Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Wednesday, November 9, 2011

8 Film Barat, Dorama dan Sinetron

Di kantor ada sebuah komunitas yang membuat penggemar film serasa dimanjakan. Komunitas yang berisikan orang-orang yang menggemari movie, apakah dia berperan sebagai uploader maupun downloader saja. Dikatakan uploader jika dia mengorbankan waktu dan uangnya untuk mendownload sendiri movie kemudian dengan berbaik hati berbagi dengan teman di kantor dengan menaruh movie tersebut ke server. Sedangkan downloader berarti dia hanya menikmati saja movie yang sudah diunduh orang lain dan tanpa peran apapun. Film yang menjadi favorit kami lumayan bervariasi, ada film barat, film dorama (sinetron Jepang/Korea), film Asia (kungfu ataupun drama), film India, film Indonesia dan juga anime (kartun Jepang). Khusus anime ini saya pernah termasuk dalam kategori uploader.

#Film_Barat (western movies)
Dari sekian kategori movie yang ada, yang menjadi favorit dan paling banyak di upload oleh rekan-rekan di kantor adalah film barat. Sebagai downloader saya tentu saja sangat berterimakasih dengan para uploader yang rela berbagi. Namun uniknya apa yang menjadi favorit mayoritas ternyata tidak menjadi favorit saya juga. Saya tidak terlalu menyukai film barat. Meskipun dengan teknik animasi dan cerita yang dahsyat, tetap saja saya kurang tertarik. Salah satu alasan yang membuatku kurang menyukai film barat adalah teknik infiltrasi adegan sembunyi-sembunyi. Meskipun tentu tidak semua west movie selalu seperti itu. Ini yang membuat saya males.com.

Namun tidak semua film barat kemudian saya tidak suka. Ada juga yang saya suka (meski beberapa saja), salah satunya adalah film Spiderman.


Ini salah satu film barat (dari yang beberapa tadi) yang saya ikuti mulai dari Spiderman 1 sampai Spiderman 3. Alasannya : lumayan 'bersih' dan menggunakan animasi yang sangat bagus.

#Dorama
Hal yang berbeda ketika berbicara mengenai dorama. Apa itu dorama? dorama adalah drama/sinetron ala negeri Jepang dan Korea. Kalau di negeri Jepang biasa disebut J-Dorama, sedangkan K-Dorama untuk negeri ginseng Korea. Berbeda dengan film barat, film J-Dorama (setahu saya) tidak pernah dengan sengaja menyusupkan 'tema dewasa' di setiap movienya. Kalau mereka ingin membuat film yang ada tema dewasa, maka di sinopsis dan previewnya akan dijelaskan dengan gamblang bahwa ini mengandung tema nudity yang mungkin tidak cocok bagi sebagian orang (termasuk saya). Nah dengan begini kita bisa memilah-milah film mana yang cocok buat kita dan film mana yang tidak cocok.


Selain itu cerita yang ditampilkan di dalam dorama mangangkat tema yang sesuai dengan genre yang diangkat. Apakah genre family, investigation ataukah comedy. Jika anda mencari tema 'perebutan anak', 'rebutan pacar', 'rebutan harta waris' yang bahkan sampai bertele-tele, maka maaf saja tidak akan anda temui di dorama. Cerita dorama itu padat dan langsung menyentuh esensi cerita. Paling maksimal biasanya hanya 11 episode setiap movienya. Kalau ratingnya sangat tinggi, biasanya akan diperpanjang ke Season 2. Jadi kemungkinan sebelum membuat dorama, si pembuat movie sudah memikirkan matang-matang bagaimana konsep cerita yang akan ditampilkan. Jadi point dari dorama adalah inti cerita bukan hanya soal pemainnya siapa. Tidak ada istilah 'kejar tayang' di sini.

Yang menarik dari Dorama adalah kadang kita dibuat sering berpikir untuk mencerna setiap aksi tokoh di dalam film ini. Susah ditebak dan membuat semakin menarik karena akan penasaran terus hingga akhir cerita. Bahkan saya sering mempause dorama yang sedang saya tonton karena berusaha mencerna setiap cerita. Sugoi.....

Oh iya yang menarik dari Dorama di Jepang adalah keberanian (atau mungkin sudah biasa) mengangkat tema kepolisian. Bahkan banyak cerita yang mengangkat tema police dan inteligent dalam menangkap penjahat dan teroris, dikemas menarik dan sulit ditebak (membuat otak kiri saya sering bekerja).

Bagi teman-teman yang ingin mendownload film Dorama bisa berkunjung ke link ini : http://nomanymore.blogspot.com

#Sinetron
Kalau sinetron itu apa ya?? wew.. capek deh... teman-teman saja deh yang mendeskripsikan.. ^_^. Okelah sedikit saja ya : sinetron itu menurutku sering tidak punya konsep yang matang sebelum dirilis, sering kejar tayang, bertele-tele dan ini request pribadi --> terlalu terlihat takut atau enggan mengambil tema yang berlatar police or inteligent (dimana dalam Dorama atau film barat sudah biasa diangkat, padahal menurutku seru).



note :
-sugoi means amazing

Related Post



8 comments:

  1. aku juga suka dorama. dan setuju sama tulisan diatas, kalo plot ceritanya itu jadi poin yang sangat penting. jadi bisa dibilang, detailnya menyerupai film, tapi episodenya agak panjang. selain itu, pasti ada bahan yang dibahas dengan sangat mendetail. misalnya tentang musik, seni, atau dunia kedokteran, semua dibahas dengan detail. jadi selain bisa menikmati ceritanya, juga bisa mendapatkan pengetahuan sedikit di bidang2 itu :)

    ReplyDelete
  2. kalau nonton film sy selektif banget. Tapi sy lebih suka nonton film yang benar2 inspiratif, yang mempengaruhi hidup. contoh: social network. Masalahnya film barat itu terlalu vugar. sy gak suka. klo dorama paling seneng kurosagi, yang menceritakan tentang penipu tapi baik hati, dorama yang lain "medical dragon" tentang kisah seorang dokter bedah.

    ReplyDelete
  3. knp ndak dideskripsikan sinetron... :D

    itu kan oroduk dalam negri.. :D

    kita harus bangga sama produk dalam negri :D

    biarpun sampah paling busuk sekalipun :D

    ReplyDelete
  4. @Ririsuchan : he he..

    @armae : betul bangets mbak, dorama memang memfokuskan cerita pada satu hal detail yang memberi wawasan lebih pada kita. Pernah sebuah dorama berjudul 'prince of tennis' (yang memfokuskan pada olahraga tennis) mendapat penghargaan dari pemerintah Jepang karena berhasil mendongkrak rasa nasionalisme dan kegemaran pada olahraga tennis.

    @iput : bener put.. pilih film selain menarik juga yang memberi kita inspirasi

    @Skydrugz : he he mungkin karena terlalu sampah kali ya... , yup meski begitu tetap saya hargai sebagai sebuah produk dalam negeri yang harus dibanggakan, namun bukan berarti tidak perlu dikritisi.

    ReplyDelete
  5. aku jarang nonton serial TV atau film (baik langsung maupun via DVD). Tapi tetep ya, say no to sinetron dan stasiun TV lokal, hehehe... seneng bgt sih nonton k-dorama karena seringnya tematik (eh bener ga ni ya istilahnya).

    misalnya, serial All About Eve yang bercerita ttg perjuangan news-anchor dan settingnya ya di stasiun TV. Hotelier klo ga salah bersetting di bisnis perhotelan. Lovers in Paris yang bercerita ttg bisnis otomotif, Pasta yg ttg bisnis kuliner utamanya gejolak dapur di restoran makanan Italia.

    Jadi yang ditonton gak melulu rebutan harta wanita tahta kayak sinetron kita :D

    kalo serial barat, aku suka CSI, hehehe. Yah yang bertema detektif/kepolisian/forensik gitu lah :D

    ReplyDelete
  6. @ndutyke : wow.. all about eve dan hotelier... jadi ingat song hye kyu...

    ReplyDelete
  7. JUAL DVD FILM SECARA ECERAN/GROSIRAN/PARTAI SIAP KIRIM SEL.INDONESIA

    Pusat Penjualan Online DVD Film & Serial Lengkap, Murah, Cepat & Terpercaya !!!

    Jual dvd drama & film Korea, Reality Show, K-POP.,Barat, Jepang, Mandarin,Taiwan, India, Kartun, Anime,dll, dengan Kualitas Gambar & Subtitle Indonesia bagus. Harga 5rb/keping, Siap kirim. Sel.Indonesia . Koleksi lengkap, Pengiriman cepat dan terpercaya.

    Buat yg mau beli banyak (Grosiran ) u/ di jual lagi u/ Toko dvd atau mau buka Toko DVD,yukkk hubungi kami ada harga khusus u/ beli Grosiran/Partai, Siap kirim Sel.Ind

    Minat Order:

    Via Pin BB : 27FC7549
    SMS (Only)/Whatsapp : 082347638725
    Twitter: @NontonFilmDVD

    https://m.facebook.com/NONTON.DVD.KOREA?refid=48&ref;=stream

    Kunjungi Website: http://www.nontonfilmdvd.com

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates