentu setiap harinya banyak orang yang akan mencari buah. Tapi ketika sudah banyak orang yang berjualan buah, maka peluang jualan kita laris akan semakin kecil. Karena banyaknya saingan. Maka kita musti mencari target pasar yang lebih spesifik, semisal berjualan daging ayam halal, bersih, fresh, beli 2 kilo gratis 1 kilo. Memang banyak yang berjualan daging ayam, tapi yang bisa menjamin kehalalan, kebersihan, fresh serta diskon yang besar tidaklah banyak. Maka inilah yang kita sebut dengan niche market.

Dalam dunia online, dengan berdasar pada perkiraan saja, maka akan susah kita menentukan niche market yang tepat sasaran. Maka kita memerlukan sebuah tool yang bisa melakukannya. Dan alhamdulillah, beberapa waktu yang lalu saya mengenal salah satu fasilitas dari google yang bernama google adwords keyword tool. Dengan adwords, kita bisa menentukan kata kunci yang tepat dengan pasar besar tapi saingannya kecil. Baiklah saya ingin memberikan satu contoh lagi terkait perlunya penggunaan kata kunci / keyword. Semisal kita ingin membuat sebuah postingan dengan topik 'baju'. Kalau kita langsung membuat judul dengan penggunaan kata 'baju', maka kita akan bersaing dengan banyak penulis online yang menggunakan judul 'baju'. Maka kita perlu mengetahui sejauh mana permintaan pasar terkait kata kunci 'baju'. Dan satu-satu alat yang bisa mengetahui permintaan pasar terkait kata kunci 'baju' adalah mesin pencari itu sendiri. Iya bener, mbah google lah yang bisa melakukannya.

Prinsip dalam mencari kata kunci yang tepat untuk sebuah judul tulisan adalah sebagai berikut :
  1. Kata kunci tersebut banyak dicari orang.
  2. Belum pernah atau sedikit dari penulis online / blogger yang mengangkat tema tersebut

Oke, mungkin intro diatas terlalu panjang, maka kita langsung praktek saja.
  • Langkah pertama adalah kita masuk dulu ke situs adwords google disini.
  • Untuk hasil pencarian kata kunci / keyword yang lebih banyak, pastikan kita login terlebih dahulu dengan alamat email blogger kita.
  • Setelah masuk, pilih menu 'tools and analysis' dan geser cursor kebawah untuk kemudian pilih 'keyword tool'.
  • Maka kita akan masuk halaman seperti pada gambar berikut ini :

    penggunaan google adwords

  • Maka setelah kita mengklik search, akan muncul hasil pencarian berikut ini :


  • penggunaan google adwords

    Keterangan :
    • Competition : banyaknya saingan blogger / penulis online yang mengangkat tema tersebut. Semakin low, maka akan semakin sedikit saingannya, sehingga dengan mudah tulisan kita bertengger di puncak klasemen pencarian.
    • Global Monthly Searches : Jumlah pencarian terhadap kata kunci/ keyword tersebut dalam satu bulan. Semakin besar nilainya, maka akan semakin banyak orang yang mencari kata kunci tersebut versi google.

    Maka untuk topik 'baju', saya memilih 'baju adat' sebagai keyword pilihan. Pemilihan ini berdasar pada tingkap kompetisi yang rendah dan pencarian yang cukup tinggi menurut versi google.



Baiklah teman, selamat mencoba. Dan semoga tulisan ini mampu memberi sedikit inspirasi. Salam inspirasi coffee.

Related Post



11 comments:

  1. sip mas..saya juga pk tool ini jg kok :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup. Memang ajaib ini tool. Sangat memudahkan he he.

      Delete
    2. iya. Tool ini memang ajaib. Sangat memudahkan untuk mencari keyword yang tepat sasaran.

      Delete
  2. keyword itu sama ga dengan Label. Tag. dst
    itu katanya bisa juga buat jadi kunci pencarian..
    **bingung**

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mirip dengan label dan tag. Intinya kata kunci yang ingin kita bidik. Biasanya kata kunci ini diinclude-kan ke judul postingan. Masuk tag juga bisa.

      Delete
  3. ilmu baru nih, trims byk ya Fin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak Ely. Saya juga masih harus belajar banyak dari dunia ely :)

      Delete
  4. Replies
    1. terima kasih mas zan POP, sudah mau berkunjung di gubug inspirasi coffee.

      Delete
  5. Saya juga pakai tool ini :) Jauh lebih praktis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya. Memang lebih praktis.

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates