Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Wednesday, November 4, 2009

0 Bagaimana meng-upgrade dari Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope ke Ubuntu 9.10 Karmic Koala

Menanggapi ueforia kehadiran ubuntu 9.10 atau biasa disebut Ubuntu Karmic Koala, bolehlah saya sebagai salah satu penggemar OS berbasis opensource ini ikut nimbrung berbagi pengalaman dengan penggemar ubuntu di penjuru dunia yang lain khususnya yang bisa berbahasa indonesia. 

"TULISAN INI TIDAK DISARANKAN DIBACA ORANG YANG SUDAH JAGO / TERBIASA MAIN UNIX / LINUX"

Sebenarnya saya masih cupu di dunia linux ini. Saya memakai ubuntu sejak tahun lalu tepatnya sejak ubuntu 8.10 release. Kemudian pada April 2009 release 9.04 saya pun memutuskan untuk berpindah lagi ke ubuntu yang terbaru . Tapi ketika itu saya tidak mengerti bagaimana cara upgrade-nya. Dari pada susah-susah, akhirnya saya memilih install lagi dari awal. Lagian, ketika itu saya masih menggunakan media WUBI (ubuntu under windows). Ini artinya OS ubuntu masih diangggap program biasa dan bisa setiap saat diremove melalui 'add/remove hardware setting'. 

Dan pada akhirnya, saya berniat dan bertekat bulan untuk bisa menginstall ubuntu yang benar-benar berdiri sendiri sebagai OS (bukan lagi under windows). Setelah mengetahui ubuntu terbaru (ubuntu 9.10 karmic koala) sudah release, rasanya sudah tidak sabar lagi untuk segera mencicipi fitur-fiturnya . Tak pelak lagi, saya pun berniat menginstall ulang lagi laptop saya dan menggantinya dengan ubuntu karmic. Tapi begitulah kelemahannya banyak program-program yang terbuang sia-sia. Saya harus menginstall satu per satu dari awal. Makanya langkah ini sungguh tidak efektif kan. 

Oke langsung saja langkah-langkah proses upgrade-nya. Tapi, sebelum membicarakan proses upgrading, berikut adalah spesifikasi laptop saya :
-ACER aspire 4315
-intel celeron processor 550 (2 Ghz)
-RAM : 512 MB
-HD : 80 GB
Kalau melihat spesifikasi diatas, jadi tidak mengherankan kalau ketika upgrade tidak bisa di kerjakan pararel dengan yang lain karena nanti bisa error. 

Berikut ini cara-caranya gimana upgrading dari ubuntu jaunty (9.04) ke ubuntu karmic (9.10).
1. Persiapan
proses upgrade ini hanya berlaku dari ubuntu 9.04 ke 9.10 . Jadi jika kamu punya versi ubuntu
sebelumnya (8.10 atau sebelumnya) maka tidak bisa langsung upgrade ke ubuntu 9.10. Pastikan semua 'updates' dari ubuntu 9.04 terinstall dulu sebelum ke release yang terbaru caranya mudah dengan buka di terminal dan ketik :

sudo aptitude update && sudo aptitude safe-upgrade && sudo aptitude full-upgrade

2. Memilih mirror
Maksudnya adalah memilih repository untuk proses downloading seluruh packages baru. nah karena kita berada di indonesia saya prevernya milih repository : kambing.ui.ac.id

Settingan untuk memilih mirror adalah sebagai berikut :
a. Buka “Update Manager” (System > Administration > Update Manager).
b. Klik 'settings'.
c. Di dalam tab "Ubuntu Software" ada box yang terlabeli "Download From" nah ini kamu pilih yang dari Indonesia kemudian pilih yang repository kambing.ui.ac.id setelah itu bisa di close dan mulailah kita ke tahap 'upgrading'




3. Proses upgrading.
Proses ini sangat mudah yakni dengan membuka System > Administration > Update Manager
dan biarkan dia menscan adanya updates yang tersedia. Nah nanti klik aja yang tulisan "Check", nanti dia akan menscan bahwa ada ubuntu terbaru yang sudah update yakni ubuntu 9.10 karmic koala...



Perhatian bahwa proses upgrade ini sangat lumayan lama dan membutuhkan koneksi internet
yang cepat. Tapi meski tahap ini memakan waktu yang cukup lama, tapi kita bisa melakukan  sekehendak waktu kita. Karena proses upgrade-nya bukan model 'restart. Proses ini akan "meresume" pada tahap dimana terakhir kita mengupdatenya.

Misalkan pada hari pertama kita sudah sampai ke tahap 10% untuk proses 'download packages' dan kita harus berhenti dulu karena ada keperluan yang lain. It's OK, nanti di hari berikutnya tinggal buka lagi bagian System > Administration > Update Manager. Proses akan kembali meresume download terakhir kita.  selamat mencoba kawan ! 

Related Post



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates