Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Minggu, 15 Juli 2012

32 Belajar Membuat Website Dengan Joomla Part 1

Pada postingan sebelumnya saya telah sedikit sharing tentang keinginan saya untuk membuka sebuah toko online. Nah, salah satu hal yang perlu dipersiapkan untuk membuat sebuah toko online adalah proses bagaimana nanti cara pemasarannya. Layaknya sebuah kalimat bijak, "ada begitu banyak jalan menuju Roma". Terdapat berjuta cara bagaimana memasarkan sebuah produk. Namun layaknya sebuah peperangan di medan perang, saya lebih suka menjadikan website resmi toko sebagai jendral sekaligus panglima perang. Sedangkan untuk prajurit di garda depan, saya cenderung lebih prefer menempatkan sosial media seperti facebook dan twitter.

Saya bukanlah orang yang ahli dalam bidang desain website. Maka pada postingan kali ini, saya tidak bermaksud untuk menggurui, tapi lebih ingin berbagi pengalaman tentang bagaimana mendesain sebuah website secara sederhana untuk pemula. Saya akui bahwa saya bukanlah orang dengan latar belakang pendidikan bidang desain web. Saya tidak mengerti apa itu CSS, PHP, CMS, Dreamweaver. Yang saya sedikit paham adalah HTML, karena jenis kode inilah yang sering saya temui ketika mengotak-atik tampilan blogspot.

Ada begitu banyak platform yang bisa kita gunakan untuk mendesain sebuah website. Namun platform yang pertama kali saya kenal dalam dunia desain website adalah joomla. Selain joomla, sebenarnya masih ada banyak platform lain yang bisa kita gunakan sebagai template awal. Yang saya tahu, saat ini banyak blogger lebih suka menggunakan platform wordpress. Ya tentu karena wordpress lebih cocok dijadikan template sebuah blog dibanding untuk website sebuah perusahaan ^_^.

logo joomla


Untuk bisa membuat sebuah website menggunakan Joomla, maka ada beberapa syarat yang harus kita persiapkan. Untuk pemula seperti saya, maka ada dua hal berikut ini yang musti dipersiapkan :
1. Installer Joomla.
Installer dapat didownload di situs resmi joomla disini. Versi yang terbaru adalah versi 2.5.
2. Installer xampp.
Xampp ini semacam webserver di komputer kita. Kalau kita mendesain website langsung memakai jasa hosting, ya kita tidak perlu menginstall xampp ini.

Proses Instalasi Joomla
Runtutan Proses instalasi Joomla adalah sebagai berikut :
1. lakukan instalasi Xampp di komputer kita (semisal di drive C ).
2. Jika proses instalasi tiada hambatan, maka langkah berikutnya adalah mengkopi folder installer joomla (yang sudah diekstrak) ke dalam folder ..\xampp\htdocs. Folder yang kita copy tadi semisal kita beri nama : "coffeebreak".
3. Jalankan program Xampp. Klik run pada apache dan mysql. Pastikan kedua program ini berjalan dan menunjukkan warna hijau seperti gambar dibawah ini :

Xampp jalan


4. Lakukan proses instalasi joomla dengan membuka browser (firefox atau chrome) dan mengetikkan :
http://localhost/coffeebreak/
Maka di browser akan tampil halaman seperti dibawah ini :

Instalasi Joomla bagian 1


5. Trus kita klik saja next-next sampai pada bagian Database Configuration. Tuliskan data seperti contoh dibawah ini : (oh iya, untuk bagian password dikosongin saja)

Instalasi joomla bagian 2


6. Langkah berikutnya kita klik next-next sampai pada bagian Step ke-6 yakni Configuration. Pilih nama site yang kita inginkan, username dan password. Setelah semuanya diisi jangan lupa klik bagian : Install Sample Data. Ini sangat membantu untuk pemula.

7. Untuk step terakhir jangan lupa klik "Remove Instalation Folder".

Instalasi joomla bagian 3


8. Dan inilah tampilan website awal dari Joomla :

Website dengan joomla


Selamat mencoba kawan, dan semoga berhasil. Jika ada pertanyaan atau ingin mengkoreksi, silahkan memberikan komentar di blog ini, atau bisa kirim email ke : fifinnugroho[at]gmail.com ^_^. Untuk part 2, nanti saya akan jelaskan lebih rinci. Untuk yang sudah master, mohon jangan ditertawain :).

Salam inspirasi coffee.

Related Post



32 komentar:

  1. belajar ah, sepertinya di zaman sekarang orang kudu melek yang beginian
    terlepas dari apapun background maupun profesinya
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp.. langsung dicoba ya mbak :). Apoteker yang jago coding website. kereen.

      Hapus
  2. Balasan
    1. oke. semoga bermanfaat mas/mbak rejeki barokah

      Hapus
  3. sudah lama saya pingin belajar tentang Joomla, dan alhamdulillah akhirnya ketemu di sini , terimakasih kawan sudah berbagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama mas Hariyanto. Semoga postingan yang sederhana ini dapat memberi manfaat kepada sesama. Berbagi ilmu adalah sebuah kebahagiaan tersendiri.

      Hapus
  4. Joomla adalah salah satu open source untuk website paling powerful, dengan pemrograman orientasi objek. Orang biasanya kalau ingin membuat web buat homesite, biasanya pakai joomla. Selamat mengota-atik fin

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahh... master websitenya dah nongol. Jadi agak ga pede he he. Bener banget put. Kebanyakan Joomla memang dipakai untuk sebuah homesite semisal perusahaan atau sebuah komunitas. Kalau untuk blog, memang bagus ya wordpress :).

      Hapus
  5. gpp kl cuma untuk menampilkan produk dan pemesanannya mas..yg penting jgn smp pembyaran juga...(agak rawan hehehehe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya pembayaran disini apa mas? kalau hanya menampilkan rekening untuk pembayaran, apakah juga berbahaya?. Bukankah banyak diantara toko online pasti memberikan informasi cara pembayarannya.

      nanya serius, maklum masih pemula nih he he.. :)

      Hapus
  6. saya pengin belajar juga beginian, soalnya saya bisanya cuma blogspot

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuk sam-sama belajar mas Avip. Saya juga masih belajar nih. Semoga kita bisa memanfaatkan teknologi untuk kebaikan.

      Hapus
  7. gk tau ni mau komen apa, soalx gk ngerti, jd sy nyimak aja dlu... *smile

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he.. nyimak juga boleh kok mas. Ndak bayar kok. :)

      Hapus
  8. aku yg beginian msh gaptek Fin ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he... setiap orang memiliki keunggulan sendiri-sendiri. Kalau mbak ely kan hebatnya di fotografi. Fotonya bagus-bagus lagi. Ya kan? he he

      Hapus
  9. saya ingin mendalami bagaimana membuat website sendiri. Semoga artikel ini dapat memberikan bermanfaat.

    BalasHapus
  10. Whowwww... Belum pernah nyoba kalo joomla.
    Yang agak kenal sii dreamweaver, dulu pernah bikin juga waktu SMA. tapiii ga yakin kalo sekarang masih ingat. Hehehe

    Sementara puas otak-atik di blogspot dulu lah sayaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wih dreamweaver sudah mengenal waktu SMU???

      saya aja SMU hanya mengenal microsoft word. Eh iya sih, kan saya lebih tuaan dikit ha ha.

      Hapus
  11. Wah jadi pengen nyoba nih, blog saya yang di wordpress saja belum pernah diutak atik..hehe...keren mas, ditunggu ilmu selanjutnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hemm setahu saya untuk blog wordpress yang gratisan tidak bisa di otak-atik bagian templatenya ris. Hanya bisa ditambah atau dikurangi widget-nya. Untuk mengubah bagian html, kita musti bayar dulu ke pihak wordpressnya.

      Template wordpress baru bisa diubah-ubah kalau kita memiliki domain dan hosting sendiri. Maka dari itulah aku lebih suka blogspot, karena meskipun gratisan tetap kita bisa otak-atik tampilan sekehendak kita :).

      Hapus
  12. Sementara ngikutin aja dah, blum sempet nerapin. Pengin jadinya aja mas Fifin berapa ya?hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he.. saya masih dalam tahap belajar mas andik. Belum bisa dikomersialkan ha ha

      Hapus
  13. maap mau bertanya ktika stelah d copy folder instalation d htdocs.. ketika pemanggilan d firefox eror tdak muncul sperti contoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. program xampp-nya sudah dijalankan apa belum?

      Hapus
  14. saya pelajari dulu ya mas Fifin Abu Naqqiya,, matur nuwon share nya :-)

    BalasHapus
  15. wah…. pas banget nih gan saya lagi pengen belajar cms joomla, eh nemu artikel cara pasang joomla di localhost, pas banget seperti apa yang dikatakan dalam pepatah, “pucuk dicinta ulampun tiba”, dan kebetulan pula saya juga ingin membahas tentang joomla di blog saya, hmmm sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui…, makasih gan atas tutorialnya, salam kenal…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah. senang sekali ternyata postingan saya bermanfaat juga bagi anda.

      Selamat mencoba cms joomla dan semoga berhasil.

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates