Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat untuk menulis masih tetap menyala, menarikan pena melukiskan prasasti-prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Monday, June 3, 2019

5 [Pengalaman] Lenovo Thinkpad X240 Tidak Menyala, Bagaimana Solusinya?

Beberapa waktu yang lalu istri meminjam Laptop untuk belajar membuat sparkol video scribe untuk tugas kuliahnya. Bagi yang belum tahu, sparkol video scribe adalah sebuah aplikasi video desain animasi yang memperlihatkan sebuah tangan yang seolah-olah sedang menggambar atau menulis yang berlatarkan sebuah kanvas putih. Bagi yang penasaran dengan video scribe itu seperti apa, silahkan buka channel Youtube dan masukkan kata kunci semisal saja 'video scribe', maka anda akan menemukan banyak contoh video animasi yang saya maksudkan. Untuk diketahui, bahwa aplikasi Video Scribe ini ternyata berbayar dan hanya diberikan masa percobaan (trial) gratis selama 1 minggu saja dihitung mulai anda mendaftar (register) pertama kali.

Sparkol Video Scribe
Contoh Video Scribe

Nah ceritanya, setelah digunakan untuk mengedit aplikasi video scribe tersebut, entah kenapa tiba-tiba laptop saya mendadak mati. Saya coba nyalakan lagi dengan menekan tombol power ON, namun tidak berhasil. Rasa panik mulai menyergap. Apa mungkin karena terlalu banyak membuka aplikasi ya? sehingga memory-nya kurang dan kemudian mati. Ataukah, karena baterainya rusak? atau ada yang korslet? berbagai macam kemungkinan penyebab kerusakan mulai menggelayut di kepala. Kepanikan pun mulai menjadi-jadi. Oh iya jenis laptop saya adalah Lenovo Thinkpad X240

laptop lenovo thinkpad x204 tidak mau menyala
Laptop Lenovo Thinkpad X240

Tidak mau berputus asa, saya mulai berpikir dan mencari cara bagaimana caranya agar laptop saya bisa menyala kembali. Kecurigaan pertama saya adalah mungkin baterai-nya rusak. Ok, saya pun mulai melepas baterai dan hanya menghubungkan laptop dengan charger saja. Setelah saya tekan tombol ON, sayangnya laptop tetap tidak mau menyala. Hasil percobaan pertama berakhir gagal. Saya terus mencari berbagai solusi yang ada di internet, berharap bisa menemukan cara secepatnya. Ah, rasanya malas sekali kalau harus membawanya ke tempat service laptop. Belum terkait biaya yang harus saya keluarkan untuk servis tersebut.

thinkpad X240 tidak bisa menyala
Thinkpad X240 Tidak Mau Menyala

Solusi : Hard Reset

Setelah mencoba berbagai cara dan gagal, akhirnya saya menemukan solusi terakhir yang patut untuk dicoba. Namanya adalah hard reset.

Cara melakukan hard reset terbilang sangat sederhana. Silahkan lepas baterai dan jangan sambungkan charger ke laptop. Kemudian balik laptop dan lihat pada bagian belakang laptop. Cari lubang kecil yang digunakan untuk hard reset di bagian belakang laptop. Silahkan lihat foto di bawah ini.

hard reset Thinkpad X240
Lokasi Tombol Reset Thinkpad X240

Setelah mengetahui posisi lubang untuk melakukan hard reset, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :
  • Pastikan laptop sudah benar-benar kondisi shut down. Agar lebih yakin, tekan tombol power selama 10 detik, dan pastikan charger tidak dalam kondisi tersambung. Jika laptop tidak ada tanda-tanda menyala, maka sudah dipastikan kondisinya benar-benar mati.
  • Setelah dipastikan laptop dalam kondisi mati, langkah berikutnya adalah pastikan lagi baterai juga tidak dalam kondisi terpasang dan lepas charger dari laptop.
  • Gunakan jarum atau peniti atau alat kecil yang lain untuk menekan tombol reset. Lakukan proses ini selama kurang lebih 5 detik.
  • Setelah proses hard reset sudah dilakukan, silahkan sambung kembali charger ke laptop dan nyalakan laptop seperti biasanya.
Jika permasalahan laptop anda sama dengan laptop saya, maka dengan cara diatas insyaAllah laptop akan kembali menyala normal seperti sedia kala. Proses hard reset ini tidak akan menghilangkan setingan BIOS dan tidak menghapus data-data di laptop kita.

Yup, demikian sedikit sharing saya tentang bagaimana jika laptop Lenovo Thinkpad X240 tidak mau menyala dan bagaimana solusinya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.


Related Post



5 comments:

  1. Memang Hard reset lah Bang solusinya,,
    Oke,,, Salam kenal dan semoga tambah sukses Bognya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas. Sukses juga blog-nya, atau lebih tepat bisnisnya.

      Delete
  2. Terima kasih informasinya Gan,,,
    Salam kenal juga

    ReplyDelete
  3. Terimakasih gan sangat membantu 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Senang rasanya tulisan saya ini bisa membantu para pembaca blog ini.

      Terima kasih mas @sukroid21

      Ah rasanya jadi semangat menulis lagi.


      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates