Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Saturday, November 10, 2012

8 Makna Pahlawan, Dalam Peradaban Islam

"Pahlawan itu mengumpulkan semua kebaikan yang berserakan pada individu-individu yang ada dalam masyarakat."
-Anis Matta-
67 tahun yang lalu, tanggal 10 bulan November, kita tahu bahwa telah terjadi sebuah peristiwa yang heroik luar biasa. Yang dengannya, bangsa ini bersepakat untuk menjadikannya sebagai hari pahlawan. Sebuah hari yang membuat para penjajah tersadar dari mimpi, bahwa orang/bangsa yang secara kekuatan fisik lemah, tetapi secara kekuatan semangat sungguh jauh melebihi angan dan akalnya. Yah itulah peristiwa besar yang terjadi di Surabaya puluhan tahun silam yang akan selalu dikenang oleh bangsa ini.

memaknai pahlawan


Pahlawan, bagi saya memiliki ragam makna. Bisa dalam arti yang sangat luas, bisa juga diartikan secara lebih sempit. Mereka yang segenap tenaga memberikan kebaikan dan pertolongan bagi orang lain yang membutuhkan, bisa disebut sebagai pahlawan.

Tak harus dalam level negara kita menjadi pahlawan, dalam tataran masyarakat bertetangga dan dalam keluarga, kitapun bisa jadi pahlawan. Menebarkan kebaikan lebih dibanding kebaikan orang rata-rata dengan tentu selalu mengharap ridho Allah adalah jiwa pahlawan. Pahlawan adalah mereka yang berbuat kebaikan dan andil besar tanpa bermaksud mendapatkan imbalan, kecuali berasal dari Allah.

Maka seperti saya sendiri, selalu berusaha menjadi pahlawan bagi keluarga. Menjadikan istri dan anak tetap dalam jalan lurus menuju surga. "Qu anfusakum wa ahlikum naro", sangat bisa menjadi pegangan.

Bagi saya, orang tua yang bisa menjadikan anak keturunannya mampu bertaqwa kepada Allah adalah seorang pahlawan. Mereka pahlawan dunia akhirat. Mereka membentuk lingkungan iman di dalam keluarga. Kemudian masing-masing individu dalam keluarga itu bergaul di dalam masyarakat dengan modal kepribadian yang sudah terbentuk. Maka dengan sendirinya, wajah peradaban akan sedikit demi sedikit berubah.
"Generasi akhir umat tidak akan membaik, melainkan dengan mengikuti konsep dan metode yang menjadikan ummat terdahulu baik". -Al Imam Malik bin Anas Rahimahullah-
Menurut saya, bagaimana memperbaiki sebuah bangsa adalah dengan membenahi dari sektor keluarga. Membenahi kepribadian generasi penerus. InsyaAllah, peradaban Islam yang sudah dikabarkan Rosulullah yang akan kembali tegak akan segera terwujud. Tsumma takuunu khilafatan 'ala minhajin nubuwwah.

Menjadikan anak didik generasi keturunan kita sebagai individu yang kuat dan kokoh imannya, itulah jiwa pahlawan. Pahlawan peradaban.
Pahlawan sejati tidak membuang energi mereka untuk memikirkan apakah ia akan ditempatkan dalam sejarah manusia, atau apakah ia akan ditempatkan dalam liang lahat Taman Pahlawan. Yang mereka pikirkan ialah bagaimana meraih posisi paling terhormat di sisi Tuhan Yang Maha Esa.
-Anis Matta-


powered by :
Toko Buku Hanan

Related Post



8 comments:

  1. Saya juga sedang membaca ini, Mencari Pahlawan Indonesia (Anis Matta)
    Selamat Hari Pahlawan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh, saya belum membaca buku yang itu. Di toko buku sudah mulai jarang di dapat.

      Delete
    2. Kumpulan bukunya anis matta emang keren-keren. Koleksi bukunya anismatta milikku hampir lengkap. :)

      Delete
    3. wah... mantabs kang. Aku malah cumi (cuma minjem) he he.

      Delete
  2. Selamat hari Pahlawan...
    ulasannya sangat bagus dan saya belum pernha membaca ulasan khusus mengenai kepahlawanan yang dikaitkan dalam Islam
    terima kasih atas artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas apresiasinya mas jefri. Salam kenal.

      Delete
  3. Quotes dari anis matta di akhir tulisan ini luarr biasa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. celoteh2 anis matta emang kereen.

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates