Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Sunday, July 1, 2018

0 Cara Menumbuhkan Minat Baca, Belajar dari Anies Baswedan dan Pandji Pragiwaksono

Kemarin saya melihat sebuah tayangan video dari Gubernur terpilih Jakarta Anies Baswedan yang memberikan pidato singkat dalam sebuah acara pendidikan. Pada kesempatan tersebut beliau menyinggung tentang kurangnya minat baca dari masyarakat Indonesia. Beliau mengutarakan bahwa sebenarnya minat baca orang Indonesia itu lumayan tinggi, hal ini dibuktikan ketika kita betah berlama-lama untuk membaca Whatsapp (WA) atau timeline Twitter/Facebook. Namun daya baca kita yang masih rendah, buktinya ketika tulisan di WA panjang, maka biasanya kita skip dan malas untuk melanjutkan membaca. Bukti lainnya lagi, biasanya kita menghindari membaca buku yang tebal, atau kalaupun sudah membaca biasanya mudah sekali mengantuk. Maka inilah yang terjadi, minat untuk membaca lumayan tinggi, namun kemampuan daya baca kita yang masih rendah. Padahal wawasan dan pengetahuan itu salah satunya dibangun oleh kemampuan daya baca.

cara menumbuhkan minat dan daya baca

Pertanyaan : Bagaimana men-sinkronkan antara minat baca dengan daya baca?
Adalah Pandji Pragiwaksono, seorang komikus terkenal di Indonesia yang di dalam Vlog-nya berhasil menjawab pertanyaan ini.

Kita sering bertanya, bagaimana caranya menumbuhkan MINAT BACA? dan pada akhirnya kita tidak jua menemukan jawabannya. Kemudian kita berpikir, jangan-jangan pertanyaannya yang salah. Bukan 'bagaimana caranya menumbuhkan minat baca", melainkan "bagaimana cara menumbuhkan MINAT? Karena menurut Pandji, jika seseorang sudah menemukan minatnya, maka biasanya dia akan mampu melahap referensi apapun yang berhubungan dengan minat tersebut. Dan salah satu referensi tersebut bernama BUKU.

Kita ambil satu contoh, jika anda suka sekali nonton sepak bola dan hal-hal yang berhubungan dengan bola, biasanya anda akan mudah membaca analisa-analisa atau ulasan-ulasan pertandingan dari pakar bola di majalah atau website. Nah, itu menunjukkan daya baca anda sebenarnya bisa tinggi. Hal ini dikarenakan anda sudah memiliki minat terhadap bola, sehingga referensi bacaan tentang bola menjadi daya tarik bagi anda.

cara menumbuhkan minat untuk membaca adalah dengan passion

Maka sekarang temukan MINAT anda yang membangun, maka dengan sendirinya anda akan memiliki daya baca yang tinggi karena itu berhubungan dengan minat dan passion anda.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.



Related Post



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates