Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Selasa, 01 Juni 2021

0 Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog dengan Mix.com

Salah satu cara terbaik untuk mendatangkan trafik ke sebuah blog adalah dengan be every where atau cobalah untuk berada dimana-mana. Dengan kata lain cobalah untuk mempromosikan setiap tulisan di dalam blog kita ke semua media sosial atau platfrom digital yang ada. Tujuannya adalah supaya blog kita semakin dikenal, baik itu oleh algoritma Google maupun pengguna internet sebagai end user. Terkait dengan hal ini, ada beberapa postingan yang berkaitan dengan tema yang sedang kita bahas ini yaitu penggunaan platform Pinterest dan Tumblr dalam memaksimalkan trafik blog. 

Dan kali ini saya akan membahas platform lainnya untuk mempromosikan blog yaitu Mix.com. Mix adalah sebuah platform berbagi tautan atau link yang merupakan transformasi dari Stumbleupon. Bila anda dulu sempat berkenalan atau pernah menggunakan Stumbleupon, maka perlu diketahui bahwa platform tersebut sudah tutup dan kini sudah berganti menjadi Mix.com.

Cara meningkatkan trafik blog dengan Mix.com
Mix.com yang dulunya adalah Stumbleupon     
 

Kelebihan Mix.com 

1. Content Discovery Platform

Banyak blogger yang menghabiskan banyak waktu dalam mempromosikan blog mereka di facebook, twitter ataupun instagram. Namun perlu diketahui bahwa facebook, twitter dan instagram adalah platform jejaring sosial (social networking), mereka bukanlah content discovery platform. Sebagai situs jejaring sosial, fungsi utama mereka adalah menghubungkan individu-individu dalam berinteraksi dengan individu yang lainnya. 
 
Yang menarik adalah saat kita menggunakan Instagram ataupun Facebook, ternyata tak semua postingan yang kita unggah akan dibaca 100% oleh follower kita. Lho kok bisa? Ya karena Instagram ataupun Facebook telah menerapkan sebuah algoritma berdasarkan pada cara pengguna dalam berinteraksi di dalam social media tersebut (user behavior). Sebagai contoh ketika seorang pengguna menyukai postingan terhadap tipe-tipe postingan tertentu, maka postingan serupa lah yang akan sering muncul pada baranda / feed pengguna itu. Dengan kata lain, jika postingan kita tidak disukai oleh follower-follower kita, maka kecil kemungkinan (atau tidak 100%) postingan kita akan terbaca/terlihat oleh mereka.  
 
Hal ini berbeda dengan Mix.com yang merupakan platform yang masuk dalam kategori situs pencarian (content discovery platform). Seperti juga halnya Pinterest yang masuk dalam kategori situs pencari, Mix.com memiliki kelebihan dalam memberikan akses kepada pengguna untuk mencari dan menyimpan konten yang diinginkan. Maka dengan alasan inilah Mix.com sangat cocok digunakan oleh blogger yang ingin mendatangkan lebih banyak trafik ke blog mereka. 

2. Menyimpan Link Website / Blog untuk Dikunjungi Kemudian

Salah satu kekuatan dari Mix.com adalah fitur save link yang memungkinkan pengguna dapat melihat kembali tautan yang pernah disimpan. Selain itu, para pengguna lain pun juga dapat dengan mudah mencari topik yang diinginkan dengan mengetikkan keyword yang sesuai pada kolom pencarian.  
 
Fitur Pencarian Mix.com
Fitur Pencarian pada Mix.com
 
Dengan adanya fitur save link ini, maka tautan yang telah kita submit di Mix.com akan memiliki kesempatan untuk ditemukan oleh para pengguna lainnya yang sedang mencari tema serupa. 
Fitur Save Link pada Mix.com
Kolom pencarian pada Mix.com

Hal ini berbeda dengan platform sosial media seperti Facebook, Twitter ataupun Instagram. Di platform-platform tersebut, jika kita ingin mencari sebuah tautan yang pernah dishare oleh orang yang kita follow, maka kita harus dengan sabar melakukan scrolling ke seluruh postingan dia. Ada cara lain sih seperti dengan menambahkan tags pada setiap postingan, namun saya rasa masih kurang efektif.
 

3.  Membantu Orang dalam Mencari dan Berbagi Tautan dengan Konten Terbaik

Mix.com menjadi platform ideal dalam mencari dan berbagi konten menarik. Mix bukanlah social media sehingga hanya tautan atau link yang menjadi fokus dari Mix.com. Tentu ini menjadi peluang yang sangat baik bagi para blogger ataupun internet marketer untuk mendatangkan trafik melalui Mix ini.
 

Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan Mix.com

1. Jangan Meletakkan Seluruh Konten Blog Anda secara Instan Saat Pertama Bergabung.

Sangat wajar jika pertama kali bergabung dengan Mix.com, kita ingin segera menaruh semua link postingan yang ada blog kita ke Mix.com. Saran saya, lakukan itu secara bertahap, sedikit demi sedikit. Selingi dengan menyimpan tautan dari blog atau website lainnya. Kalau jurus saya, 1 kali menyimpan postingan blog milik kita harus segera diimbangi dengan 3-4 postingan dari blog/website lainnya. 

2. Buat Konten Bervariasi dari Sumber yang Berbeda

 Saran saya simpan banyak link dengan tema yang bervariasi dari sumber yang beraneka ragam. Tentunya tetap pilih kualitas konten yang terbaik. Ciri yang khas dari Mix adalah tempat kita menyimpan konten-konten terbaik. Maka jangan kita terjebak pada satu tema saja. Lebih baik buatlah variasi dari tema-tema yang akan kita masukkan ke Mix.com. 

3. Pilih dan Masukkan Konten Berkualitas Tinggi 

Semakin banyak follower yang mengikuti akun kita di Mix.com, maka semakin banyak peluang mendatangkan trafik ke blog kita. Maka pastikan kalian pilih konten-konten berkualitas yang akan dimasukkan ke Mix.com. Sehingga follower yang akan membaca link dari akun Mix.com hanya akan mendapatkan kualitas konten yang baik (bukan konten sampah). 

Dengan menjaga kualitas link yang dimasukkan ke Mix.com, maka akan memperbesar peluang kita menambah follower. Jika follower bertambah, maka peluang mereka membaca link dari blog kita juga akan semakin tinggi. 

4. Simpan Link yang Menarik untuk Dibaca Nanti (Bookmark)

Jika kita secara tak sengaja menemukan sebuah postingan yang menarik namun pada saat yang sama kita sedang tidak punya waktu, maka simpan link tersebut di Mix.com untuk dibaca nanti. Karena Mix adalah platform terbaik dalam melakukan bookmark sebuah artikel.  

5. Perbaiki Profil di Akun Mix.com

Pastikan kita memberikan informasi yang cukup menarik di profil Mix.com. Agar orang semakin percaya dengan konten-konten yang kita simpan di Mix. 

6. Aktif di Mix.com

Secara berkala bukalah Mix.com, simpan beberapa artikel menarik setiap hari. Hal ini cukup berguna untuk perkembangan akun kalian. 

Selamat mencoba!

Related Post



0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

Total Pengunjung

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates