Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Thursday, December 16, 2010

10 Euforia timnas garuda, bumerang atau penyulut?

Masih teringat jelas bagaimana performa timnas garuda yang lagi menggila dalam laga piala AFF 2010. Hasil luar bisa ditunjukkan tim garuda kontra Malaysia 5-1, kemudian menggilas Laos 6-0. Pada laga terakhirpun thailand yang notebene belum pernah kita kalahkan dalam 12 tahun terakhir di ajang yang sama, akhirnya bisa kita kalahkan 2-1. Saat ini bangsa indonesia begitu sangat bangga dengan timnas mereka. Bagaimana orang orang yang tidak suka sepakbola pun begitu mendengar timnas berprestasi, terbakar semangat nasionalisme mereka. Pun presiden Indonesia pak SBY pun tidak ketinggalan, dan berjanji akan menonton langsung laga semifinal melawan philipina di Gelora Bung Karno. 

Bisa dibilang saat ini ditengah banyaknya bencana yang melanda negri ini, prestasi sepak bola timnas ini bisa menjadi penyejuk dan oase di tengah keringnya prestasi persepakbolaan nasional. Bisa kita lihat bagaimana sekarang media eletronik nasional begitu santer memberitakan kemenangan demi kemenangan timnas. Mulai dari sosok irfan bachdim, el loco gonzales, pemain muda 20 tahun yang lagi naik daun okto maniani dan tentunya pelatih alferd riedl sendiri yang sukses meracik komposisi pemain siap tempur. Saya jadi ingat beberapa tahun terakhir rasa kebanggaan masyarakat terhadap timnas sangat kecil, ketika timnas main mungkin prediksi yang muncul adalah halah paling timnas bakal KLKL (kalah lagi.. kalah lagi). Kemudian ketika firman utina dkk bermain cantik dan agresif dalam laga babak penyisihan yang menghasilkan point sempurna dengan kemenangan besar seolah olah kembali menjajikan harapan tinggi akan prestasi timnas yang selama ini dikenal sangat terpuruk. Bahkan bisa dibilang rakyat indonesia bukan haus akan prestasi tetapi sudah LAPAR ^_^. he he lebay ga sih??

Saat ini euforia kemenangan tim garuda sedang menggelayuti di relung hati masyarakat di seluruh indonesia. Sangat unik memang bagaimana sepak bola bisa menggelorakan semangat nasionalisme bangsa Indonesia.



Hari ini timnas akan melakoni laga leg 1 melawan philipina di GBK, saya berharap dukungan yang begitu besar dan harapan yang sangat tinggi digelontorkan ke pundak masing masing pemain tim garuda akan membuat semangat mereka semakin berkobar, bukannya demam panggung tertekan dan akhirnya malah masuk angin. Harapan saya sih jangan ada kejadian penonton yang masuk ke lapangan karena kecewa dengan permainan timnas seperti di bawah ini hik hik...



Melihat laga laga awal yang dimainkan tim philipina sebenarnya mereka bermain juga tidak bagus bagus amat. Benar tim philipina sekarang diperkuat dengan 8 pemain naturalisasi yang kebanyakan bermain di level eropa. Tapi jangan salah, dengan pemain yang serba baru maka kekompakan tim menjadi kendala mereka, egoisme permainan menjadi tantangan mereka, dan jangan lupakan sejarah. Bahwa sejarah mencatat tim philipina belum pernah mengalahkan timnas garuda. Dari 17 kali laga tanding kontra the Askals (julukan timnas philipina), Indonesia menang 16 kali dan satu kali menghasilkan laga imbang.

berikut catatan sejarah kedua tim yang saya ambil dari sumber ini

Head to Head Indonesia vs Filipina

Piala Tiger 2002 13-1
Piala Tiger 2000 3-0
Piala Tiger 1998 3-0
SEA Games 1997 2-0
SEA Games 1993 3-1
SEA Games 1991 2-1
SEA Games 1989 5-1
Piala Asia 1984 (kualifikasi) 1-0
SEA Games 1981 2-0
Olimpiade 1980 (kualifikasi) 4-0
SEA Games 1977 1-1
Piala Presiden 1972 12-0
Piala Merdeka 1971 3-1
Piala Asia 1967 (kualifikasi) 6-0
Piala Merdeka 1962 9-0
Asian Games 1962 6-0
Asian Games 1958 5-2



Tim garuda sendiri bukannya tanpa kendala, kebanyakan pemain yang masih muda menjadi tantangan tersendiri bagi mereka. Bermain di level semifinal tidak bisa disamakan dengan bermain di level penyisihan. Hanya pemain pemain profesional bermental baja yang mampu menguasai dirinya untuk tampil maksimal. Sekaranglah saatnya tim garuda harus menunjukkan prestasi, jadikan prestasi sepak bola sekarang ini menjadi pemersatu bangsa, menjadi kebanggaan bangsa, tunjukkan pada dunia bahwa indonesia adalah bangsa besar dan bukan bangsa pecundang (setidaknya dalam urusan si kulit bundar). Hal yang cukup menguntungkan dari sisi non teknis tim garuda adalah 2 laga semifinal bakal dilakoni di GBK. ayo pendukung timnas garuda buktikan bahwa gelora bung karno adalah kuburan bagi tim lawan..^_^



jadi pertanyaan besar sekarang adalah apakah euforia kemenangan timnas di laga awal ini bakal menjadi bumerang atau penyulut?? kita tunggu hasilnya sore ini ^_^, Ayo timnas buktikan GARUDA DI DADAMU!!!

*semua gambar hasil comot saja dari i-net

Related Post



10 comments:

  1. Pertandingan yg sangat ditunggu masyarakat Indonesia. Semua berharap bahwa Garuda bisa kembali terbang tinggi di tanah Asia Tenggara. Garuda, kamu pasti BISA!!!

    ReplyDelete
  2. wah dah cocok jadi komentator nih...

    ReplyDelete
  3. wihiw mas fifin aktif ngeblog ternyate.. saya link ya. :D

    ReplyDelete
  4. @nur : yah saatnya garuda bangkit...jadi ndak sabar neh menunggu laga nanti malem...
    prediksi hemm 4-0 lah untuk tim garuda..

    @Anonymous : wah sapa nih?? ^_^

    @novakhamsah : iya nyalurin hobi nulis..
    oke tukeran link ya :D

    ReplyDelete
  5. Akhirnya Indonesia berjumpa Malaysia di final. Pertandingan yg bakal panas dan sarat emosi, mengingat tidak hanya dunia sepak bola yg dipertaruhkan, tapi juga harga diri bangsa. Ayo ganyang malaysia lagi!!!

    ReplyDelete
  6. @dhymalk : go garuda!!, btw klo mau tukeran link kok aku tidak melihat list friend dari blogmu yah ^_^ ?

    @NurAhmadi : betul sekali nur, pertarungan dengan timnas malaysia akan memberikan warna tersendiri, mengingat tidak hanya di urusan si kulit bundar tetapi di segala aspek kedua negara memperlihatkan persaingan yang sangat tinggi. Kita lihat saja nanti apakah kekalahan 1-5 akan membuat timnas malaysia ingin balas dendam atau malah jadi lumbung goal bagi amunisi-amunisi garuda..

    ReplyDelete
  7. ya, saya juga setuju. pertandingan final ini pasti bakalan panas. bravo timnas indonesia. semoga jadi juara

    ReplyDelete
  8. iya panas, dan akhirnya beneran prediksi saya, karena ueforia berlebihan akhirnya timnas masuk angin di bukit jalil..

    yuk doakan di GBK timnas main maksimal apapun hasilnya..

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates