Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Monday, October 22, 2012

6 Tarbiyatul Aulad fil Islam

Mungkin aku telat membeli buku ini. Judul bukunya : Pendidikan Anak Dalam Islam (Tarbiyatul Aulad fil Islam). Sebuah karya dari Dr Abdullah Nashih Ulwan. Sebuah buku yang sangat bermanfaat, tapi aku telat menyadarinya. Ah, bukankah lebih baik telat daripada tidak sama sekali?. Sebenarnya sudah lama aku mengincar buku ini. Alhamdulillah kemarin ada sedikit waktu dan rejeki untuk membeli buku ini. Buku yang sangat cocok bagi pasangan muda yang baru menikah. Lebih cocok lagi ketika sebagai mahar dalam pernikahan. Karena pembahasan buku ini dimulai sebelum anak tersebut lahir. Bahkan mungkin bisa sebelum itu, yakni dalam memilih pasangan. Okelah untuk hal ini, aku setuju dengan jargon : lebih cepat lebih baik.

Buku ini ada 2 seri yaitu seri satu dan seri dua. Sejauh pengetahuanku, penerbit di Indonesia yang mencetak buku ini ada 2 juga. Yakni Pustaka Amani Jakarta dan penerbit Asy-syifa` Semarang. Untuk penerbit yang dari Semarang harganya lebih murah. Tentu ini berbanding lurus dengan kualitas bukunya. Yang aku beli kemarin adalah buku dari penerbit pustaka amani Jakarta. Terlihat lebih kokoh saja :).

Tarbiyatul Aulad fil Islam Abdullah Nashih Ulwan


Saat ini putriku Hanan sudah berumur satu bulan lebih. Mau jadi apa kelak dia di masa mendatang, adalah bagaimana pola didikan dari kami. Lingkungan seperti apa yang kami sediakan untuk membentuk karakter Hanan. Pola pengasuhan seperti apa yang kami berikan kepada Hanan akan membentuk pribadinya. Pribadi mulia seorang Ali bin Abi Tholib karena hasil didikan Rosulullah SAW, akan sangat berbeda jika dia ternyata diasuh oleh seorang Abu Lahab.

Orang tua kebanyakan sekarang ini hanya mementingkan aspek kecerdasan intelektualnya saja. Mereka cenderung mengabaikan bagaimana kepribadiannya. Parahnya lagi, sebagian orang tua menganggap karakter ini sudah bawaan sejak lahirnya. Orang tua tak bisa mengubahnya. Trus kalau begitu, untuk apa Rosulullah diturunkan dimuka bumi ini dengan membawa mukjizat terbesar yakni AlQuran?.

Karakter anak ini menjadi sangat penting dalam menjalani hari-harinya mendatang, bahkan jauh sampai nanti hasilnya di akherat. Karena anak adalah investasi bagi kita, orang tuanya.

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana kita bisa mendidik anak kita dengan cara terbaik sesuai Islam kalau kita tak paham ilmunya?. Robbi zidni ilma, warzuqni fahma. Ya Allah tambahilah aku ilmu, dan berilah aku kefahaman. Kefahaman memahami bagaimana Nabi-Mu mencontohkan secara gamblang untuk umatnya.

Bismillah. Aku belum membaca buku ini, hanya sebagian pengantarnya saja. Belum bisa berbicara banyak. Semoga aku diberikan kefahaman untuk bisa mengaplikasikan seluruh ilmu di buku ini kepada putriku tercinta Hanan Naqiyya.

powered by :
Toko Buku Hanan

Related Post



6 comments:

  1. Yah, kok, nggak ada kutipan-kutipan isi bukunya... Padahal pengen tahu poin2 tarbiyatul awlad-nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. Ini saya juga baru mulai membaca. Jadi belum bisa mengutip banyak dari isi bukunya. he he.

      Delete
  2. Abdullah Nashih Ulwan yang pengarang Tarbiyah Ruhiyah itu juga ya pak? wah, hardcover dua jilid pula, mahal pasti....

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ndak tahu juga klo Nashih Ulwan yang mengarang tarbiyah ruhiyah. Soalnya aku lom punya yang tarbiyah ruhiyah.

      iya 2 jilid. Untuk penerbit pustaka amani harga 150rb. klo yang penerbit semarang harga 100 ribu.

      Eh mungkin klo belinya di Toko Buku Hanan bakal dapat diskon. #promosi.

      Delete
  3. ditunggu hasil ulasan membacanya :)

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates