Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Kamis, 13 Maret 2014

17 Cara Membuat Tumblr SEO Friendly

Cara Membuat Tumblr SEO Friendly



Pada tulisan sebelumnya, saya sudah membahas mengenai pemanfaatan Tumblr untuk optimasi SEO. Dan masih berbicara di tema yang sama, kali ini saya masih berkutat tentang media sosial yang satu ini. Kita paham bahwa Tumblr adalah media blogging yang paling sederhana dan paling mudah jika kita bandingkan dengan saingannya seperti blogspot atau wordpress. Jadi blogger pemula yang ingin mulai menulis tema apapun di internet, dia bisa langsung memanfaatkan Tumblr ini. Namun, harus kita juga sadari bahwa Tumblr belum teroptimasi dalam hal SEO (Search Engine Optimization) secara baik. Kalau kita lihat di bagian template-nya, kita akan menemukan sebuah source code yang begitu sederhana untuk tampilan sebuah website/blog. Maka kita perlu melakukan optimasi. Dan ini yang akan dibahas pada coretan singkat di postingan ini.


SEO friendly maksudnya adalah bagaimana blog/website kita bisa dengan mudah dicari oleh mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lain-lain. Jika blog kita mudah dicari oleh mesin pencari, artinya dengan mudah blog kita akan menempati SERP (Search Engine Result Page) yang baik dan pada akhirnya kita bisa mempolulerkan blog/website kita.


Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat Tumblr SEO Friendly.

Membeli Domain Sendiri.

Dengan mengubah alamat domain dari Tumblr ke domain sendiri ini akan membuat blog kita menjadi lebih berwibawa dan mudah dicari oleh search engine. Mengenai bagaimana mengubah sebuah blog gratisan ke domain berbayar? silahkan lihat tulisan saya : Bagaimana mengubah domain blogspot ke domain .com. Meskipun pada tulisan tersebut saya menggunakan blogspot, tetapi sebenarnya pada prinsipnya sama saja. Mungkin nanti jika ada waktu luang, saya akan membahasnya lebih spesifik.

Gunakan Media Sosial.

Buat akun di berbagai media sosial yang ada seperti Facebook, Twitter, G-plus, Pinterest. Mengapa harus menggunakan media sosial? karena salah satu cara terbaik dalam teknik marketing blog adalah dengan be everywhere. Pastikan memanfaatkan seluruh media sosial untuk mempromosikan setiap tulisan/postingan dari Tumblr. Maka kemungkinan Tumblr kita akan semakin dikenal luas oleh pengguna internet.

Optimasi template dari Tumblr.

Langkah pertama : html

Kenali template HTML dari Tumblr kita. Masuk ke bagian setting, kemudian masuk lagi ke bagian Theme Customize, dan kitapun bisa langsung mengedit Html dan mulai optimasi code-nya.

Langkah kedua : Upgrade Metas and Post Summary

Tambahkan title, description tags dan keywords. Silahkan gunakan kode dibawah ini untuk edit title dan description tag
<meta name=”title” content=” {block:PostSummary}{PostSummary} - {/block:PostSummary}{Title}” /">

Untuk keywords, silahkan gunakan code berikut ini :
<meta name=”keywords” content=”{block:Permalink}{block:Posts}{block:Tags}{Tag}, {/block:Tags}{/block:Posts}{/block:Permalink}” >
<meta name=”description” content=”{MetaDescription}” >

Sedangkan untuk <title> tag, tambahkan code berikut ini :
<title> {block:PostSummary} {PostSummary} - {/block:PostSummary} {Title} </title>

Langkah Ketiga : Lakukan indexing Tumblr.

Silahkan masuk ke bagian Advanced setting, kemudian lakukan centang 'Allow search engines to index your blog'. Ini akan membuat blog kita di Tumblr mudah terindex oleh search engine.

Submit Tumblr’s blog/website sitemap.xml ke dalam Google Webmaster Tools, Yahoo Site Explorer, and Bing Webmaster. Untuk membuat sitemap.xml di Tumblr sangatlah mudah karena secara otomatis, Tumblr generate sitemapnya. Jadi ktia tidak perlu repot-repot untuk membuat sitemap-nya.

Include h1 code

Masukkan kode h1 di dalam template html Tumblr kita. Cari kode {block:Title} kemudian diganti : {block:Title}<h1>{Title}</h1>{/block:Title}



Related Post



17 komentar:

  1. Wah trimakasih sharenya.. tapi masih bingung utak atik tumblr..
    Mklum masih baru Kenal....

    BalasHapus
    Balasan
    1. @sketselrotan : iya silahkan mencoba dan semoga berhasil

      Hapus
  2. Informasinya bagus gan . Terimksh banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah berkenan mampir di gubug kami.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Terima kasih atas apresiasinya mas Axxel.

      Hapus
  4. klo saya sih cuma posting doang, eh trnyata ada cara lain lagi.. ok, patut dicoba... ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. @blogger Nusantara : Silahkan mencoba blogger nusantara.

      Hapus
  5. obat herbal alami untuk jantung..

    BalasHapus
  6. terima kasih atas infonya gan...
    http://harry-kusumo.blogspot.co.id

    BalasHapus

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates