Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Tuesday, October 16, 2012

0 Nasihat Tentang Ikhlas

"Menjaga keikhalasan itu telah tertulis keniscayaannya. Di antara caranya memang dengan menyembunyikan amal shalih yang kita lakukan. Di antara kiatnya memang dengan merahasiakan hal-hal yang rawan melahirkan pujian."

-Nasihat dalam buku Dalam Dekapan Ukhuwah yang saya baca tadi malam-
Seperti biasa setiap selesai sholat wajib, di masjid yang berlokasi tak jauh dari kantor biasa dibacakan beberapa nasihat yang bersumber dari AlQuran dan Hadits. Ketika itu saya tidak terlalu hafal dengan seluruh nasihat yang dibacakan. Tapi saya bisa menarik kesimpulan darinya, bahwa akan datang suatu zaman dimana manusia berlomba berharap kepada ridho manusia daripada keridhoan Allah. Manusia akan berusaha mendapatkan perhatian dan pujian atas kebaikan yang mereka lakukan bukan semata-mata untuk Allah azza wa jalla. Entah kenapa ini nasihat langsung jleb banget di hati saya. Ayyoo Fifin saatnya untuk kembali menata hati dan meluruskan niat.

Beberapa hari yang lalu, seorang ustadz yang cukup aktif berdakwah lewat twitter @syarifbaraja memberikan nasihat (yang dikutip dari Ibnu Hajar) bahwa menyembunyikan amal shaleh lebih baik daripada menyiarkannya, kecuali ada kepentingan yang jelas.



Sebenarnya menampakkan amal dengan berharap bahwa orang lain mengikuti adalah boleh. Toh semua dilihat dari niat individunya bukan, Allah yang akan menilainya. Tetapi kita sendiri yang tahu kapasitas kita. Kita ini sudah menjadi panutan apa belum. Boro-boro orang lain tersentuh dan berubah dengan melihat amal kita, kita sudah lebih dulu ujub dan bangga diri. Karena bagaimanapun, kita tentu tak ingin seperti lilin, mampu menerangi sekitar, tapi diri sendiri habis dilalap api.

Allah dan Rasul-Nya yang lebih berhak untuk mereka cari keridhoan-Nya (QS 9:61)

*sebuah nasihat diri.

Related Post



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates