Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Sunday, July 22, 2012

19 Mengubah Domain Blogspot ke Domain Sendiri

Beberapa waktu yang lalu, entah karena mimpi apa malam sebelumnya, tiba-tiba saja saya berkeinginan untuk mengubah domain blog coffee break ini dari yang gratisan (blogspot) ke domain sendiri (semisal : .com, .net, .org, .web.id, dan kawan-kawannya). Sehingga alamatnya pengen berubah dari fifin-nugroho[dot]blogspot[dot]com menjadi semisal fifin-nugroho[dot]com. Jadi terlihat lebih keren kan?. Hingga akhirnya keinginan itu membuncah tak terkendali serta tidak mau tertunda barang seharipun (mirip kayak anak kecil). Pada hari di saat keinginan serta niat aneh itu muncul, saya langsung saja mendaftarkan blog ini ke salah satu jasa penyedia hosting di Indonesia. Sebenarnya ingin menyebutkan namanya sih, cuma ntar dikira ngiklan! :)

Sebelum mendaftarkan blog, saya terlebih dahulu mencari beberapa referensi terkait bagaimana cara mengubah domain blog gratisan (blogspot) ke domain sendiri. Terus terang hal ini adalah pengalaman saya yang pertama. Pengalaman ini memang sengaja ingin saya sharingkan. Siapa tahu saja, bisa bermanfaat bagi teman-teman blogger yang mungkin memiliki keinginan yang sama.

Jadi kira-kira penjelasan mudahnya seperti berikut :

1. Blog gratisan seperti blogspot, bisa diubah menjadi memiliki domain sendiri dengan cara parkir hosting. Artinya hosting/server akan masih tetap berada di posisi nyaman di Amerika, kemudian jasa penyedia hosting di Indonesia hanya memberikan fasilitas parkir saja. Keuntungan dari proses ini adalah website/blog kita akan bebas dan aman dari marabahaya, karena servernya tidak dibuka ke public serta dijaga ketat oleh prajurit-prajuritnya kakek google :).

2. Untuk blog gratisan yang lain seperti WP , bisa diubah ke domain sendiri dengan syarat harus membayar sejumlah dana kepada pihak WP. Tentu jika memakai cara ini, kita harus punya semacam alat pembayaran internasional seperti paypal. Karena cukup ribet, biasanya banyak blogger WP yang malas mengubahnya. Bagi mereka, lebih mudah jika membuat blog baru saja. Tapi tidak sedikit juga yang rela melakukannya, karena terlalu sayang dengan alamat blog yang sudah dimilikinya. Yah klo sudah cinta, jangankan hanya membayar uang beberapa dolar, lebih dari itu pun mungkin saja tetap mau :)

Oke kawan, kembali lagi ke topik mengenai keinginan saya yang sudah dijelaskan tadi di paragraf awal. Beberapa data pribadi terkait persyaratan pendaftaran nama domain yang saya pesan, sudah saya lengkapi dan saya submit. Hingga akhirnya seluruh proses pendaftaran domain selesai, tinggal masalah pembayaran saja. Ceritanya pada saat saya ingin menuju ke ATM untuk melakukan proses pembayaran, entah kenapa ada perasaan menggelitik untuk melihat kembali beberapa referensi yang lain lagi. Terutama referensi-referensi yang menyangkut curhatan-curhatan orang lain yang sudah memiliki pengalaman melakukan proses pemindahan nama domain dari blogspot ke domain pribadi.

domain blogspot ke domain sendiri


Dan alangkah terkejutnya diri ini ketika tahu bahwa blog yang diubah nama domainnya, akan mengakibatkan di-restartnya kembali statistik pagerank dan trafik yang selama ini sudah melekat di blog itu. Pagerank akan kembali nol dan akan kembali normal seperti sedia kala setelah memakan waktu beberapa bulan. Tentu ini diakibatkan oleh berubahnya alamat blog tersebut, sehingga mbah google membutuhkan waktu untuk merekonstruksi ulang statistik blog. Memang ada beberapa blogger yang tetap nekat melakukannya, dan telah membuktikan dalam beberapa bulan statistik blog (terutama pagerank) sudah kembali normal seperti asalnya. Tapi bagi saya yang sudah merintis blog ini dari awal, kok rasanya sayang banget ya!, jika pagerank dan rangking alexa musti direstart ulang :) .

Jadi ceritanya, saya akhirnya terpaksa membatalkan proses pemindahan domain tersebut. Namun, supaya saya pribadi memiliki pengalaman mengenai hal ini (dan tidak mengecewakan jasa penyedia hosting), akhirnya saya membuat blog baru. Yah, blog baru itulah yang akhirnya menjadi bahan uji coba untuk proses pemindahan nama domain.

Yah, demikianlah pengalaman saya dalam mengubah domain blogspot ke domain pribadi. Perlu diperhatian akibat-akibat yang musti kita pahami sebelum melakukan hal tersebut. Mengenai bagaimana cara teknisnya, insyaAllah pada kesempatan mendatang akan saya tuliskan di blog ini. Ditunggu yah!



Salam inspirasi coffee.

Related Post



19 comments:

  1. Belum ada dana sob. Sebenernya sih pengen ngubah ke domain sendiri.
    Dana'in dong sob :).
    Hehehehee...33x

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he. Wah kalau saya sudah jadi raja minyak, mungkin bisa sih :). Terima kasih sudah berkunjung mas zevin.

      Delete
  2. Saya kalo gratis, mau mau aja deh mas Fifin. Ga masalah PR balik nol. Yang penting gratis. Hahahaha #plakkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha ha. Emang gratis itu memiliki daya tarik tersendiri yah. Meski PR di reset pun tetap saja mau. Ndak papa nih kalau si popcorn bakal kayak bayi lahir lagi :)

      Delete
    2. Kalo ingat pengalaman teman-teman yg berbuat serupa, rasanya tidak sesulit saat pertama dulu 'pecah telor'. Apalagi kalo domain [dot] com, katanya lebih bersahabat dengan om google.

      Teruuus, kan sudah banyak kenalan nih, tinggal woro-woro aja minta tolong ganti link yg ada di blogroll, kan lumayan nambah backlink. :D

      Delete
    3. iya bener banget mbak. domain [dot] com memang lebih bersahabat dengan mbah google. Banyak referensi sih yang mengatakan seperti itu. Cuma saya sendiri belum pernah merasakannya.

      Delete
  3. kalau saya ga masalah tu mas.ganti domeng dot com ja tanpa pikir kehilangan pr hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hemm gitu ya mas. Cuma kalau saya kok rada eman-eman gitu ya mas. Soalnya bakal di reset lagi tuh.

      Btw apa blog sianakwayang rencananya bakal dirubah ke domain baru nih?

      Delete
  4. jiahhh,,, ujungnya bayar juga
    kirain mengubah domain ke .com gratis ,, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya begitulah mas. Hari gini agak sulit nyari yang gratisan. Tentu gratisan yang memiliki kualitas. Kalau gratisan yang ecek-ecek ya mungkin kita juga agak enggan.

      Btw klo ke domain co.cc gratis loh :)

      Delete
    2. hweehehehe,,, andai saja blogspot menhyediakan pilihan domain gratis,,,
      *sehari penyedia hosting langsung bangkrut :D

      Delete
    3. ha ha. mungkin juga sih. Cuma kayaknya google ndak akan masuk ke rencana seperti itu deh. Rencana yang cukup blunder :) .

      Delete
  5. Sistem bayaran gimana tuh sob :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bayarnya ke jasa penyedia hosting mas. Jadi kita daftar dulu blog kita untuk kita rubah nama domainnya. Trus setelah data kita lengkap, kita transfer dana sesuai harga kesepakatan. Setelah kita transfer, nanti nama domain yang kita pesan, akan diaktifkan oleh jasa penyedia hosting tadi. Tinggal kita arahkan alamat blog kita ke domain yang barusan kita pesan.

      Aduh penjelasan di bagian komentar agak kurang nyaman. Nanti deh semoga ada waktu untuk menjelaskan secara rinci di postingan di kesempatan yang akan datang.

      Delete
  6. untung dan ruginya memang ada kalau ubah domain...itu semua hanya pilihan saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar banget mas, memang ada untung dan rugi yang harus kita pahami sebelum mengubah nama domain. Intinya kita ketika ada hal-hal yang dirasa kurang baik, kita sudah tahu dari awal.

      Delete
  7. krn sy gak paham alex & pr jd sy emang lg proses pindahan kesana.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mau diganti ya mbak nama domainnya? semoga semakin bersemangat deh ngeblog-nya.

      Delete
  8. Terima kasih gan info nya. Saya mau coba, mudah2an berhasil

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates