Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Kamis, 16 Agustus 2012

4 Penggunaan Google Analytics

Salah satu cara untuk mengetahui statistik yang lengkap dari blog kita (plaform blogger) adalah dengan menggunakan google analytic. Dengan google analytic, kita bisa melihat statistik lebih detail bagaimana jenis pengunjung blog kita. Apakah pengunjung blog kita kebanyakan berasal dari teman blogger saja, atau berasal dari hasil search engine. Berapa persen perbandingan antara keduanya, bisa kita ketahui dengan mudah jika kita menggunakan google analytic. Perlu diketahui juga bahwa pengunjung blog yang berasal dari hasil search engine, memiliki nilai plus tersendiri di mata mbah google. Dan bagi teman-teman yang bergabung dalam KPD (komunitas pencari dollar), maka nilai hasil klik adsense yang berasal dari search engine juga jauh lebih besar dibandingkan dengan nilai klik dari pengunjung yang langsung mengetikkan alamat blog kita di browser.

Berikut ini adalah poin lengkap dari beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh google analytic terhadap perkembangan blog kita. Saya rangkum sendiri dari pengalaman saya dalam menggunakannya beberapa bulan terakhir. Jadi jika ada beberapa poin keuntungan yang terlewat, mohon dimaklumi. Teman-teman juga bisa menambahkannya jika ada yang kurang ke dalam kotak komentar.
  • Bisa melihat kelakuan (behavior) pengunjung lebih detail.


  • google analytic


    Pada fungsi ini, kita bisa melihat apakah pengujung blog kita sebagian besar berasal dari hasil blogwalking, atau berasal dari search engine. Seperti pada kasus blog saya, terlihat 84,93% adalah new visitor. Dalam artian, blog saya lebih banyak pengunjung baru daripada pengunjung lama. Sehingga bisa dipastikan kebanyakan pengunjung blog saya berasal dari hasil search engine, dibandingkan dengan kunjungan teman-teman blogger. Karena dapat dipastikan jika kunjungan berasal dari teman-teman blogger, pasti masuk dalam returning visitor.

  • Bisa melihat sumber traffic


  • belajar google analytic


    Pada contoh blog ini, bisa terlihat bahwa trafik kebanyakan berasal dari hasil pencarian (sekitar 65%). Referral trafik disini maksudnya adalah trafik yang berasal dari hasil berkunjung di blog lainnya. Contohnya adalah sebagai berikut : semisal orang berkunjung di blog saya, trus di bagian kanan terdapat link sahabat. Jika link tersebut di klik, maka blog sahabat itu akan mendapatkan trafik referal dari blog saya.

  • Statistik Konten


  • google analytic 2


    Sebenarnya fungsi yang ini terdapat juga pada blogger bawaan default. Tapi khusus di google analytic, kita juga bisa melihat berapa besar unique pageviews, berapa lama rata-rata orang berkunjung di konten tersebut. Sehingga kita bisa tahu konten mana yang paling disukai pengunjung sehingga mereka betah berlama-lama untuk membacanya.

    google analytic 3
Demikian beberapa fungsi yang bisa kita dapatkan dari penggunaan google analytic untuk peningkatan kualitas blog. Pasti pertanyaan berikutnya ada teman-teman blogger adalah bagaimana cara menggunakannya. Karena tulisan ini sudah cukup padat, maka tulisan tentang bagaimana menggunakan google analytic akan saya bahas pada postingan berikutnya.

Semoga bermanfaat. Salam Inspirasi Coffee!

Related Post



4 komentar:

  1. kalau di wordpress juga ada tuh uraian tentnag pebgunjung yang datang dr search engines Fin, tapi kayaknya yg kau uraiakan di atas lebih komplit

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak. Di blogger bawaan default juga ada statistik pengunjung. Tapi tidak selengkap jika kita menggunakan google analytic.

      Hapus
  2. Met Lebaran ya Fin, maaf lahir bathin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya terima kasih mbak ely. Taqabalallahu minna wa minkum shiyamana wa siyamakum. Mohon maaf atas segala khilaf.

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates