Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Tuesday, November 6, 2012

53 Percakapan Para Penjual Bersahaja

Matahari mulai tenggelam di ufuk barat. Aku mendekat ke jendela kantor dengan tirai yang masih terbuka separuh. Ah, sudah gelap rupanya. Kulihat dibalik jendela di lantai dua kantorku ini, beberapa motor terlihat lalu lalang mulai menyalakan lampu. Akupun berbalik, terpampang diatas meja kerjaku, segelas kopi rasa mocca yang sudah habis, juga laptop kesayangan yang masih menyala. Segera aku membereskannya. Mematikan laptop dan memasukkan ke dalam tas. Juga membawa gelas kopi mocca ke dapur. Kurasakan badanku sudah sangat capek hari ini. Aku ingin segera pulang. Subhanallah, hari ini aku sangat lelah, meski tanpa satu peluhpun menetes.

Setelah menunaikan sholat maghrib di masjid tak jauh dari kantor, kugelak motorku menyusuri jalan yang sudah penuh dijejali dengan para pengguna jalan lain. Ah, mereka sama sepertiku, pulang membawa kelelahan. Kota ini macet sekali. Aku memilih melewati jalan tikus di belakang kantor. Inilah dilema ketika pulang dari kerja, susahnya mencari makanan yang sehat. Kebanyakan dari mereka menjajakan ayam goreng, sate, nasi padang, mie ayam dan bakso. Kalau sudah petang begini, susah sekali mencari nasi dengan sayur di kota ini.

suara hati sampai ke hati


Merasa tak ada pilihan lain, akhirnya aku menghentikan motorku di depan sebuah gerobak dorong penjual sate padang. Abang penjual menengok dari balik gerobaknya menanyakan padaku sambil mengacungkan jari telunjuk, "Dibungkus ya bang? satu?". Aku mengangguk mengiyakan. Kulihat disamping gerobak penjual sate ini ada dua lagi penjual lain namun membawa box dagangannya diatas motor. Mereka berdua pedagang bakso keliling memakai motor. Satu dari mereka kemudian mendekati penjual sate padang, mengajak ngobrol sambil bercanda. Sedikit banyak aku mendengarkan apa yang mereka bicarakan.

Penjual sate bertanya kepada penjual bakso, "Gimana jualan hari ini bang?". "Yaa lumayan lah bang". "Masalah rejeki mah udah ada yang ngatur, kita tugasnya hanyalah berusaha", lanjut abang itu. Subhanallah, ini yang ngomong bukan ustadz, bukan pula ulama. Ini yang berbicara adalah praktisi di lapangan, sang penjual bakso yang bersahaja. Rasanya jleb banget di hatiku. Ditambah lagi, nasihat itu tidak ditujukan langsung kepadaku, aku hanya mendengarnya tak sengaja.

Maka benarlah apa yang menjadi kalimat terkenal seorang ulama : Imam Ahmad bin Hambal RA, bahwa "Hanya suara hati yang sampai pada hati seseorang". Yah, karena perkataan penjual bakso yang bersahaja tadi, pastilah berasal dari hati. Suara hati, yah, dia laksana pancaran mentari yang menghangatkan rumput dalam dinginnya pagi.



powered by : Toko Buku Hanan

Related Post



53 comments:

  1. Ya, mungkin (baca : insya Allah) orang2 seperti inilah yang harus "dimunculkan" untuk terlaksananya sistem muamalat islam demi-lagi2-kemakmuran umat. Andai (berharap) orang2 islam yang bermuamalat benar2 islami menjalankannya. Penjualnya jujur, barangnya halal, alat tukarnya seimbang, maka yang pasti pembelinya pun akan berlarian mendatanginya.
    Teman2, jika ini harapan kita bersama maka inipun menjadi tanggung jawab kita bersama juga. Mari kita memulai, jangan lama2. Mari dari diri kita sendiri, dan tidak mengirikan orang lain. Menapaki dari yang kecil, dan meniti dakian tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup. sepakat banget mbak!!

      yuk dimulai dari diri sendiri dan lingkungan kecil kita.

      Delete
  2. Masya Allah, sesuatu mas, nasehat bisa datang dari mana saja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi. kali ini datang dari penjual bakso keliling.

      Delete
  3. biasanya mereka lebih tawakal, pagi-pagi bawa dagangan banyak dan berharap sore pulang membawa uang banyak. Padahal di pagi hari uang itu hanya bayangan, namun di sore hari bisa jadi kenyataan, atau sebaliknya, tetap menjadi bayangan, dan mereka bersabar atas semua itu.

    ReplyDelete
  4. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    ReplyDelete
  5. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    ReplyDelete
  6. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    ReplyDelete
  7. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  8. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    ReplyDelete
  9. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    ReplyDelete
  10. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  11. saya akan mencoba tipsnya yang sangat bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  12. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    ReplyDelete
  13. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  14. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    ReplyDelete
  15. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    ReplyDelete
  16. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  17. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  18. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  19. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  20. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    ReplyDelete
  21. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  22. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  23. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    ReplyDelete
  24. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    ReplyDelete
  25. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  26. Wibesite yang menarik di dalamnya banyak Artikel dan Tips yang mengandung Ilmu Pengetahuan, Harus dicoba.Terimakasih

    ReplyDelete
  27. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    ReplyDelete
  28. saya senang setelah membaca tipsnya,pasti saya akan di coba..

    ReplyDelete
  29. terimakasih tips yang sangat amazingnya, pasti saya akan coba tipsnya

    ReplyDelete
  30. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  31. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    ReplyDelete
  32. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    ReplyDelete
  33. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  34. Artikel yang benar benar sangat infomantif dan Kreatif. boleh dicoba, sukses selalu

    ReplyDelete
  35. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    ReplyDelete
  36. Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

    ReplyDelete
  37. Kita tidak boleh kalah dengan mereka, terus semangat dalam mencari rejeki yang halal untuk keluarga yang kita kasihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar banget kang. Wah jadi tambah semangat nih saya :)

      Delete
  38. ikut menyimak saja nih, sukses buat info-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah ikut menyimak.

      Delete
  39. bener banget gan ,,jadi terharu saya bacanya

    ReplyDelete
  40. wah jaga silaturahmi kawannnnn http://goo.gl/DuMNbi

    ReplyDelete
  41. Nyimak saja itung-itung silaturahmi gan...he

    ReplyDelete
  42. For assistance, contact your network support team. obat tipes

    ReplyDelete
  43. thnks gan atas infonya http://goo.gl/UfwqO0

    ReplyDelete
  44. sangat bermanfaat aja nih pak informasinya !!

    ReplyDelete
  45. Thank you for all that you have given to me, hopefully all of these are useful for all of us.
    manfaat ace maxs

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates