Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Minggu, 08 Juli 2012

28 SEO, Makanan Apa Itu?

Kurang lebih seminggu ini saya mulai mengenal dan mendalami apa yang dinamakan dengan SEO (Search Engine Optimization). Wah SEO, apa itu? atau lebih tepatnya makanan apa itu?. Sebenarnya ini terbilang sangat aneh, karena sebenarnya saya sudah mengenal dunia blogging sejak tahun 2008. Oke jangan tertawa dulu, karena ini memang nyata terjadi. Dulu sempat pernah mendengar kata SEO, tapi saya anggap itu hal yang tidak perlu dilakukan, toh saya ngeblog kan hanya untuk having fun saja. Ngeblog bagi saya hanyalah sebuah sarana untuk menyalurkan hobi menulis. Tidak lebih dan tidak kurang.

SEO apa itu?


Tapi meski begitu, saya tidak pernah menyangkal bahwa seperti apapun karakter seorang blogger, pasti dalam hati kecilnya ada rasa senang yang membuncah jika apa yang menjadi hasil karyanya (sebuah tulisan), bisa terbaca oleh orang lain dan bermanfaat bagi orang lain. Ketika orang lain bisa mengambil hikmah dari apa yang kita tulis, sungguh itu merupakan kebahagiaan tersendiri bagi seorang blogger. Maka tak jarang, banyak blogger ingin blognya banyak dikunjungi dan kalau bisa banyak komentarnya juga ^_^. Oke, ini adalah sebuah keinginan yang sangat manusiawi dan memang sangat wajar. Jika seorang blogger hanya ingin menulis di blog saja tanpa ada sebuah keinginan agar tulisannya bisa dibaca oleh orang lain, yaa.. itu namanya diary pribadi. Menurut saya ya jangan menulis di blog, tapi menulis di buku diary saja, bakal terjamin deh.. kerahasiaannya :).

Nah, ketika seorang blogger ingin tulisannya banyak dibaca oleh orang lain, maka dia pastinya akan mengusahakan bagaimana caranya bisa membuat banyak orang berkunjung di blognya (istilah kerennya : bagaimana meningkatkan trafik). Karena bagaimanapun hebatnya kualitas sebuah tulisan, jika tidak dipromosikan maka tulisan itu tidak akan pernah terbaca oleh orang lain. Apalagi bagi mereka (blogger pemula) yang memiliki blog seumur jagung. Artinya blognya masih baru dan pastinya belum berkenalan lebih intensif dengan raja search engine yakni Mbah Google. Ini menjadi dilema tersendiri bagi seorang blogger pemula. Akhirnya cara satu-satunya yang dari dulu sering dilakukan oleh kebanyakan blogger pemula adalah melakukan spamming komentar. Artinya dia memberikan komentar di banyak bahkan puluhan blog, padahal kadang kali apa yang dia komentarkan tidak sesuai dengan tema tulisan. Komentar seperti ini pasti dianggap spam oleh pemilik blog. Yah.. I hate spam, and everyone surely hate spam.

Contoh komentar spam :
-wah tulisan yang bagus, like this.
-wah menarik nih infonya, thanks ya.
-tulisan yang bagus, menarik untuk disimak.
-salam kunjungan, kunjungi balik yah di blog saya di sini : www.spamkomentar.com.

He he. Sebenarnya agak lucu juga karena saya juga dulu sering melakukan hal seperti itu. Tapi kini saya mulai sadar, bahwa memberikan komentar spam itu adalah sebuah tindakan konyol. Karena dengan melakukan spamming komentar, maka beberapa hal berikut ini mungkin yang akan terjadi :

1. Komentar spam pastinya dibenci oleh pemilik blog. Dan sebagai balasannya, pemilik blog akan malas berkunjung balik.
2. Tidak memberikan backlink apapun jika blog yang sedang diberi komentar bukan merupakan blog dofollow. Backlink inilah yang menjadi alasan banyaknya komentar spam. Mengenai backlink dan dofollow bisa ditunggu di tulisan saya selanjutnya yah!, atau bisa juga kok langsung di cari di mbah google.
3. Kalaupun blog yang di beri komentar adalah blog dofollow, biasanya pemiliknya akan melakukan moderasi terlebih dahulu. Komentar spam saya jamin tak akan lolos moderasi si empunya blog. Karena sudah saya bilang diawal, bahwa semua orang membenci komentar spam.

Tapi tidak melulu seorang blogger pemula itu melakukan komentar spam, ada juga diantara mereka yang cukup rajin memberikan komentar berkualitas yang sesuai dengan topik/tema tulisan di banyak blog. Oke, ini sebuah langkah yang bagus, tapi masalahnya berapa banyak blog yang dia bisa kunjungi dengan komentar yang berkualitas seperti itu?. Komentar berkualitas pastinya juga berawal dari aktifitas membaca dengan detail isi blognya kan?. Oke, kalau bagi mereka yang memiliki banyak waktu (saya tidak mengatakan pengangguran) untuk blogwalking di banyak blog ya silahkan saja. Tapi bagi mereka yang seperti saya (pekerja kuli, berangkat pagi pulang maghrib), akan sedikit susah jika melakukan banyak blogwalking dan memberikan komentar berkualitas. Waktunya pastinya lebih terbatas, hanya beberapa blog saja yang mungkin dia sukai untuk dikunjungi. Oh iya, selamat yah bagi blog yang sering saya kunjungi dan kasih komentar, artinya blog anda sejatinya saya sukai ^_^.

Eh tapi ada juga loh seorang blogger yang hanya fokus pada tulisannya saja. Dia hanya fokus bagaimana bisa menghasilkan sebuah tulisan yang berkualitas sehingga dengan sendirinya blognya akan lambat laun disukai oleh kakek google. Tapi dengan cara ini, berapa lama (lebih tepatnya berapa tahun) waktu yang kita butuhkan untuk bisa mendapatkan banyak kunjungan/trafik?. Padahal tipe manusia abad 21 kan sukanya yang instan. Kalau bisa dalam sebulan langsung memiliki pagerank 6, kenapa harus nunggu 4 tahun?. Oh iya, ada satu contoh blogger yang hanya fokus pada postingannya saja, yakni pak budi raharjo (dosen ITB), saat ini pagerank blog beliau ber-skor 6. Luar biasa !!. Kata beliau sih, intinya bagaimana caranya agar bisa membuat postingan setiap hari. Tapi menurutku cara ini akan sangat lama mendatangkan trafik, meskipun pada akhirnya trafik yang didapatkan akan lebih stabil.

Nah ada satu cara elegan yang membuat blog kita bisa naik dengan cepat dan tanpa harus melakukan banyak komentar spam. Yakni dengan melakukan teknik SEO (Search Engine Optimization). Sudah 4 tahun blog saya ini hanya ber-pagerank 1 (huks huks.. sedih :( ). Karena memang selama ini saya tidak pernah berkenalan dengan SEO dan juga agak malas blogwalking he he (hanya beberapa blog saja yang saya rajin kunjungi, karena memang saya suka tulisannya). Tapi yah, semoga dalam beberapa bulan ke depan, pagerank saya bisa naik, dengan teknik SEO ^_^.

Oh iya tunggu postingan saya tentang SEO selanjutnya yah. Saya belum bisa memberikan detail tekniknya, karena memang belum teruji di blog saya. Tapi kalau dilihat dari statistik pengunjung, kelihatannya sih naik. Ada beberapa teknik SEO yang sedang saya jalankan di blog ini. Kita lihat saja nanti hasilnya yah :). Oh iya blogwalking sebisa mungkin tetap jalan yah!, karena tujuan blogwalking sejatinya bukan untuk meningkatkan trafik blog, tapi lebih ke persahabatan. Salam blogger!.

Related Post



28 komentar:

  1. saya pemula juga kang.. :)

    tapi saya tidak suka spam.. :)
    spam berarti saya tidak punya kualitas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah apalagi saya mas affan. Kalau ngeblog emang agak sudah lama, sejak 2008. Tapi mengenai SEO, bener-bener masih cupu banget deh.

      Tapi blog mas affanibnu pagerank-nya dah 3, kereeen. Klo dioptimasi lagi bisa jadi 6 tuh he he

      Hapus
  2. Salam blogger jugaa... :) Asikk, sukak baca kalimat penutup ini (saya ga baca penutupnya doank kok mas,.. Suerrrr.. hahaha)

    Pagerank normalnya satu tahun tu naik 1 angka. Pas bulan apaa kemarin yaa, si google habis bagi2 page rank. Untungnya popcorn sedikit kena imbasnya. Hihi..

    Saya juga sudah diberi tau beberapa teman ttg teknik SEO ini. Cuma emang gak detail. Tunggu postingannya mas Fifin yang selanjutnya aja deee.. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha ha... salam blogger juga mbak maee..!!

      ada beberapa kesalahan fatal yang membuat blog coffee break susah sekali naik page-rank. Alhamdulillah berdasarkan ilmu yang saya gali seminggu ini, sudah saya buang kesalahan2 tersebut. Semoga dalam review page-rank kedepan, coffee break bisa naik kelas. Minimal sama kelasnya dengan popcorn lah, dapet page-rank 2 :)

      Hapus
    2. Ehh ehh.. kok tau si popcorn punya pagerank 2??? Nyimak nih yeee.. padahal ga pernah ku pasang tuh widgetnya. Jadi terharu saya, mas Fifin perhatian banget ama popcorn. Hwahahahaha #plakkk

      Hapus
    3. wkwkw...
      kan selama ini saya blogwalking pilih2 mbak.
      Ndak banyak blog yang saya ikuti. Sedikit malah.
      Nah dari blog2 yang saya ikuti itu, kadang saya iseng2 cek pagerank-nya.

      Hapus
  3. wiw lengkap dan detil..

    spam bikin kesel tapi terkadang gue berterimakasih juga karena tanpa spam dunia blog tidak berwarna dan berbada itu indah..

    nyambung gak yah komen gue, gue rasa sih susa buat di pahami. wkeke

    happy blogwalking :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha ha.. kalau spam-nya sesekali sih ndak papa mas. Cuma kalo berkali-kali kena spam bakal bete juga kan?

      happy blogwalking juga. Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  4. SEO itu biasanya sih bagi blogger yang sudah kenal dengan adsense hehehehe.... kl dah kenal GA, pasti bawaanya gmn cara biar visitor blog tinggi (biasannya loh hehehe). ada banyak sekali teknik seo, baik yang curang maupun tidak. btw..selamat belajr SEO mas...smg cpt earning ya :-)

    BalasHapus
  5. @darmawan : wah blog ini sedang tidak melayani tukar link mas. blog ini lagi ekperimen nih.

    @anak wayang : wah sepertinya saya musti berguru sama anak wayang nih. asli saya baru ngeh seo seminggu ini. Tolong ajarin ilmunya suhu.. ;-)

    BalasHapus
  6. tadinya saya udah komen di sini, tapi kok gak ada? masuk spam ya pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, ndak kok mbak puch. Folder spam coffee break nya kosong. Wah lari kemana yah komennya. he he

      Hapus
  7. saya sering ber-komentar seperti ketiga kalimat koment diatas, kecuali yang keempat..tapi saya tidak bermaksud berkomentar spam..tapi kalau itu masih dianggap spam..wah saya mau komentar bagaimana lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he... memang tidak semua niat itu selalu sama dengan penampakannya. Tapi tetap saya hargai komentar spam seperti itu. InsyaAllah saya masih berkunjung balik kok :). Intinya pemberi komentar spam masih sempat melihat blog saya meski sekilas saja ^_^.

      Hapus
  8. heheh apalgi ane gan, skarang blog ane udah do follow dan komentar2 macem "pertamaaxx, nice post" dan sodara2nya ga ane nampilin. SPam harus di musnahkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah blognya udah dofollow ya gan? memang harus dimoderasi tuh, klo ndak bisa jadi lumbung spam.. he he.

      terima kasih sudah mampir di mari.

      Hapus
    2. wah apa lagi saya belum tahu apa itu SEO
      kira saya sama seperti CEO ?
      hehe.....

      Hapus
    3. he he... untung juga bukan GEO atau malah BEO..

      terima kasih sudah berkunjung mas fajar.

      Hapus
  9. aku sering baca masalah SEO ini, tapi memang sampe sekarang aku masih bingung untuk mengerjakannya, kalo buku SEO sudah banyak dibaca, tapi prakteknya aja yang belum kesampean. Ntar deh kalo udah punya banyak waktu untuk mengerjakannya akan aku seriusin ngerjakan SEO.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah dah baca mengenai SEO ya mas? ayo dipraktekin mas... seru loh..
      mengetikkan judul postingan kita berada di page 1 google sungguh membanggakan :)

      salam kenal dan terima kasih sudah berkunjung di mari.

      Hapus
  10. wah Fin, aku nggak mudeng SEO, pagerank, apalagi alexa, maklum sih gaptek, yg penting nulis dan nulis soalnya itu yg bikin aku hepi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ha ha... ndak papa mbak. Yang penting itu nulis. Ngerti SEO, pagerank, alexa itu hanya pernak-pernik ngeblog. Buat apa ngerti banget mengenai itu kalau ndak nulis.

      Hapus
  11. #angguk2SmbilMenyimak
    saya nulis gak ada kpikiran yg aneh2 mas, nulis ya nulis aja..hehe
    ya seh, PR saya 1..mlai nulis lgi bru thun kmren..hoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yur... SEO mah hanya pernak-pernik blog. Intinya adalah tulisan itu sendiri. Semangat nulis aja deh.

      Hapus
  12. thanks infonya :D

    http://blogs.unpas.ac.id/anisamaulina/2012/11/24/jurusan-teknik-informatika/

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sama-sama. Terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates