Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Wednesday, March 7, 2012

10 Senarai Es Doger

Sudah dua tahun terakhir ini saya mengenal minuman nyentrik yang satu ini. Dengan perpaduan berbagai bahan yang bervariasi menjadinya minuman ini kaya rasa. Ada es cream, roti, peyeum, sirup, cincau, dan ketan. Namanya es doger. Berasal dari gabungan suku kata 'do' dan 'ger'. 'Do' diambil dari kata dorong, sedangkan 'ger' diambil dari kata seger. Artinya menjadi : es yang dijual dengan gerobak dorong yang menyegarkan. Ha ha.. ini terjemahan ngawur versi saya. Entahlah saya juga ndak tahu artinya apa, mungkin orang asli Bandung tahu silsilah penamaannya.



Harganya relatif sangat murah. Hanya dengan Rp. 2000,- kita sudah bisa menikmati kelezatan dan kesegaran es ini dalam porsi mini (seperti gambar di atas). Kalau kita mau sedikit berkorban menambah uang seribu lagi, maka dengan Rp. 3000,- kita bisa mendapatkan porsi maksimal (sayang saya tidak punya gambarnya). Es ini dijual menggunakan gerobak dorong. Sejauh pengamatan saya selama ini, es doger ini sangat laris oleh pembeli. Khususnya pada jam-jam istirahat kantor.



Awalnya saya penasaran dengan es yang satu ini, karena baru saya temui penampakannya di daerah setrasari. Di tahun 2008-2009 di daerah ITB dan sekitarnya, tidak pernah saya temui es ini. Kemudian muncul pertanyaan liar, apakah es ini juga hanya bisa ditemui di daerah Bandung saja?. Rasa penasaran saya kemudian berbuntut rasa kaget setelah saya juga menemui gerobak dengan nama sama tapi beda warna di daerah Madiun, Jawa Timur.



Entahlah, apakah komposisi bahan-bahannya sama ataukah berbeda. Saya juga belum pernah mencoba es doger di kawasan Madiun ini. Pasalnya ketika saya mengambil gambar diatas ketika sedang dalam perjalanan menuju Stasiun Madiun, jadi tidak sempat berhenti untuk mencoba es doger versi yang ini.

Keterkejutan saya berlipat ganda ketika saya menemukan gerobak es doger di depan SD Rejosarie Kawedanan, Magetan (tempat istri saya mengajar). Wow, ternyata es doger ada di mana-mana. Mungkinkah ada versi es doger ini di daerah-daerah yang lain?



Pernahkan menikmati es doger kawan?

Related Post



10 comments:

  1. Belum nemu es doger di ponorogo..
    rombongan xirka beli doger jaman lampau itu kok gak tampil bos? hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah foto rombongan xirka dimana yah he he..

      Delete
  2. ini tho yg namanya es dogger, keren ya Fin namanya
    kayaknya belum pernah aku lihat di kampungku sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he iya mbak, saya juga baru tahu ada es seperti itu 2 tahun yang lalu.

      Delete
  3. di jogja juga ada, dulu klo saya bolos kuliah (#eh, gak bolos ding, tapi nunggu kuliah berikutnya) sukanya nongkrong di deket boulevard
    lesehan beli es doger, tapi mahal harganya 6000 semangkok (kayaknya komposisinya lebih lengkap daripada foto di atas)

    tapi sekarang udah gak pake gerobak dorong lagi, jualannya mangkal di food court kampus, nampak lebih elegan walau gak bisa lesehan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mahal bener mbak sampe 6 ribu gitu. Kalau disini 6 ribu udah dapat es buah yang maknyus. Eh iya sih kalau komposisinya lengkap pastinya lebih mahal.

      Delete
  4. i love ur post, keep share^^
    mampir balik ke website kami yaa...
    berbagi pada sesama dengan mengunjungi http://hapeduli.hajarabis.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sudah berkunjung di blog saya.

      Delete
  5. nice :)
    saya senang mengikuti postingan anda
    postingan yang menarik .

    salam kenal yya dan sempatkan mampir ke
    website kami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih sudah berkunjung di blog saya.

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates