Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Minggu, 05 Agustus 2012

25 Cara Mengubah Domain Blogspot ke .com


Beberapa waktu yang lalu saya pernah menulis bagaimana mengubah domain blogspot ke domain sendiri. Pada saat itu saya merasa enggan untuk mengubah domain yang lama, karena alasan bakal direstartnya kembali statistik pagerank dan rangking alexa. Ini tentu menjadi dilema tersendiri bagi blogger seperti saya. Namun, pikiran saya menjadi berubah 180 derajat setelah mengetahui bahwa pada tanggal 2 Agustus kemarin, Google resmi melakukan update pagerank. Namun sayangnya, blog kesayangan saya dengan alamat fifin-nugroho[dot]blogspot[dot]com (coffee break) tidak juga mengalami kenaikan pagerank, akhirnya saya merasa harus mengubah domain. Karena sebenarnya memang sudah sejak lama saya mendambakan ingin memiliki blog pribadi tanpa embel-embel blogspot. Rasanya jadi bersemangat untuk menulis saja.

Untuk bisa mengubah domain blogspot ke domain .com, berikut dua langkah yang musti kita lakukan :
  • Langkah pertama : Melakukan proses penyetingan di dasboard blogger blogspot kita.
  • Langkah kedua : Beli domain dari pihak penyedia hosting dan lakukan seting pada bagian cpanel.

Langkah Pertama :
Untuk langkah pertama, kita bisa melakukan sendiri dengan sangat mudah. Ikuti langkah berikut ini :
  1. Login ke blogger anda.
  2. Klik setting dan pilih menu basic.

  3. mengubah domain blogspot ke .com

  4. Pilih add a custom domain, kemudian pilih lagi Switch to advanced settings. Kemudian isikan bagian Advanced settings dengan nama domain yang sudah anda beli. Semisal www[dot]penulisblog[dot]com.

  5. mengubah domain blogspot ke .com part 2
Oke langkah pertama sudah selesai. Sangat mudah bukan? :)

Langkah Kedua :
Langkah kedua bisa dibilang lumayan ribet dibandingkan dengan langkah pertama. Khususnya bagi orang yang baru mengenal dunia domain dan hosting. Untuk proses pembelian domain, saya mempercayakan kepada Qwords. Ingat, ini bukan iklan loh. Untuk proses pembeliannya tersendiri, saya tidak akan membahasnya disini. Jika ada pertanyaan terkait pembelian domain bisa ditanyakan di kolom komentar, atau bisa juga diskusi lewat twitter saya :). Oke, pada tahap ini saya menganggap kita sudah membeli domain yang akan kita pasang dengan hosting blogger kita.



Teknis caranya adalah sebagai berikut (ingat, ini berlaku di penyedia jasa hosting Qwords) :
  1. Silahkan login ke cpanel hosting dan masuk ke menu : Domains->Advance DNS Zone Editor.
    setting cpanel qwords
  2. Kemudian klik tombol “Edit” pada opsi “www.namadomainkamu”.
    setting cpanel qwords 1
  3. Ganti kolom yang tertulis “CNAME” dari nama domain ke : ghs.google.com.
    setting cpanel qwords
  4. Kemudian klik “Edit Record”.
  5. Selesai.


Setelah kedua proses diatas kita lakukan, selanjutnya kita tinggal menunggu sampai record CNAME yang baru dapat mengarah dengan sempurna. Lamanya biasanya sekitar 2×24 jam. Namun berdasar pengalaman saya, tak kurang dari 1 jam sudah terarah dengan baik.

Selamat mencoba dan semoga blog kita menjadi lebih manfaat. Salam Inspirasi Coffee

Related Post



25 komentar:

  1. Baru tau kalo google habis update pagerank. Cepet juga yaa,. kirain updatenya setahun sekali. Hihi..

    Sepertinya merubah domain ini ga sama dengan merubah URL yaaa. Aku ingat dulu pas awal si popcorn pernah rubah URL, itu ga otomatis kerubah di link2 bologroll teman2 yg lain. Tapi punya mas Fifin kemarin ini langsung berubah. Hemmmm..

    Bocoran donk mas, setahun bayarnya berapa? Hihi
    Trus untuk hostingnya pake bayar lagi takk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. merubah URL gimana maksudnya mbak?

      untuk di Qwords, setahun 92rb. Itu untuk domain saja. Dengan cara yang saya lakukan pada postingan diatas, itu hostingnya masih memakai blogger. Hanya domain-nya saja yang di-redirect. Jadi hostingnya masih gratisan :). Data kita masih dijagain mbah Google, menurutku malah lebih aman he he.

      Kalau domain+hosting = sekitar 200rb-an setahun.

      Hapus
    2. URL blog mas. Dulu popcorn ga pake 'aarmaee'.blogspot.com.. lebih panjang dan rumit. Hehehe..

      Hooo.. 'masih gratisan'? apa ada rencana untuk sewa juga, begitu?

      Hapus
    3. Hoo.. begitu.

      Ndak mbak. Buat blog pribadi, begini saja bagi saya sudah lebih dari cukup. Yang penting domainnya sudah ndak gratisan. Masalah hosting, kan hanya tempat penitipan data saja. Biar mbah google yang menjaganya :)

      Kecuali jika buat bisnis atau website perusahaan, harus sewa hosting juga. Kan datanya musti rahasia.

      Hapus
    4. Ooohh.. jadi begituu. Paham paham saya. Okesip. Tunggu peluncurannya si popcorn yaaa.. #ehh *tapi enggak tau kapan* :))

      Hapus
    5. wah mantabs. Ditunggu yah popcorn[dot]com nya :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. saya udah buat tapi kok lama banget yakk T.T

    BalasHapus
  4. saya udah rubah kok lama banget yakk T,T

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya record CNAME nya belum mengarah sempurna? udah berapa hari belum bisa mas?

      Hapus
  5. Weitsss....tambah sip wae boss..tampilan blognya juga makin bagus euy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he domain baru tampilan juga harus baru.

      Hapus
  6. Ya kapan ya bisa migrasi jadi dot com...selamat ya mas, moga lancar dalam aktifitasnya sehari-hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he.. ayo mas Andik migrasi juga, biar terlihat lebih keren dan semakin meletupkan semangat menulis berbagi inspirasi.

      Hapus
  7. thn lalu wkt mulai ngeblog lagi, aku ditawarin suamiku Fin, apa mau punya domain sendiri, terus terang aku jawab tidak, krn aku takut nanti kalau aku malas menulis rugi ya kalau punya domain berbayar dianggurin, tapi aku dasarnya msh gaptek sih jadi mungkin saat ini masih puas dgn yg gratisan dulu

    selamat ya Fin dgn domain barunya Fin, semoga sukses

    wah alamatmu yg di blogku hrs kuganti nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya ya mbak. Tapi kalau blog yang berbayar jadi bikin kita lebih bersemangat dalam menulis. Tapi entahlah, beda orang juga beda pandangan he he.

      Terima kasih mbak. Iya mbak, alamatnya tolong diganti yah :)

      Hapus
  8. Mantabz kang Fifin, tar kalau reunian jelasin lagiya detailnya,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap kang Aan. Itu bisa diatur ha ha. Gampang kok.

      Hapus
  9. punya gw udah ganti domain nih :D

    BalasHapus
  10. Salam kenal, bang mau nanya, domain itu yang berarti dot com ya??? Kalau hosting itu berarti untuk simpan data2 yg telah kita posting ya???

    Pertanyaan saya apakah beli domain itu setiap tahun?? Bagaimana jika kita tidak bayar, apakah nama domain kita akan kembali seperti semula jadi blogspot.com???

    Bagaimana dengan page rank blognya, setelah dirubah jadi dot com??? Soalnya saya udah hampir setahun lebih ngeblog..diblog saya berisi informasi kesehatan untuk naik ke page rank 1 susah banget, sekarang aja baru page rank satu, padahal informasi blog saya penting, hampir 500 penyakit saya bahas, karena profesi saya dokter.. Bagaimana menaikan page rank cepat, jika udah anjlok gara2 ganti domain???

    Pertanyaan berikut, apakah suatu saat saya harus bayar hosting, walaupun dasarnya saya pakai blogspot yang rubah domainnya???

    Bagaimana dengan teman partner link kita?? Apakah kita harus hapus semua??? Bagaimana dengan artikel yg sudah kita submit ke beberapa searc enginer atau ke sosial bookmark, apakah akan hilang semua, karena nama blog udah berubah????

    Tolong balasannya, kalau bisa dibalas diblog saya, sesuai dengan alamat komentar saya ini.. Salam kenal bang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga. Ya benar, domain adalah yang ada nama belakang .com atau .net dll. Sedangkan hosting adalah tempat data-data kita disimpan. Semakin besar kapasitasnya, maka kita juga akan membayar lebih mahal.

      Kalau kita menggunakan blogspot, maka secara otomatis kita tidak usah menyewa hosting lagi. Kita hanya perlu membayar nama domain saja.

      Jika domain kita setahun trus ndak diperpanjang, maka pihak penyedia domain akan memutus layanan dan blog kita kembali ke blogspot lagi.

      Untuk menaikkan pagerank, maka kita harus membuat banyak blog lain membuat link ke arah blog kita. Semakin banyak teman, maka semakin baik. Namun semua kembali kepada kualitas blog kita, semakin baik isi dari blog kita, maka orang lain akan secara sukarela memberikan linknya ke kita.

      Saya sudah pernah membahas mengenai pagerank di :
      Sini : Cara menaikkan pagerank blog
      dan Sini : Obrolan pagerank

      Ketika kita merubah nama domain, maka otomatis pagerank akan reset menjadi 0.

      Ya benar, dengan mengganti nama domain, kita seperti memulai hidup baru. Tetapi jika banyak teman yang terbiasa mengunjungi blog kita, dalam waktu beberapa bulan, blog kita akan memiliki kualitas yang sama dengan kondisi sebelum kita ganti domainnya.

      Hapus
  11. terima kasih sekali infonya mas gan.. sangat berguna sekali info yang sangat super ini buat saya yang masih newbie ini.. salam sukses

    BalasHapus
  12. Domain dmn pun kita beli, sama saja??? Apa ad bedanya???

    http://blogtafshare.blogspot.com/2014/11/bukti-pembayaran-mcn-freedomtm.html?m=1

    BalasHapus
  13. Saya sudah membeli domain oongwie.com dan mencoba merubah blog saya oongwie.blogspot.com sesuai dengan arahan mas fifin. Tapi ada pesan eror..

    "We are not able to resolve www.oongwie.com. It might take up to 24 hours for new domains to start working. Please try again later."

    Mohon bantuannya.. :)

    BalasHapus
  14. bagus artikelnya, saya lagi mencoba membuat blog nih mas, artikel juga baru sedikit. yang jadi pertanyaan apakah jika kita dari blogspot ke dot com/net dll, artikel yang di blogspot hilang?

    terimakasih

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates