Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Wednesday, September 12, 2012

10 Sahabat Sejati Itu

Orang bilang sahabat itu bukan teman, dan teman juga bukan pula sahabat. Keduanya sejatinya berbeda. Sahabat memiliki tingkat kedekatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan sekedar teman. Teman belum tentu mengenal hati kita, namun sahabat justru sudah mengisi sudut-sudut ruang di hati kita. Ketika terkadang teman justru menjauh ketika kita meminta pertolongan dengan mengatakan "sorry bro, hari aku agak sibuk, moga masalahnya cepat kelar yah". Namun di saat yang lain sahabat justru akan mendekat dengan mengatakan "Masalah loe apa sih bro, InsyaAllah gw bantu deh. Apa sih yang nggak buat loe! ^_^". Begitulah sahabat, ketika jalinan persaudaraan sudah mengakar kuat, maka apa yang menjadi kepentingan saudaranya akan menjadi kepentingannya pula.

Namanya pergaulan, tak jarang perselisihan dan perbedaan pendapat diantara dua sahabat kerap terjadi. Jadi ingat saya beberapa kali terlihat perselisihan dengan sahabat karib. Sungguh sangat menyakitkan ketika ada seorang sahabat yang mengatakan sesuatu yang mengecewakan kepada kita. Dan ketika pada saat yang sama, hati ini mengenang saat-saat kebersamaan dan keceriaan dengannya. Sedih, rasanya mata ini sudah panas menahan air mata untuk tidak tumpah. Rasanya pilu dan bertanya-tanya, kenapa terjadi hal seperti ini. Beginilah sahabat, tak hanya melibatkan akal dan pikiran, namun juga hati dan perasaan yang terdalam.

persaudaraan ukhuwah

Baginda Nabi Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam tidak mendefinisikan orang-orang yang berada di sekelilingnya dengan panggilan guru dan murid, tetapi sahabat. Sungguh persahabatan yang paling mulia adalah persahabatan yang didasarkan pada cintanya kepada Allah Azza wa Jalla. Rosulullah bersabda dalam riwayat Al Bukhari, Abu Dawud, Ibnu Hibban dan Al Hakim bahwa, "Tidaklah dua orang saling mencintai karena Allah, kecuali yang paling besar cintanya diantara keduanya adalah yang lebih mulia.". Sahabat sejati itu adalah sahabat yang dipersatukan oleh Allah dalam bingkai iman dan ukhuwah.

Ah, benar-benar buku yang beberapa hari menjadi santapan baca selepas isya ini meracuni setiap tulisan-tulisan saya. Ketika buku ini membahas mengenai bagaimana persahabatan dan persaudaraan yang mulia pada generasi sahabat, maka tulisan di blog inipun membahas yang sedemikian rupa. Yah, karena hal-hal seperti itulah yang di pagi nan cerah ini muncul dan meronta-ronta ingin keluar untuk dituliskan.

Related Post



10 comments:

  1. Jadi penasaran mas Fifin lagi baca buku apa.. Hehe...

    Hmmmm.. terkadang persahabatan itu rumit. Tidak sesederhana saat kita harus mendefinisikan ikatan yang lainnya. Tapi yaaa justru disitulah uniknya. Nahh, jadi pengen bikin tulisan tentang sahabat juga dehh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he. Ntar saya mau bikin resensinya dari buku itu. Ditunggu yah ^_^

      iya mbak, persahabatan memang rumit, karena sudah melibatkan hati, maka bukan ada lagi masalah logika.

      Delete
  2. sahabat juga bs jd seperti bagian dr keluarga kita.. karena sahabat biasanya suka mengerti kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar mbak ke2nai. Sahabat sudah menjadi bagian dari keluarga kita. Bahkan seringkali kita malah sering curhat kepada sahabat daripada curhat kepada keluarga kita sendiri yang notebene terhubung dengan ikatan darah.

      Delete
  3. Sahabat sejati adalah yang selalu menasehati dan tidak menjerumuskan, ia ada di kala senang maupun susah. Semoga umurnya bermanfaat di waktu sehat maupun sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini definisi sahabat versi mas Andik Rasida. Kereen :)

      Delete
  4. Dengan tidak menafikan begitu dahsyatnya peran sahabat bagi hidup kita, pernah ada yang bilang ke saya : sahabat adalah kandidat terbesar musuh bebuyutan kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang terkadang seperti itu mbak. Biasanya itu terjadi karena dikianati, atau pacar di rebut dan sebagainya.

      Delete
  5. benar, atau bisa pula karena bermuamalat perkara dunia yang tidak bersyar'i

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. Maka mari kita cari sahabat yang sesuai tuntunan Allah dan Rosul-Nya. Yakni sahabat dalam ikatan iman dan Islam.

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates