Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Friday, August 24, 2012

8 Cara Download Cepat Dengan IDM

Setelah mengganti modem yang berkuota ke modem yang bebas kuota (alias unlimited), aktivitas unduh-mengunduh file telah menjadi kesenangan tersendiri bagi saya. Mengunduh film anime Naruto, One Piece dan Dorama telah menjadi keseharian saya. Jadi ingat dulu ketika saya masih berstatus mahasiswa, dengan rela saya harus merogoh kocek uang saku bulanan dari orang tua untuk sekedar menyewa jasa internet di warnet hanya untuk mendonlot Naruto. Anime Naruto yang selalu update tiap pekan sekali ini, benar-benar telah membuat saya ketagihan. Dan uniknya sampai sekarangpun, saya masih saja mengikuti alur ceritanya yang semakin seru. Eh catat ya, ini animenya lho!! bukan manga.

Beberapa waktu yang lalu saya membaca sebuah artikel bahwa ada sebuah cara mengunduh file yang katanya lebih cepat dibandingkan dengan cara unduh yang lain. Yakni dengan menggunakan IDM (Internet Download Manager). Terus terang penggunaan IDM ini cukup baru bagi saya, karena selama ini saya hanya familiar dengan tool-tool untuk aktifitas mengunduh seperti downthemall, Jdownloader, uTorrent, ataupun direct download.



Kalau saya sedikit memperhatikan, sebenarnya IDM ini mirip dengan jenis add-ons downthemall di firefox. Yakni sama-sama membagi bagian unduhnya ke parsial-parsial tertentu. Semacam sistem pararel. Tentu ini berbeda dengan sistem direct download yang jelas menggunakan sistem serial. Sistem pararel ini yang membuat proses unduh diyakini akan semakin lebih cepat. Dan itu saya buktikan sendiri ketika membandingkan dengan 2 tool unduh yang lain yakni downthemall dan Jdownloader. IDM memiliki performa yang lebih bagus dibandingkan dengan dua saingannya ini. Ditambah lagi IDM lebih stabil dibandingkan Jdownloader yang sering mengalami kegagalan proses unduh di tengah jalan.

Oke langsung saja kawan, untuk mengunduh IDM kita bisa mengunjungi situs resminya www[dot]internetdownloadmanager[dot]com. Memang ini merupakan versi trial 30 hari, tapi dari berbagai referensi yang saya baca, selama kita tidak melakukan proses update, maka IDM ini akan bisa kita pakai selamanya :). Saya belum membuktikan sih, tapi tidak ada salahnya mencoba kan?

Semoga tulisan ini bermanfaat dan salam inspirasi coffee.

Related Post



8 comments:

  1. seett daahh.. ini banyak banget yang ngajarin cara download idm. semuanya beda2 caranya. bingung yang mana yg harus diikuti...
    hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he begitulah. Banyak jalan menuju Roma. Saya baru 2 mingguan make IDM. Oke banget hasilnya.

      Delete
  2. Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung di gubug saya, birthday party :)

      Delete
  3. artikel ini nie yang terlewatkan sama ane. thank's 4 share sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sob sudah mau berkunjung di gubug ane.

      Delete
  4. Saya dulu pengguna IDM, sekarang ndak lagi. Ribett. Hehee..
    Masa' iya tiap kali masuk site yg ada lagu atau videonya, pertanyaan mau donlot atau tidak langsung muncul. Padahal saya kan jarang sekali donlot-donlot.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang mbak. Bagi mereka yang memang jarang sekali download, maka IDM akan menjadi merepotkan. Ya mending di hilangkan saja. Cuma saya kan suka sekali download. Terutama download dorama dan anime.

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates