Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Friday, April 20, 2012

4 Menghindari Orang Dengki

Suatu ketika saya pernah menulis tentang sebuah tema karakter dalam tulisan 'Karakter Api vs Api'. Dalam tulisan tersebut, saya mengungkapkan salah satu trik jika kita bertemu dengan orang yang memiliki karakter berlawanan dengan kita. Ketika ada orang yang seringkali setiap perkataannya membuat kuping kita panas, maka lebih baik kita menghindarinya. Menurut saya, cara itu cukup efektif meredam konfrontasi yang mungkin saja berujung kepada mudharat yang lebih besar lagi. Lebih baik kita bergaul dengan orang yang sudah jelas baik akhlaknya. Tidak suka merendahkan, dan tidak suka berkata tentang hal-hal yang tidak ada manfaatnya. Kadang saya berpikir, apa iya orang yang sering merendahkan kita itu karena dia memiliki sifat dengki?

Pagi ini saya kembali membuka buku Laa Tahzan karangan Dr. Aidh bin Abdullah Al Qarni. Saya akan mencuplik beberapa resep untuk menghindari orang yang memiliki sifat dengki.

1. Sering membaca surat Mu'awwidzatain (surat An-Naas dan Al-Falaq) berikut dzikir dan doa yang berkaitan.
dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki (QS 113 : 5)

2. Menyembunyikan urusan kita dari orang yang dengki hatinya.

3. Menjauh dari orang-orang yang dengki.
Jika kamu (Fir'aun dan pengikutnya) tidak mau beriman kepadaku (Musa), maka janganlah kamu menggangguku. (QS 44:21).

4. Berbaiklah kepadanya untuk menghindari gangguannya.
"Tolaklah (perbuatan buruk) dengan perbuatan yang lebih baik". (QS 23:96).

Khusus pada poin 4 diatas, mungkin terlihat sangat sulit melakukannya. Bagaimana bisa kita berbuat baik kepada orang yang kerjaannya mengganggu kita?. Tapi sikap seperti ini rupanya ada dalam firman Allah dalam AlQuran dan tentu terlihat pula dalam keseharian Rosulullah.

Bagi saya, menghindari secara fisik dengan orang dengki terbukti cukup efektif. Bukankah berbuat baik tidak mesti selalu harus sering bertemu dengannya?.

Related Post



4 comments:

  1. betul mas..
    tapi saya lebih suka menjauh. klo ngomong sperlunya aja. gag mau skit hati.hehe

    ReplyDelete
  2. kalau saya biasanya tak cuekin, apapun omongannya gak kutanggepin
    alhasil dia menjauh sendiri :D

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates