Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Rabu, 02 Mei 2012

4 Pendidikan dan Ilmu

Sebenarnya pagi ini sudah berniat menulis sebuah topik di blog tercinta ini. Namun ide yang saya cari-cari tiba-tiba seperti daun-daun yang berhamburan diterpa angin. Tak satupun yang berhasil tertangkap, kosong. Hanya tersisa remah-remah sisa ide besar yang sudah terlanjur saya celotehkan di dalam akun twitter @fifinnugroho dengan hastag #haripendidikan. Berikut saya dokumentasikan saja jejak ngetuit pagi ini :

1. hari ini #haripendidikan, sangat erat kaitannya dengan menuntut ilmu. #ilmu dalam islam memiliki derajat keutamaan yang tinggi.

2. Kalau kita membaca sejarah, bagaimana para sahabat berlomba2 mencari ilmu kepada Rosulullah. Ciri masyarakat haus ilmu. #haripendidikan.

3. Tak hanya dari kalangan laki2, para sahabiyah tak ketinggalan mengais ilmu. Asma binti Abu Bakar, juru bicara kaum perempuan kpd Rosul.

4. Ilmu & pendidikan menjadi sangat tinggi keutamaan dlm membangun peradaban. Bahkan ilmu hampir setara dgn masalah jihad. #haripendidikan.

5. Kalau kita membaca At-Taubah ayat 122, bagaimana Allah menjelaskan kedudukan ilmu yang sangat tinggi. #haripendidikan.

6. Suatu ketika kaum muslimin diperintahkan berjihad, semuanya bersemangat, keluar dari rumah mereka masing2. Yg tertinggal hanya yg lemah.

7. Maka kemudian turunlah ayat 122 dari surat At-Taubah. Kedudukan ilmu menjadi luar biasa. Belajar & menuntut ilmu menjadi hal yang utama.

8. Ibnu Rusyd selama hidupnya hanya dua malam yg tidak digunakannya untuk belajar, yaitu saat malam pernikahannya & malam meninggal ayahnya.

9. Imam Bukhari menghabiskan waktunya utk menghafal sekitar 100 ribu hadis. Para ulama sungguh telah mewarnai peradaban dunia. Sedang kita?

10. Sebuah refleksi diri pribadi di sejuknya pagi ini. Selamat #haripendidikan. Jayalah Indonesiaku. -sekian-.

Related Post



4 komentar:

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates