Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Saturday, November 3, 2012

8 Pentingnya Mempersiapkan Pendidikan Anak

Memasuki babak baru kehidupan saya, perlu sebuah pemikiran yang matang dan komprehensif untuk menyongsongnya. Sebagai orang tua, anak adalah investasi yang luar biasa. Tak hanya di dunia, tapi juga di akherat kelak. Sebagai investasi, maka perlu persiapan yang sempurna untuk membentuk kepribadian rabbani kepada anak kita. Pendidikan seperti apa yang ingin kita berikan kepada anak kita, tergantung dari kemauan kita sebagai orang tua. Ingin cenderung ke duniawi saja, akherat saja, atau seimbang antara keduanya.

Beberapa waktu yang lalu sempat berdiskusi dalam sebuah forum di FB, bagaimana gilanya sistem pendidikan yang disematkan kepada anak-anak didik kita sekarang ini. Mereka dijejali begitu banyak les tambahan dan kesemuanya ditekankan pada sisi intelektualitas saja. Cerdas secara akalnya saja. Sedangkan secara ruhiyah, mereka minim. Maka kita bisa lihat, mereka menjadi mudah galau dan kosong. Ketika kosong, maka akan mudah dijejali dengan hal-hal yang negatif. Pendidikan iman dan Islam kurang merasuk, karena memang hanya diberikan 2 jam pelajaran saja dalam seminggu. Itu mungkin salah satu sebab kenapa pelajar saat ini mudah sekali terprovokasi untuk tawuran. Salah satunya karena pondasi iman yang kurang tertancap di dalam hati.

pendidikan anak islami


Saya adalah produk dari sekolah yang hanya serius menanamkan sisi intelektualitas saja. Sangat sulit untuk menghafalkan Al Quran jika pondasi iman kita tidak mantab. Memegang Al Quran beberapa menit saja, terasa berat karena tidak dilatih sejak dini. Berbeda dengan mereka yang sudah terlatik sejak kecil dengan lingkungan yang mendukung. Lingkungan tempat kita bernaung sangat mempengaruhi kebiasaan kita. Sebenarnya bukan masalah bersekolah di sekolah umum atau khusus, tetapi lebih kepada lingkungan seperti apa yang ingin dibentuk. Kita mungkin bisa menerka, kenapa lingkungan kampus teknik (LDK) ada yang lebih 'islami' dari lingkungan kampus universitas Islam. Lingkunganlah yang membentuk mereka, bukan hanya label nama saja.

Beberapa waktu yang lalu, saya melihat melihat profil sekolah yang didirikan oleh Ust Budi Ashari dan Ust Muhaimin Iqbal (gerai dinar) di situs youtube. Bisa dilihat profilnya disini : Kuttab Al Fatih. Ah, ingin sekali menyekolahkan putri saya Hanan di tipe sekolah seperti ini. Pendidikan yang serius menancapkan pondasi iman yang kuat sejak dini. Pendidikan yang melahirkan generasi rabbani, insyaAllah. Bismillah.


powered by :
Toko Buku Hanan

Related Post



8 comments:

  1. bener sekali mas fifin...pendidikan di sekolah kita hnya intelektualitas yang ditinggikan, ada jam tambahan sampai sore sedangkan untuk urusan agama, keimanan dan ketakwaan sangat minim sekali. kita jadi orang tua lah yang mau tak mau harus pandai menyikap hal tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga kita diberikan kekuatan dan kemudahan untuk bisa membentuk generasi yang tak hanya tinggi dalam intelektualitas, tapi lebih penting dari itu yakni kuatnya aqidah dan keimanan. aamiin.

      Delete
  2. Mari kita bangun di magetan kang, sekolah yang ente idamidamkan itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. subhanallah. Ayo kang... !! kuatkan AMF!!

      Delete
  3. Mari kang, kita bangun. Sekolah yang ente diamidamkan di magetan.

    ReplyDelete
  4. Waahh...ustadz budi ashari ini salah satu ustadz favorit saya. Banyak belajar shirah dari acaranya di trans7. Keren, ternyata beliau punya sekolah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ris, beliau bersama pak muhaimin iqbal (gerai dinar) mendirikan sekolah kuttab al fatih.

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates