Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Selasa, 30 April 2013

4 Karakteristik Waktu

Kita mungkin sering merasa bahwa waktu itu berjalan begitu cepatnya. Seperti tak terasa. Bangun di pagi hari, tahu-tahu senja telah datang menyapa tanpa diundang.  Saat ini kita menghirup udara senja, sebentar lagi pagi sudah kembali datang menyapa. Hari kemarin serasa baru saja menikah, tiba-tiba saja hari ini anak sudah berumur 7 bulan. Yah.. waktu cepat sekali berjalan. Ada salah seorang ulama mengatakan bahwa jika kita memanfaatkan waktu hanya untuk memikirkan diri sendiri, maka waktu itu akan semakin cepat berjalan. Sedangkan jika kita memanfaatkan waktu untuk memikirkan kepentingan banyak orang, maka waktu itu akan berjalan dengan lambat.



Itulah kenapa di dalam istilah orang-orang Jawa bahwa usia hidup manusia di dunia itu hanyalah mampir ngombe. Jika diubah ke dalam bahasa Indonesia menjadi hanya sekedar mampir untuk minum. Sungguh sangat singkat. Atau jika kita ambil dalam nasihat baginda Nabi sallallahu 'alaihi wasallam, hidup di dunia itu ibarat kita mencelupkan jari kita ke dalam samudra yang luas, kemudian air yang masih tersisa di jari kita itu ibarat umur hidup kita di dunia ini, sedangkan samudra luas itu adalah waktu kita di akherat. Sungguh tak berbanding nilainya.

Beberapa hari yang lalu dalam kuliah subuh di tuturkan mengenai apa itu karakteristik waktu. Aku mendengarkan dengan seksama tiap bait-bait nasihat yang diberikan. Hingga aku tertegun sejenak. Sebuah nasihat yang sangat menggetarkan hati.



Bahwasannya waktu itu cepat berlalu, tidak berulang dan mahal harganya. Hingga aku tersadar, apakah aku sudah memanfaatkan waktu ini dengan sebaik-baiknya?.

Dan tibalah sampai waktu kita telah tiba, hingga kita tak tersadar kita sudah berbuat apa?

***
Kota Kembang, 
di penghujung bulan. 

Related Post



4 komentar:

  1. ah, ini inspirasi pagi yang keren sekali
    membutuhkan perenungan panjang untuk menjawab pertanyaan di akhirnya
    terima kasih pak

    saya pun masih bermasalah dalam hal memanfaatkan waktu

    BalasHapus
  2. Kadang tidakdi pungkiri bahwa kita ingin hidup lama, namun mungkinkah hidup lama itu bisa bermakna dan menyelamatkannya?!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas. Hidup lama tidak menjamin keselamatan. Mari terus memperbaiki diri.

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates