Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Thursday, August 2, 2012

11 Hidup Sehat Dengan Cara Tidur Yang Baik

Memang tidak sering, tapi pernah juga saya mengalami sulit tidur atau biasa disebut dengan insomnia. Sungguh sebuah kondisi yang sangat tidak mengenakkan. Ingin sekali rasanya segera terlelap tidur karena keesokan harinya harus dalam kondisi segar bugar untuk menjalani aktifitas. Namun di sisi yang lain, mata malah tak mau juga diajak untuk berkompromi. Entahlah, saya juga kurang tahu penyebabnya. Mungkin disebabkan oleh banyaknya pikiran atau juga mungkin karena alasan yang lainnya. Namun setidaknya kita pasti memahami, bahwa tidur yang tidak berkualitas itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang bahkan bisa memicu teridapnya penyakit-penyakit serius. Serangan hati, tekanan darah tinggi, obesitas dan diabetes adalah segelintir contoh dari sekian banyak penyakit yang mungkin saja timbul dari tidak berkualitasnya aktifitas tidur.

Pada umumnya, orang dewasa memerlukan waktu untuk tidur di malam hari sekitar 7,5 sampai 8,5 jam lamanya. Namun, angka ini bisa bervariasi tergantung dari umur, genetik dan aktifitas mental seseorang. Ada orang yang mungkin butuh tidur hanya dengan 4 jam sehari, ada pula yang membutuhkan minimal 9-10 jam tiap harinya. Yang pasti, sejatinya semua itu bukanlah masalah durasi lama tidaknya tidur, tapi lebih kepada kualitas dari tidur itu sendiri. Kualitas tidur yang maksimal akan membuat tubuh kita menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.


Seorang bayi yang baru lahir akan membutuhkan lebih dari setengah waktu hidupnya hanya untuk aktifitas tidur. Bolehlah saya bercerita sedikit mengenai hal ini terkait pembicaraan saya dengan istri beberapa waktu yang lalu. Ketika itu saya ngobrol bersama istri membincangkan keponakan saya yang baru berumur 6-7 bulan. Saya iseng mengatakan : "Fiza ini kok kerjaannya tidur melulu ya! tadi tidur, sekarang bangun lagi, trus tidur lagi, eh bangun lagi :). Kalau ditambah dengan ngopi, pasti sudah mirip dengan aktifitasnya mbah Surip". Terus istri saya menjawab, "Yaa, memang begitulah kerjaannya bayi mas!, hampir seluruh waktunya harus digunakan untuk tidur. Aktifitas ini berfungsi untuk menyempurnakan fungsi otak". Yah, setidaknya akhirnya saya mengetahui tentang fakta ini ^_^.

Untuk membuat tidur kita berkualitas, maka ada hal-hal yang sebaiknya kita perhatikan, terutama terkait dengan kondisi sekeliling kita. Setidaknya hal-hal berikut ini bisa kita jadikan referensi untuk membuat tidur kita lebih berkualitas :
  • Usahakan membuat kondisi ruangan tempat tidur dibuat hening dan sepi. Jangan tidur dengan background lagu-lagu rock apalagi lagu negeri tetangga.
  • Usahakan buat ruangan tempat kita tidur itu menjadi gelap gulita. Hal ini akan memudahkan stimulus mata kita untuk terpejam.
  • Pilih selimut yang nyaman dan cukup untuk melindungi badan dari dinginnya udara malam.
  • Memilih tempat tidur / ranjang yang nyaman dan empuk.
  • Jangan menyalakan peralatan elektronik seperti laptop atau kebisingan suara radio. Bisa jadi radiasi elektromagnetik dari peralatan elektronik mengganggu hormon/zat yang dihasilkan oleh tubuh ketika kita sedang tidur.
Terakhir saya ingin menuliskan bagaimana tauladan utama kita Rosulullah SAW mencontohkan bagaimana tidur yang baik itu.
  • Berwudhu terlebih dahulu.
  • Membaca doa.
  • Berbaringlah dengan memiringkan tubuh ke arah kanan. Terkadang beliau juga tidur dalam posisi terlentang dengan meletakkan salah satu kakinya di atas yang lain.
  • Meletakkan tangan kanan di bawah pipi sebelah kanan.
  • Jangan tidur tengan tengkurap. Karena tidur seperti ini dibenci oleh Allah.
"Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat". [An Naba : 9]

Mengenai waktu tidur, Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam biasa tidur pada awal malam dan bangun pada pertengahan malam. Juga tidak dicontohkan tidur dalam kondisi perut kenyang, karena Rosulullah tidak pernah tidur dalam kondisi perut penuh berisi makanan.

Semoga bermanfaat. Salam Inspirasi Coffee

Related Post



11 comments:

  1. Makasih saran2 tidurnya., Tidur yang berkualitas biar besoknya coding makin cepet..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke put. Semoga bermanfaat.

      ha ha.. tidur pulas, coding trengginas. ^_^

      Delete
  2. bagian subscribe-nya kok gak bisa buat ngetik alamat email ya pak? atau aku aja yang gak bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya mbak, masih ada yang error. Sekarang sudah diperbaiki. Silahkan disubmit ya :)

      Delete
    2. aneh, ternyata harus klik submit dulu baru nulis alamat emailnya...
      hehehe...kok lucu sih, tp sekarang udah bisa pak
      barusan dapet notifikasi di email :D

      Delete
    3. alhamdulillah kalau sudah bisa mbak ^_^. Iya mungkin blogspot agak ribet dibandingkan WP he he

      Delete
  3. Mas Fifiiiiinn.. Selamaaaaattt untuk domain barunyaa. Akhirnyaa. Yoo cerita-cerita doonk, tipsnya kayak gimana aja? Jadi pengen juga kan saya.. Trus trus, masalah PR gimana?? Babnyaakk banget yg pengen ku tanyain. Hihi...

    Haiyyaahh... ini malah komen OOT. Ga papa ya mas,. sekalisekali aja. :D

    Pastinya, aku cuma bisa tidur dalam keadaan gelap kalo di rumah sendiri. Pas di Malang, juga di Dompu, kalo gelap malah ga bisa tidur. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak akhir bikin domain juga.
      Oke saya bikinkan postingan setelah ini ya.

      Untuk PR pastinya bakal reset, termasuk rangking alexa juga :)

      iya paling enak memang tidur dalam keadaaan gelap gulita.

      Delete
  4. Mengikuti cara tidur Rasulullah membuat tubuh lebih sehat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mbak, kita memiliki tauladan yang luar biasa.

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates