Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Sunday, May 13, 2018

0 [Pengalaman] Beli Online Laptop Lenovo Thinkpad X240

Thinkpad bisa dibilang laptop impian saya sejak dulu. Tepatnya sejak mengenalnya pertama kali pada tahun 2008. Waktu itu saya masih bekerja di Xirka Silicon Tech, sebuah perusahaan anak bangsa di Bandung yang mengembangkan teknologi Chipset atau IC-Design. Salah satu rekan kerja saya bernama Ade (manager saya ketika itu) tiba-tiba saja memperkenalkan laptop barunya dengan merk Thinkpad. Sebuah brand laptop yang benar-benar baru bagi saya, belum pernah melihat sebelumnya. Kesan pertama yang timbul adalah sebuah laptop yang kokoh, handal dan elegan. Cocok sekali menjadi sahabat programmer seperti kami.

Rasannya pengen sekali punya laptop seperti itu. Namun, harapan tinggal harapan. Harga sebuah laptop thinkpad baru ternyata sangat mahal. Rata-rata harga thinkpad dengan spesifikasi kelas menengah sudah diatas 10 juta. Untuk sebuah laptop, sepertinya harga 10 juta-an menjadi tidak relevan bagi saya. Sebenarnya bisa saja sih untuk membelinya, namun rasanya sayang sekali kalau harus mengeluarkan budget segitu hanya untuk keperluan beli laptop. Ada kebutuhan penting lainnya yang harus dipenuhi. Padahal, dengan harga setengahnya saja, mungkin saya bisa mendapatkan laptop dengan merk lain.

thinkpad for engineer
Lenovo Thinkpad, Sahabat Engineer


Thinkpad Bekas

Beberapa bulan yang lalu saya membaca sebuah status dari FB teman lama saya yang menyatakan bahwa ia baru saja membeli laptop bekas Thinkpad dengan processor I5 dengan harga 2,8 juta. Wow bagi saya ini menjadi hal yang luar biasa. Dengan harga 3 jutaan, namun kita bisa memiliki laptop Thinkpad yang legendaris itu. Meskipun bekas, tetap lumayan kan? sangat bisa dipertimbangkan apalagi jika kondisi bekasnya merupakan bekas penggunaan biasa saja (bukan karena jatuh). Sehingga sebenarnya laptop masih dalam kondisi yang bagus.

Bagaimana cara mendapatkan laptop Thinkpad bekas dengan kondisi bagus dan aman? tentu ini merupakan hal yang bisa dibilang susah-susah gampang. Bagi saya menjadi gampang karena saya sudah mendapat rekomendasi kawanku di FB tadi, dimana tempat membeli laptop secara online yang mudah, aman dan terpercaya. Dan bagi anda yang membaca tulisan saya ini, maka saya bisa merekomendasikan sebuah toko online yang menjual laptop bekas terpercaya, dan saya sudah membuktikannya sendiri.

pengalaman beli laptop online
Lenovo Thinkpad X240

Tentu karena ini laptop bekas, maka anda jangan terlalu berharap besar dengan kondisi laptop yang akan dibeli. Jangan kaget jika laptop yang dibeli ternyata tidak semulus yang dibayangkan. Namanya juga bekas, maka kita harus siap menerima kondisi itu.

Untuk nama toko laptop thinkpad bekas rekomendasi dari saya, silahkan bisa dilihat di paragraf terakhir tulisan ini.

Tips Membeli Laptop Lenovo Thinkpad Secara Online

Berikut ini saya berikan beberapa tips yang berguna jika anda ingin membeli laptop secara online.

  • Beli di Marketplace
  • Bukannya tidak merekomendasikan toko online langsung, tetapi karena laptop adalah barang elektronik yang harganya mahal (jutaan), saran saya lebih baik beli di marketplace sehingga apabila barang sudah sampai ke tangan kita dan tidak sesuai dengan kesepakatan dengan penjual, maka akan mudah melakukan pengembalian. Memang ada beberapa penjual online langsung yang sangat terpercaya. Ya silahkan kalau menemukan toko online terpercaya seperti itu.

  • Lihat Kredibitas Penjual
  • Hal yang sangat penting yang harus dilihat ketika membeli barang secara online adalah kredibilitas sang penjual. Apakah beli secara langsung ke toko online maupun melalui marketplace, kredibilitas sang penjual hal yang paling utama. Maka pilihlah penjual yang memiliki rating tinggi, atau yang memiliki follower banyak dan sudah banyak testimoninya.

  • Testimoni / Review
  • Jika anda memutuskan membeli laptop di marketplace, maka silahkan dilihat testimoni atau review dari laptop yang akan dibeli. Berapa banyak pembeli yang sudah melakukan review atas barang yang mau dibeli. Jika jumlah review nya banyak, maka laptop itu layak untuk dibeli. Jika belum ada review, maka akan banyak resiko ketika membelinya. Lebih baik anda mempertimbangkan untuk beli laptop yang review nya sudah banyak.

  • Kenali Laptop yang akan Dibeli
  • Meskipun review sudah banyak, kita perlu jeli melihat detil laptop yang akan dibeli. Semisal laptop saya yaitu Thinkpad X240, saat saya membelinya, ternyata saya baru sadar ketika barang sudah saya terima yaitu touchpad nya tidak sama dengan kebanyakan laptop. Misal untuk klik kanan, jika kebanyakan laptop hanya dengan klik kanan bawah, maka pada Thinkpad X240 kita menggunakan teknik dua jari. Jadi, jika kita tidak mau kecewa ketika barang sudah datang, sebaiknya kenali sedetil mungkin laptop yang akan dibeli.

  • Tanyakan Hal-hal yang perlu Disepakati Bersama dengan Penjual
  • Sebelum kita mentransfer dana, sebaiknya kita perlu mengkonfirmasi hal-hal yang perlu disepakati dengan penjual? antara lain seperti berikut ini:

    • Cek spesifikasi dari Laptop yang hendak dibeli, pastikan boot tidak dipassword, karena di beberapa laptop bekas dijumpai boot dalam kondisi ter-password. Kemudian tanyakan juga apakah windows-nya original atau bajakan. Kalau yang ini biasanya ini sudah ditulis pada pemaparan iklan si penjual.

    • Apakah dilengkapi dengan charger, karena jika tidak dapat charger maka laptop akan sia-sia (tidak bisa di-charge).

    • Apakah dilengkapi dengan atribut seperti tas laptop. Kebanyakan penjual tidak memberikan fasilitas ini. Jika ada, maka ini menjadi poin tambah. Tetapi bagi saya, kualitas laptop adalah yang utama, ada tas atau tidak yang penting laptopnya berkualitas juara.

    • Apakah ada cacat pada barang yang hendak dibeli. Penjual yang baik dan terpercaya biasanya akan memberikan informasi terkait kekurangan (cacat) pada barang yang dijual. Sehingga nanti ketika barang sudah diterima, maka itu akan meminimalisir komplain yang kita berikan sebagai pembeli kepada penjual. Bukankah etika jual beli adalah keterbukaan pada barang yang hendak diperjual-belikan.

    • Detil proses pengiriman. Tanyakan pada penjual, apakah laptop dikirim dengan packing kayu dan ditambah dengan bubble wrap. Setahu saya untuk pengiriman barang elektronik, packing kayu dan bubble warp adalah hal yang standard. Tetapi pastikan hal ini sebelum anda transfer.

beli thinkpad x240 tokopedia
Laptop Lenovo Thinkpad Bekas harga dibawah 5 juta

Mungkin itu adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin membeli laptop secara online. Untuk toko rekomendasi saya adalah Toko Shoozay (tokopedia). Saya pengalaman membeli dari toko ini dan pelayanannya cukup memuaskan. Meski laptop bekas, tapi serasa baru.




Related Post



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates