Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Monday, December 5, 2011

13 Bekerja Aktualisasi Diri

Hari senin seperti biasa boss besar memberikan nasihat terutama untuk tetap menjaga semangat kami dalam bekerja. Banyak orang bekerja hanya untuk mendapatkan uang yang banyak. Pagi berangkat kemudian sore pulang (ini untuk pegawai kantoran). Atau mungkin rutinitas pekerjaan seorang petani yang mengelola ladangnya tiap hari. Rutinitas yang dikerjakan tiap hari ini kadang kali membuat kita mudah sekali bosan. Saya cukup beruntung bekerja di dunia desain yang sedikit banyak lebih menggunakan kreatifitas sehingga cenderung tidak mudah jenuh. Walau kadang-kadang sesekali mengalami kebosanan juga, jika apa yang saya kerjakan tidak selesai-selesai (misal ada bug yang susah sekali dipecahkan).

Dalam meeting yang diadakan seminggu sekali ini ada seorang rekan yang mengutarakan pendapatnya. Bahwa bekerja itu ada levelnya. Apakah kita pada tingkatan menyukai pekerjaan kita (sering disebut dengan tingkatan loyalitas)?. Apakah kita pada level terpaksa melakukan pekerjaan ini?, sehingga cenderung mengerjakannya asal-asalan. Dan level lain-lainnya yang sayang saya lupa ^_^. Namun ada satu hal yang menarik perhatian saya. Rekan saya mengatakan tentang level bekerja untuk aktualisasi diri. Hemm menarik juga istilah bekerja untuk aktualisasi diri, meskipun kalimat ini mungkin bisa memiliki makna cukup relatif dan luas.

Apa makna bekerja bagi anda?

Related Post



13 comments:

  1. bekerja adalah beribadah, Bung! yakin dah gak bakalan bosan

    ReplyDelete
  2. bekerja untuk aktualisasi diri. menarik. jauh lebih baik jika seperti itu daripada hanya berpegang pada gaji, materi, royalti, ato apapun itu istilah lainnya.

    ReplyDelete
  3. Banyak makna bekerja buat saya... beribadah (seperti yang disebut puchsukahujan), aktualisasi diri, mencari ilmu, melatih kedewasaan... banyak deh :D

    ReplyDelete
  4. aku bekerja karena memang suka dengan pekerjaanku sebagai guru. suka dengan atmosfir-nya, suka dengan murid-muridnya. alhamdulillah kalo memang bisa menjadi ladang amal :)

    ndutyke.com

    ReplyDelete
  5. Saya sebenarnya tahu kok fin kenapa pak trio sampai bilang seperti ini "Untuk tetap menjaga semangat kerja kami". Ya maklum fin perusahaan kita, sedang dilanda resign engineer bertubi-tubi, dari saya, mas muri dan yg terakhir teh felis. mesti ini situasi yang berat buat perusahaan. hampir semua orang ini top engineer di hardware. Disisi lain sedih jg melihat semua orang pada resign. Sebenarnya mungkin kita lupa telah banyak yg kita peroleh, dan kebanyakan berpikir belum mau serius disini.

    Bekerja itu komplek menurut saya, ada sisi real dan imaginernya. Realnya adalah kita membangun segi keahlian & keilmuan kita, tapi sisi imaginernya kita membangun sisi sosial dan management. Bekerja lah pada perusahaan yang membuat kita menjadi seseorang yg bervalue bukan menjadi sebuah robot / machine. Bukan menjadi seorang yg terlatih, tapi menjadi seorang yg beredukasi. Pencapaian ilmu, posisi, penghargaan salary itu penting sebagai upaya untuk mempersiapkan diri kita mulai dari sekarang demi masa depan. Kita tidak akan tahu 10 tahun lagi mungkin kita akan menjadi orang yg berbeda atau sama. Ini semua tergantung dari apa yg kita persiapkan dari sekarang.

    ReplyDelete
  6. Bekerja adalah kesenangan. Menjadikan kita seperti air mengalir, bergerak dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. @Tyka Ndutyke : wah berarti mbak tyke udah pada tahap bekerja dengan loyalitas dan kesenangan. dah mantebs banget itu mbak..

    @iput : wah bener banget put. Belum genap setahun di Korea makin bijak aja put kata-katamu.
    menarik dari kalimatmu "bekerja itu komplex, ada real dan imajiner" --~> ini maksudmu bilangan kompleks ya put he he...

    @Dwi Yulianti : yup bekerja dengan perasaan senang..

    ReplyDelete
  8. @armae : up betul banget,..

    @Zico Alviandri : makna bekerja yang banyak semoga semakin berkah..

    ReplyDelete
  9. bekerja itu mengerahkan segenap kemampuan untuk menghasilkan karya terbaik
    salam kenal :)

    ReplyDelete
  10. @catatannyasulung : salam kenal juga... terima kasih sudah berkunjung...

    ReplyDelete
  11. Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung di mari :)

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates