Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat untuk menulis masih tetap menyala, menarikan pena melukiskan prasasti-prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Sunday, November 3, 2019

4 Singgah Warkop #2 : Kolam.Co


"Kopi tak butuh dimengerti, namun ia selalu menemani"

Petualangan kopi kembali berlanjut. Setelah kemarin saya mereview kedai Kopi Kakak (cerita selengkapnya bisa dibaca disini), kami Trio Kopiers kembali berpetualang mengunjungi tempat-tempat ngopi yang lain seantero Madiun. Kali ini kami ajak teman-teman untuk mengenal dan berkunjung ke kedai kopi Kolam.Co. Waah, dimanakah itu? Yuk kita kupas!

Lokasi dan Tempat

Berlokasi di Jalan Diponegoro no 40, Kota Madiun, kedai kopi Kolam.Co menyajikan tempat ngopi kekinian yang sayang jika kamu lewatkan. Nih, langsung aja lihat preview foto-fotonya.

Kedai Kolam.co Madiun
Kedai Kopi Kolam.co

Kolam.Co Madiun
Bagus ya tempatnya

Pelataran Kolam Co
View dari pelataran Kolam.Co

Halaman Kolam.Co cukup luas, disediakan beberapa kursi rotan dan karet yang berada pada sisi luar, sedangkan pada sisi dalam terdapat meja dan kursi yang terbuat dari cor atau semen. Dan seperti kebanyakan di tempat-tempat ngopi yang lain, kursi yang terletak pada bagian luar biasanya menjadi pilihan favorit bagi para pengunjung yang rata-rata anak-anak muda millenial.

"I do not need an inspirational quote, I need a coffee"

Kolam.Co juga dilengkapi dengan toilet yang cukup bersih. Menurut saya ini fasilitas yang wajib tersedia bagi semua kedai kopi dimanapun itu. Orang itu cenderung ingin menikmati kopi bersama teman-teman dengan durasi yang cukup. Karena kamu sendiri tahu, jika kita sudah bersama kopi maka pembicaraan itu seperti tak akan terhenti.

Kolam Kopi Madiun
Ruang tempat Barista meracik kopi

Suasana di Kolam.Co

Menu

Seperti di kedai kopi - kedai kopi yang lain, Kolam.Co juga menyediakan berbagai macam varian kopi yang bisa kita nikmati. Mulai dari yang kopi murni, hingga campuran berbagai rasa yang lain. Ada yang panas, ada pula yang disajikan dingin.

Tidak seperti di Kopi Kakak, kedai Kolam.Co menyediakan menu berat, salah satunya adalah Rice Bowl. Jadi buat kamu yang ingin ngopi sekaligus mengisi perut yang kosong, kedai kopi ini cocok untuk dijadikan tempat nongkrong bersama teman dan sahabat.

Cerita

Rencana ngopi bareng kali ini sudah diagendakan beberapa hari sebelumnya. Menunggu waktu yang tepat agar semua anggota bisa hadir. Seperti biasa, anggota tetapnya (yang punya hak veto) adalah mas Roy, Elkaha dan saya sendiri. Sebenarnya kemarin ada satu kandidat anggota baru, namun karena ada keperluan lain tidak jadi ikut. Ya sudahlah, akhirnya kita bertiga saja yang berangkat.

Waktu itu ada beberapa pilihan warung kopi yang menjadi kandidat untuk dipilih. Ada Ikio Coffee, Cafe Wow, Kopi Soe dan Kolam.Co. Setelah beberapa pertimbangan, akhirnya kami memilih Kolam.Co untuk disinggahi kali ini. Menurut informasi yang saya dengar, Kolam.Co ini memiliki hubungan dengan kedai Kolam Kopi yang ada di daerah Klegen. Sepertinya Kolam.Co ini merupakan cabang dari Kolam Kopi.

Seperti biasa, kami datang ke tempat ngopi selepas pulang kerja. Ketika kami datang, ternyata sudah banyak pengunjungnya. Dan kursi-kursi favorit sudah terisi semua, tinggal kursi batu yang berada di tengah-tengah. Ah tidak apalah, yang penting kami masih bisa menikmati sesruput kopi disini.

Kolam Kopi Jalan Diponegoro Madiun
Suasana Ngopi di Kolam.co

Setelah mencari tempat duduk yang paling nyaman, kami mendatangi bar untuk memesan kopi dan makanan. Untuk kopi, saya dan mas Roy memesan 'Vietnam Drip', sedangkan Elkaha memesan 'V60'.

Selain kopi, untuk yang seger-segernya saya memesan Lemonade. Sebenarnya untuk teman kopi, saya biasa memilih air mineral, tetapi karena Lemonade di Kolam.Co ini sangat enak, yaah akhirnya saya terarik untuk pilih Lemonade aja.

Nah ini yang saya sedikit kecewa, ternyata menu makan berat (rice bowl) nya belum ready. Padahal kondisi perut sudah keroncongan nih.

Lemonade Kolam.Co
Lemonade

Sambil menunggu pesanan kopi datang, saya dan Elkaha pergi sebentar keluar untuk mencari makanan berat. Dan sama seperti cerita di Kopi Kakak, kami membawa makanan berat dari luar ke lokasi ngopi. Pilihan jatuh ke Ayam Pecak mbah Sarni.

Kopi Vietnam Drip
Kopi Vietnam Drip

Terus terang ini pertama kalinya saya minum kopi Vietnam Drip. Cara penyajiannya cukup unik. Di atas gelas terdapat sebuah mug kecil yang berisi serbuk kopi dan air panas. Air panas tersebut dibiarkan secara alami menetes kebawah melewati serbuk kopi. Sedangkan pada bagian bawah, sudah menanti susu kental yang siap diaduk bersama dengan tetesan kopi tersebut jika volumenya sudah mencukupi.

Kopi Vietnam Drip saat sudah penuh
Kopi Vietnam Drip saat sudah penuh
Kopi Vietnam Drip sesudah diaduk
Kopi Vietnam Drip sesudah diaduk

Serius, kopi Vietnam Drip ini rasanya enak banget lho. Bagi yang belum pernah ngrasain kopi ini, kamu harus coba deh. 


Demikian sedikit cerita ngopi saya di Kolam.Co. Kesimpulannya sih lokasinya lumayan nyaman, kopinya enak banget, lemonade-nya juara, tapi sayang sekali saya belum nyoba Rice Bowl-nya. Mungkin di lain kesempatan bisa dicoba. Oke sekian dulu ya untuk cerita seri singgah warkop kali ini. Tetap nantikan cerita-cerita petualangan kopi berikutnya di blog ini. Byee....!


Related Post



4 comments:

  1. keren mas review nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @anonymous : Alhamdulillah, semoga tulisan ini bermanfaat.

      Delete
  2. Replies
    1. Terima kasih sudah meninggalkan jejak.

      Tetapi ketika jejak itu aku telurusi, kok aku kehilangan arah. Alamatnya tidak bisa ditelusuri.

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates