Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Sunday, April 18, 2021

0 Cara Setting Brightness (Lampu Latar) TV Samsung UA32J4005

Kronologi Kejadian

Entah apa yang sebelumnya terjadi, tiba-tiba istri memanggil saya dan mengatakan bahwa setingan remote TV di rumah ada yang salah. Tingkat kecerahan layar TV tiba-tiba saja menjadi terlalu terang dan menyebabkan rasa tak nyaman di mata saat menonton. Setelah beberapa detik mendengarkan penjelasannya, saya kemudian mengerti bahwa sebelumnya si kecil dek Agha bermain-main dengan remote TV. 

Sebenarnya sih si adek itu sudah tahu bagaimana cara menggunakan remote TV (semisal saja bagaimana cara mengganti channel kesukaannya). Tapi yah namanya jaga anak kecil yang masih berusia 5 tahun, mungkin saja ia iseng memencet-pencet tombol menu yang membuat setingan remote berubah dan mengakitbatkan masalah ini. 

Cara Setting Brightness TV Samsung UA32J4005
TV Samsung 32 Inch - UA32J4005


Bak pahlawan kesiangan yang baru turun gunung, saya meraih remote TV dari pegangan istri dan mulai tut..tut..tut, melakukan setting pada remote TV tersebut. Pada awalnya, saya cukup percaya diri untuk memperbaikinya. Saya cukup familiar dengan remote tersebut.
 
Dengan menampilkan muka sedikit serius, saya mulai masuk ke bagian setting 'Menu', dan mengganti-ganti setelan lampu latar pada menu 'Gambar'. Setelah mengubah setingan kecerahan layar, kemudian saya mematikan TV dan menyalakannya kembali. Hal ini saya lakukan untuk memastikan bahwa setelan yang sebelumnya saya lakukan telah tersimpan. 
 
Namun, alangkah terkejutnya saya ketika mendapatkan layar TV yang masih terlihat terang. Ada apa ini? Mengapa setelan sebelumnya tidak tersimpan? Apa TV-nya sudah rusak?
 
Lama sekali saya mencoba mengganti-ganti setelan display-nya, sambil sesekali menggerutu. Namun tetap saja hasilnya nihil. Percobaan itu terus berlangsung hingga puluhan menit kemudian, hasilnya masih sama. 

Kata orang, 'kerja keras itu tidak akan mengkhianati hasil'. Di saat saya berada pada titik yang hampir menyerah, saya menemukan titik terang. Yah, titik terang tersebut terkait dengan setelan 'Mode Toko'. 

Setelan 'Mode Toko' inilah yang membuat serangkaian perubahan yang saya lakukan sebelumnya tidak memberikan efek pada TV. Setelah saya teliti lagi, 'Mode Toko' akan selalu kembali pada setingan default-nya setelah 5 menit atau otomatis setelah TV dimatikan. 

TV Samsung 32 Inch seri UA32J4005 memiliki dua mode setelan yaitu 'mode toko' dan 'mode rumah'. 'Mode Toko' adalah mode saat TV masih dipanjang di Toko, ia diprogram untuk selalu kembali ke setelan default-nya. Hal ini untuk memudahkan pemilik toko saat ada pelanggan yang mengubah-ubah setelan saat sedang menawar TV. Sedangkan 'mode rumah' adalah fitur yang diperuntukkan kepada pelanggan yang sudah membeli TV dan menggunakannya di rumah. 

Dan benar saja, saat saya mengganti setelan TV ke 'Mode Rumah', Alhamdulillah permasalahan inipun selesai. 
 

Cara Setting Brightness TV Samsung UA32J4005 

Berikut saya akan menjelaskan bagaimana caranya mengatur tingkat kecerahan (brightness) dari TV Samsung UA32J4005. Dan ini adalah langkah-langkahnya:
 

1. Klik Tombol Menu pada Remote TV

Setelah kalian klik tombol menu, maka di layar TV akan muncul tampilan awal yang kurang lebih akan seperti ini. 

Setting Brightness TV Samsung 32 Inch
Setelan Menu

2. Masuk pada Menu --> Dukungan

Setelah masuk pada tampilan 'Menu', langkah selanjutnya adalah pilih 'Menu --> Dukungan'. Disini kita harus mengubah modus penggunaan dari 'Mode Toko' ke 'Mode Rumah' agar setelan yang sudah kita ubah sebelumnya dapat tersimpan dan tidak menjadi masalah seperti yang sudah dibahas sebelumnya. 

Setting TV Samsung 32 Inch
Setelan 'Demo Toko' ini dikhususkan untuk para penjual TV

Bagi kita pengguna di rumah, maka pilih
modus 'Penggunaan Rumah'

Setelah memilih mode penggunaan, biasanya akan muncul warning seperti di bawah ini. 

Peringatan saran penggunaan sesuai lokasi penggunaan

Pilih 'Ya' dan masuk ke langkah berikutnya. 

3. Masuk pada Menu --> Gambar

Setelah memilih modus 'Penggunaan Rumah', maka langkah berikutnya yaitu mengubah setelan brightness. Silahkan kembali ke Menu dan pilih 'Gambar', 

Setelan Lampu Latar

Disini kalian bisa mengatur setelan lampu latar dari TV Samsung 32 Inch sesuai dengan keinginan dan kenyamanan anda. Selesai. 

Nah mudah kan? Jika ada pertanyaan, silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat. 


Related Post



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

Total Pengunjung

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates