Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Friday, April 19, 2013

18 Dunia Hanan : Memilih Sufor Sendiri

Semenjak Hanan baru lahir, sampai umurnya sekarang yang 7 bulan, kami selalu memprioritaskan pemberian ASI kepada Hanan. Sudah banyak artikel-artikel yang membahas bagaimana seharusnya seorang ibu itu harus memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Begitupun kami sebagai orang tua baru. Ingin yang terbaik untuk putri kami tercinta.

Saking fanatiknya kami dengan pemberian ASI eksklusif, sampai-sampai pernah suatu ketika kejadian bundanya Hanan sakit. Karena kondisi bundanya yang begitu lemas dan seringkali muntah-muntah, maka ASI yang keluarpun menjadi sedikit bahkan kurang. Di satu sisi, bunda butuh recovery untuk sembuh, tapi di sisi lain Hanan terus saja mengambil nutrisi bundanya. Maka yang terjadi adalah, bundanya tak kunjung sembuh, dan Hanan pun nangis terus karena ASI yang kurang. Kejadian ini berlangsung sampai 2 hari, hingga dengan berat hati, akhirnya kami memberikan tindakan untuk memberikan sufor sementara kepada Hanan.

Uniknya, setelah 6 bulan pemberian ASI eksklusif, rupanya Hanan sudah terlanjur cinta dengan ASI. Beberapa kali kami berikan sufor dengan merek terkenal, dia tidak mau. Sufor tak pernah bisa melewati kerongkongannya. Sekalipun pernah masuk, dia langsung muntah-muntah. Sesekali botol sufor yang diberikan kepadanya, dikibaskan dengan tangannya yang mungil itu. Ihiy... lucu sekali kau nak!, rupanya kau sadar bahwa kau anak manusia, bukan anak sapi.

Padahal disisi lain, produksi ASI dari bunda sudah kian sedikit. Pemberian sufor ini awalnya dipicu karena Hanan harus ditinggal mengajar sampai jam 12 siang. Pada waktu seperti itu, otomatis ASI harus diperah dulu. Sayangnya, produksi ASI bunda sudah semakin berkurang. Tak selancar dulu di 6 bulan awal. Kalaupun diberi ASI, itu harus langsung minum dari bunda. Hasil perahan selalu saja sedikit.

Ayo nduk... pilih sufor kesukaanmu sendiri
Namun, kami bersyukur Hanan sudah berumur 7 bulan, jadi sudah bisa diberikan MP-ASI (Makanan Pendamping ASI). Ini yang membuat kebutuhkan ASI tidak begitu besar seperti halnya pada waktu 6 bulan pertama. Jadi pemberian ASI yang diperah, masih bisa kejar tayang dan tak perlu banyak.

Salam Inspirasi Coffee.


Related Post



18 comments:

  1. Waaaahh,. adek Hanan sudah besaarr, sudah makan apa aja nih sekarang? Hehe..
    Jadi Hanan ASI esklusif ya Mas? Kereeeenn yaa,. Semoga adek Hanan sehat teruss, cepat besar, jadi anak yang pintar dan solihah :)

    Btw, MP-ASInya uda dikasi apa aja mas? jadi kepo nih saya. Sukak banget kalo ada yang bahas beginian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Iya sekarang dek Hanan sudah 7 bulan. Sudah bisa duduk sendiri. Yup. Kami selalu memberi ASI eksklusif. Meski awalnya sangat berat karena bundanya jam 7-12 harus mengajar. Tapi lama kelamaan menjadi terbiasa.

      MP-ASI dikasih buah yang dihaluskan. Kadang juga dikasih tepung gasol. Kalau buah, Hanan sukanya buah melon. Kadang juga semangka atau apel.

      Delete
  2. Dulu, cuma ngicipin ASI 3 bulan aja {kata emak} tapi tetap aja kayak gini -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he... kalau saya malah mencicipi ASI sampai 5 tahunan. wkwkw.

      Delete
    2. weww..lama jga y mas..hehe

      saya kurang dari 2 tahun..
      tapi saya jdi agak sdikit bergantung ama sufor..malas makan nasi. mnum susu trus..hehe

      Delete
    3. he he.. ya begitulah yur..

      klo 2 tahun memang seharusnya Yur.
      Minum susu jadi sehat, daripada minum kopi ha ha..

      Delete
    4. kamu mencicipi ASI sampai 5 tahunan Fin ? jadi inget anak tetanggaku dulu :)

      Delete
    5. ya begitulah mbak. Entah kenapa dulu aku ndak malu yaa, udah besar tapi masih nenen sama ibu.

      Delete
  3. hai hanan udah gede ya sayang..
    sama kaya pengalaman arfa dulu.. istri saya juga ngajar setengah hari.. setelah 3 bulan cuti istri saya harus ngajar lagi akhirnya kami berencana ngasih sufor sama arfa 1 kali sehari hanya ketika mamamnya ngajar alhamdulillah sufor yang arfa minum sekarang cocok jadi g pernah dia alergi dengan sufor selebihnya ASI lah yang diminumnya tapi kini udah 14 bulan.. dia g terlalu ngabayang-bayangin susu ibunya karena udah tahu banyak makananan hehe.. senangnya jadi ayah ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. sekarang sudah mulai belajar minum sufor yang ditetesi dengan melon. Karena Hanan suka sekali dengan rasa melon, jadi sufor yang ditetesi melon akan membuat aromanya disukai Hanan.

      Jadi orang tua harus kreatif :)

      Delete
    2. rasa melonnya pake apa mas.. suka sama buah melon juga ya.. arfa juga suka melon yang g dia suka itu pisang hehe.. yup bener banget ortu harus kreatif :)

      Delete
    3. pake buah melon asli. Trus dibuat jus, dan dicampur sedikit dengan sufor.

      Hanan ndak terlalu suka pisang, entah kenapa kalau makan pisang, BAB jadi ndak lancar. Kasihan.

      Delete
    4. ya sama kaya arfa dari kecil g suka pisang.. aneh padahal saya suka banget :D apapun itu dari pisang dia udah kecium baunya n langsung nolak.. o yah usia 7 bulan udah dikasi MPASI ya dikasih jus buah2 juga biar asupan seratnya terpenuhi :)

      Delete
    5. iya. sudah diberi MP-ASI. Saat ini kebanyakan makan jus buah. Paling suka jus buah melon dan semangka.

      Delete
  4. jadi, finally dek Hanan pilih sufor merk apa pak? *kepo*
    kalau saya jadi dek Hanan, tetep pilih yang original, dari bunda...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah.. lupa juga dia akhirnya milih apa. Cuma setahuku dia tetap ndak mau, tapi jadi mau setelah ditetesi buah melon. Aroma sufornya jadi buah melon.

      Iya mbak puch, ini hanya dalam kondisi terdesak saja.

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates