Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Rabu, 04 April 2012

2 Galak di Jalan yang Benar

Pagi menjadi waktu yang sangat enak bagi saya untuk mengeluarkan ide. Namun pagi ini, saya gagal membuat tulisan di blog ini. Namun sebagai penggantinya, saya dokumentasikan celoteh saya di tweetland mengenai #galakdijalanbenar. Enjoy.. ^_^

1. Dulu saya sering kepikiran kenapa agama Islam diturunkan di jazirah arab, bukan di belahan bumi yang lain. #galakdijalanbenar.

2. Klo kita baca sirah Nabi, maka disitu dijelaskan banyak alasannya, salah satu diantaranya -> karakter bangsa Arab. #galakdijalanbenar.

3. Bangsa arab dikenal bangsa yg masih 'putih' jauh dari kelicikan. Perbuatan buruk masa jahiliyah itu krn tidak tahu. #galakdijalanbenar.

4. Mereka tidak tahu mana yang benar dan mana yang salah. Mereka hanya mengikuti saja 'ajaran' nenek moyangnya. #galakdijalanbenar.

5. Ciri yg melekat juga dari bangsa arab jahiliyah adalah keberanian. Fanatisme kesukuan sangat dominan. Maka kita kenal Abu Musa al-Ashari. #galakdijalanbenar.

6. Artinya Abu Musa dari suku al-ashari (sebuah suku dari Yaman). Sampai sahabat ini masuk islam, Rosulullah masih menyebutnya begitu. #galakdijalanbenar.

7. Saking beraninya, hal sepele dlm kafilah dagang, bisa memicu peperangan antar suku. Bangsa arab itu terkenal berani. #galakdijalanbenar.

8. Rosulullah datang menyempurnakan akhlak. Artinya akhlak fitrah manusia sebenarnya sudah ada, tinggal disempurnakan. #galakdijalanbenar.

9. Tentu dakwah takkan mudah, tantangan datang silih berganti. Bangsa ini sangatlah berani, Nabi teracam dibunuh. #galakdijalanbenar.

10. Namun membunuh Nabi tidak mudah, ada 2 Bani yang menjadi pelindung Rosul. Bani Hasyim dan Bani Muthalib. #galakdijalanbenar.

11. Maka tersebutlah Umar bin Khattab, salah satu simbol kekuatan kota mekkah. Tak peduli lg dgn Bani-bani-an. Nekad ingin membunuh Rosul. #galakdijalanbenar.

12. Kita bisa melihat bgmn seorang Umar bin Khattab, nekad ingin melawan 2 Bani yg sudah berikrar melindungi Rosul. #galakdijalanbenar.

13. Keberanian nekad dari Umar ini pun menjadi manfaat luar biasa setelah beliau masuk Islam. Ketika jadi khalifah, beliau sangat 'galak'. #galakdijalanbenar.

14. Tentu ini dalam artian galak yang positif, #galakdijalanbenar. Beliau biasa menenteng pedang ketika berjalan di tengah rakyatnya.

15. Bukan maksud menakut-nakuti, tapi untuk menegakkan kebenaran dan keadilan. Mungkin inilah yang bisa disebut #galakdijalanbenar.

16. Kita juga bisa melihat bagaimana keberanian khalid bin walid, salah satu sahabat Nabi yang ketika belum masuk Islam sempat merepotkan. #galakdijalanbenar.

17. Khalid, satu satu pembuat setrategi pasukan quraisy dalam perang uhud yg membuat sahabat Hamzah terbunuh, tapi bukan Khalid yang bunuh. #galakdijalanbenar.

18. Suatu ketika ada seorang yang datang kepada Rosul yang saat itu sedang berkumpul dengan sahabat membagikan ghanimah. #galakdijalanbenar.

19. Orang itu menghadap Rosul & berkata "Yaa Muhammad". Ingat, ni orang langsung memanggil nama, tak pake salam pula. #galakdijalanbenar.

20. Hanya ada 2 (klo tak salah), orang 'muslim' memanggil Nabi dengan sebutan langsung nama. Bisa dilihat di hadist arbain nawawi yg ke-2. #galakdijalanbenar.

21. Nah khusus yg kejadian ini, Sahabat Khalid yang merasa berang dengan sikap tak sopan itu bersiap menghajar ni orang. #galakdijalanbenar.

22. Nah galak kan?? he he. Tapi tentu beliau siap menghajar, namun terlebih dulu ijin kepada Rosul. Tapi Rosul mencegah. #galakdijalanbenar.

sumber : @fifinnugroho

Related Post



2 komentar:

  1. wah, direpost di sini rupanya
    jadi lebih mudah menyimak

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup terlalu sayang tertelan ke bawah klo tidak diarsipkan. Siapa tahu bermanfaat bagi orang lain.

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates