Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Thursday, September 6, 2012

12 Aktifitas Membaca Buku

Diantara deretan buku-buku yang berderet rapi di sebuah rak buku kayu di rumah, kebanyakan diisi oleh buku-buku bergenre novel dan religi. Koleksi buku saya memang belumlah banyak, karena memang kecintaan saya terhadap aktifitas membaca baru dimulai beberapa tahun yang lalu. Saya lupa kapan mulainya, tapi yang jelas ada sesosok orang yang menginspirasi saya untuk mencintai buku. Mungkin terlihat agak lebay dan terkesan agak narsis, tapi jujur saja, dia adalah seseorang yang sekarang bersinar terang di dalam hati saya. Yah, istri sayalah yang berhasil menginspirasi saya untuk menyukai aktifitas membaca.

Di awal pernikahan, sedikit banyak saya terkesan juga dengan koleksi buku bacaan yang lumayan banyak di lemarinya. Sedangkan pada saat yang sama, saya hanya membayangkan buku-buku diktat kuliah yang beberapa diantaranya bahkan sudah termakan rayap dan membusuk di kardus rumah. Semenjak saat itu, sedikit demi sedikit disisipkannya topik perbincangan kami dengan cerita buku-buku atau novel yang disukainya. Dari situ, benih-benih kecintaaan saya terhadap aktifitas membaca buku kian terpupuk lalu tumbuh dengan suburnya. Bahkan sekarang di setiap awal bulan (tahu sendiri kan maksud saya :) ), sering menjadi jadwal rutin sebagai ajang perburuan buku-buku menarik.

rak buku


Kini saya semakin sadar, dengan membaca, ada begitu banyak informasi yang memenuhi kepala saya. Membuka banyak persepsi yang mungkin selama ini belum pernah terbayangkan sebelumnya. Menikmati berbagai macam pemikiran-pemikiran dari sang penulis yang mungkin saja sedikit banyak akan mengubah padangan saya tentang sesuatu hal. Memahami masalah dengan sudut pandang lebih global. Menelusuri kata demi kata yang menginspirasi, yang mampu menggugah pemahaman diri. Yah, inilah yang saya sebut sebagai kekuatan baca.

Di dalam buku Ippho Santosa berjudul 13 Wasiat Terlarang, disebutkan bahwa cerita memiliki kekuatan persuasi yang lebih baik dari sekedar pemaparan. Tambah dia, bahwa cerita itu lebih cenderung menggunakan otak kanan, sedangkan pemaparan lebih cenderung menggunakan ke otak kiri. Hemm, bolehlah sedikit banyak saya setuju dengan pendapat ini. Karena ternyata, memang buku-buku bergenre novel-lah yang banyak mengisi porsi rak buku di rumah ^_^.

rak buku saya


Suatu ketika saya sedang berada di sebuah toko buku yang memiliki branding yang cukup terkenal di seantero negeri. Ketika tengah asik memilah-milah buku yang ingin dibeli, dari belakang terdengar sebuah percakapan suami istri. Ketika itu sang suami tengah serius melihat sebuah buku motivasi. Terlihat sang suami memegang buku tersebut lumayan lama, rupanya dia cukup tertarik terhadap buku itu. Namun sang istri langsung saja menimpali, "Udah pah, yukk pulang saja. Buku itu tidak akan mengubah apapun!. Tidak usah dibeli!", kira-kira begitulah omelan sang istri kepada suaminya yang tengah asik menimang-nimang buku. Saya tentu tidak mau berspekulasi apa alasan sang istri berujar demikian. Yang jelas, bagi saya : buku motivasi itu sanggup mengubah persepsi seseorang. Bahkan bisa mengubah kepribadian from zero to hero (#bukan_iklan). Itu pendapat saya ^_^.



Tentu dibandingkan dengan kawan-kawan yang memang pecinta buku, koleksi buku saya memang masih sangat sedikit (meski belum termasuk beberapa buku yang berada di rumah Magetan). Tapi pada tulisan saya kali ini, saya hanya ingin sekedar sharing bahwa aktifitas membaca buku telah sedikit banyak menjadi bagian yang penting dalam hidup saya. Karena bagi saya, aktifitas membaca buku sudah menjadi hobi. Dan kalau sudah menjadi hobi, maka tidak akan ada lagi kata berat dalam melakukannya.

Related Post



12 comments:

  1. bener bgtz Mas..klo sudah hobi,tak ada yg berat..
    saya suka berburu buku saat diskon..hehe klo gak ada duit,pnjm buku temen..hehe

    saya mau nebak Mas,pasti foto itu Mas fifin,y kan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he begitulah.
      yup itu adalah foto saya yang sedang membaca buku didepan rumah di magetan

      Delete
  2. Ituuu fotonya mas Fifiiin.. Hehehe.. *sok tau, asal nebak aja :))

    Terimakasih banyak mas Fifin. Baca tulisan ini membuat saya ingat kalau ternyata saya masih punya dua buku yang belum selesai saya baca: Sepatu Dahlan dan The Last Samurai :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul sekali mbak itu adalah foto saya yang sedang membaca sebuah buku di depan rumah di magetan

      wah hayo dilanjutkan kembali kebiasaan membacanya :).

      Delete
  3. tapi, selama ilmu yang didapat dari buku tidak diamalkan, tetap saja tidak mengubah apapun, kan?

    berbagai buku motivasi, cuma akan jadi bacaan saja kalau tidak diamalkan isinya.

    bte, yang di ujung kiri bukunya horror, pemrograman C++ -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang benar mbak. Buku itu hanya stimulus saja, penggeraknya ya dari dalam diri kita mau berubah apa tidak.

      He he.. ada buku horornya juga.

      Delete
  4. itu sang istri kali nggak biasa baca buku ya Fin jadi belum tahu manfaatnya

    knp ditutupi wajah kamu Fin ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm mungkin karena alasan sesuatu mbak. semisal ada hal yang lebih mendesak untuk dibeli dibandingkan dengan membeli buku motivasi.

      Gambar saya tutupi .. Ya kan untuk ditebak mbak he he

      Delete
  5. yeah, hobi memang tidak pernah membebani...
    pak fifin, ada buku tere liye terbaru loh, judulnya Negeri Para Bedebah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah jadi wishlist deh. Mbak puch udah baca belum? Bagus tak?

      Delete
  6. Membaca itu asik berat. Membuka cakrawala, mampu menggerakkan dan menginspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mbak hijihawu. Membaca itu asik berat. Dan saya pun menikmatinya. Mantabs.

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates