Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Tuesday, February 12, 2013

27 Cara Bagaimana Menaikkan Pagerank Blog Dengan Cepat

Setelah mendalami seluk beluk perbloggingan selama kurang lebih 4 tahun, maka selama dalam perjalanan itu tentu banyak sekali pernak-pernik yang telah menjadikannya warna. Dan dengan pengalaman itulah kali ini saya ingin berbicara mengenai salah satu 'elemen' dari aktifitas blogging yang seringkali diperbincangkan. Elemen itu adalah pagerank.

Saya tak akan berbicara banyak apa itu pagerank dan bagaimana teorinya. Saya hanya ingin berbicara mengenai pengalaman saya blogging dan kaitannya dengan level pagerank. Berikut ini adalah beberapa kesimpulan saya tentang pagerank :

  • Pagerank tidak berkaitan langsung dengan search engine. Blog yang memiliki pagerank tinggi belum tentu memiliki artikel yang mampu bertengger di puncak search engine.

  • Pagerank tidak berkaitan langsung dengan frekuensi update postingan. Seberapa seringpun anda meng-update postingan, maka itu tak menjamin pagerank anda naik.

  • Pagerank tidak berkaitan langsung dengan kualitas tulisan. Tulisan jelekpun bisa memiliki pagerank tinggi jika kita tahu bagaimana menaikkan pagerank dengan benar.

  • Pagerank tidak berkaitan langsung dengan SEO. Karena SEO hanya dimaksudkan untuk optimasi search engine. Tak berkaitan langsung dengan naik turunnya pagerank.

  • Pagerank tidak berkaitan langsung dengan trafik kunjungan. Karena bisa jadi trafik rendah, namun memiliki pagerank yang tinggi.

Menurut saya, pagerank adalah ukuran seberapa penting sebuah page/laman bagi google. Semakin banyak page lain yang mengarahkan link-nya ke arah page kita. Maka pagerank kita akan sangat mungkin naik secara signifikan. Tak perlu peduli apakah kita memiliki artikel-artikel top dan seberapa banyak jumlah artikel kita. Selama banyak page lain mengarah ke home page kita, maka blog kita akan memiliki pagerank yang tinggi.

Dan perlu diingat bahwa pagerank ini tidak mengukur secara global seluruh page blog kita. Halaman utama blog kita bisa jadi memiliki pagerank 3, tetapi itu berbeda dengan halaman lain dari blog kita. Ini berbeda dengan rangking alexa yang mengukur 'kualitas' blog secara keseluruhan.

Nah, bagaimana cara cepat menaikkan pagerank? berikut ini sedikit tips dari saya untuk pembaca sekalian :

  1. Rajin meminta link blog orang lain mengarah ke home page blog kita. Dengan banyaknya blog lain yang mengarah ke blog kita, maka akan semakin cepat pagerank kita naik.

  2. Lakukan strategi khusus, sehingga blog yang mengarahkan link ke blog kita adalah mereka yang memiliki pagerank tinggi. 1 blog dengan page rank 5 (yang memberikan link mengarah ke blog kita) sangat jauh kualitasnya terhadap kenaikan pagerank blog kita, dibandingkan dengan 100 blog dengan pagerank 0.

  3. Rajin membuat akun sosial bookmark yang memiliki link dofollow yang dengan mudah kita arahkan ke halaman utama blog kita. Pada kasus ini, saya rekomendasikan menggunakan squidoo. Nah bagaimana cara menggunakan squidoo, silahkan cek disini.

  4. Rajin blogwalking ke blog teman yang memiliki pagerank tinggi. Jika kita rajin berkomentar disana, maka dengan sukarela dia akan memberikan link teman ke blog kita.

  5. Rajin tukar link. Jika kita rajin bertukar link dengan sahabat, mungkin suatu saat banyak sahabat kita itu yang naik pageranknya. Kenaikan pagerank dia akan secara otomatis mengkatrol kenaikan pagerank kita.

Demikian sedikit tips bagaimana menaikkan pagerank dengan cepat. Semoga bermanfaat. Salam inspirasi.

Related Post



27 comments:

  1. kalo yang ini saya sependpat dengan mas, karena pagerank hanya googl yang memahaminya, sebagai blogger hanya dapatmenebak seperti apa cara menaikan pagerank :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas Rico, tulisan diatas hanya berdasar kepada pengalaman saya saja.

      Delete
  2. Dulu saya punya blog yang PRnya 3, tak tahulah koq bisa... padahal cuma 1 tahun lho... tapi sayangnya blog saya kena susppend... saya juga tak tahu apa kesalahan saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren tuh mas, bisa dapat PR 3.
      Seumur-umur saya belum pernah mendapatkan PR 3. Ini baru dapat PR 2.

      Delete
  3. Ihh whaowww.. Baru tau kalo ternyata page rank tidak mengukur secara global keseluruhan page kita.

    oia mas, dari dulu pengen bisa bikin yg statistik alexa tapi gak tau gimana caranya. sudah pernah register si, tapi trus bingung diapain :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. Untuk pagerank itu hanya mengukur tiap page saja.

      wah oke, ntar saya bikin postingan mengenai cara menambah statistik alexa ke dalam blog. he he :)

      Delete
  4. Wah , saya baru tahu ini. Termikasih banyak infonya, PR saya masih 0 maklum baru belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sama-sama. Selamat mencoba dan terima kasih sudah berkunjung di gubug saya.

      Delete
  5. punya saya juga masih 0. entah kapan naiknya. punya 1 aja udah senang banget saya. tapi entah kapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat ya mas Kicky Maulana. InsyaAllah dengan usaha keras dan cara yang benar, pagerank akan semakin lama semakin naik.

      Kalau berkenan, bisa mencoba cara-cara yang sudah saya bahas diatas.

      Delete
  6. http://obatvitalitasliedo.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. nih blog ane kalo ada waktu kosong kunjungi lah dan kasih keritik juga boleh
    http://waktuadalahuang14.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. bang.. saya benar2 berterima kasih atas respon anda menjawab pertanyaan saya sebelumnya... saya ada sedikit pertanyaan yang menjanggal, yaitu tentang page rank halaman utama berbeda dengan page rank halaman lain, maksudnya bagaimana????

    mengenai penjelasan anda mengenai page rank, saya baru paham... terima kasih banyak saya ucapkan... kalau bisa kita saling bertukaran link...
    oh ya, satu lagi... rajin membuat akun sosial bookmark pada poin tiga, maksudnya bagaimana??? apa kita daftar dulu baru masukan link postingan kita, seperti kita share di fb begitu ya mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama-sama, semoga bermanfaat.

      Maksudnya pagerank itu hanya untuk satu halaman saja. Dalam satu blog, halaman utama dengan halaman lainnya secara natural akan berbeda pageranknya.

      Iya betul. kita daftar dulu di situs sosial bookmark, kemudian kita copas link artikel blog kita ke media tersebut.

      Selamat mencoba.

      Delete
  9. gimana y gan caranya naikkan pagerank .

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup. Caranya sesuai dengan artikel yang saya tulis diatas. Semoga berhasil.

      Delete
  10. Blog q mash bru gan, jdi msh bth wktu yg ckp lama. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus bersabar dan terus berusaha. InsyaAllah berhasil nantinya :)

      Delete
  11. Tentu akan menjadi tujuan ya agar blog yang dikelola mendapat pagerank, akan tetapi perlu perjuangan dan semangat yang tinggi, benarkan? salam kenal dari saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah berkunjung dan Salam kenal juga

      Delete
  12. mohon kasih info soal sosial bookmark yang bagus untuk membangun backlink
    terima kasih dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toni : sama-sama mas Toni, salam kenal juga. Semoga artikel kami bermanfaat.

      Delete
  13. Berarti rajin posting itu cuma mitos ya.

    bimbel-nine.cobatahu.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ety Ariyanti : Sebenarnya rajin posting itu malah bagus tetapi syaratnya apa yang kita posting haruslah sesuatu yang berkualitas (bukan sampah). Tetapi jika hanya 'sekedar posting', maka hal tersebut tidak terlalu berpengaruh kepada hasil pagerank blog.

      Delete
  14. terima kasih atas infonya..
    permisi sebelumnya, mohon izin untuk blogwalking..
    blog saya adalah http://harry-kusumo.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates