Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat untuk menulis masih tetap menyala, menarikan pena melukiskan prasasti-prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Wednesday, June 27, 2012

68 Transfer Uang, Gagal, Tapi Saldo kok Berkurang?



Hari itu menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya dan istri. Momen yang mungkin tak terlupakan seumur hidup. Bukan kesan yang baik, tapi membuat kami benar-benar belajar dari pengalaman.

Transfer Uang Gagal, Saldo Berkurang

Awal Kejadian

Ketika itu istri sedang mentransfer uang yang jumlahnya tidak sedikit, sembilan juta lima ratus ribu rupiah (Rp 9500.000,-). Dia mentransfer dari rekening Bank A menggunakan ATM Bank C kepada rekening Bank B. Sengaja saya gunakan inisial nama Bank seperti itu supaya memudahkan penjelasan dan tidak mendiskreditkan salah satu bank. Kesalahan seperti ini bisa terkena di Bank mana saja.

Baiklah, silahkan disimak dulu ilustrasi gambar berikut ini .

Ilustrasi kejadian

Namun sungguh naas, saat proses transfer sedang berjalan entah kenapa tiba-tiba mesin ATMnya mati. Transfer gagal.

Sontak istri saya langsung bingung. Kepanikan langsung melanda. Di tengah rasa gugup, dalam hati ia masih berprasangka baik. Semoga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dia berprasangka baik, jikalau transfernya gagal maka insyaAllah uangnya akan baik-baik saja. Saldo tidak berkurang. Memang begitulah seharusnya.

Selang dua hari kemudian, istri iseng mengecek saldo yang ada di tabungannya mengunakan ATM resmi dari rekening bank dia. Betapa terkejutnya dia mengetahui bahwa saldo yang ada di rekeningnya tiba-tiba saja berkurang sejumlah uang yang gagal dikirimkan kemarin. 


Panik, kaget dan bingung bercampur aduk menjadi satu. Sungguh uang 9.5 juta bukanlah uang yang sedikit bagi kami. Dengan kondisi yang masih panik dan menahan isak tangis, dia langsung memberitahukan kejadian ini kepada saya, dan menyuruh saya mengecek apakah ada transaksi transfer kepada rekening saya. Kejadian ini membuat beribu prasangka buruk seakan berlomba mempengaruhi kami. Bagaimana jika uangnya tidak kembali? Ah, semoga saja tidak.



Pikiran saya berubah menjadi penuh dengan prasangka-prasangka buruk bagaimana jikakalau uang saya tidak kembali. Mungkinkah ini salah satu bentuk penipuan, scamming atau yang lain? 


Selesai mendengar kabar dari istri, saya langsung bergegas menuju ATM terdekat untuk memeriksa saldo. Masih mencoba sekuat tenaga untuk berprasangka baik. Semoga uang yang di transfer istri kemarin benar-benar sudah masuk ke rekening saya.

Namun ternyata harapan tinggallah harapan. Saldo saya tidak bertambah. Uang transferan istri belum masuk ke rekening saya. Ya Allah, kemana uang itu?



Solusi

Bila teman-teman mengalami kejadian yang mirip dengan apa yang kami alami, coba untuk tetap tenang dan senantiasa berprasangka baik kepada Allah. Ambil nafas dalam-dalam, namun jangan nekat menghembuskannya ke muka orang lain di sebelah. Bisa jadi ribut nanti.

Atas permasalahan diatas, kami mengambil langkah-langkah sebagai berikut:

Tetap Tenang dan Segera Melapor

Segera melaporkan kejadian ini kepada pihak Bank tempat kartu ATM anda terdaftar. Lebih baik anda langsung datang ke lokasi Bank agar mudah menjelaskan kejadian kepada pihak Bank.

Biasanya setelah anda melapor, anda akan disuruh mengisi formulir aplikasi yang kira-kira isiannya adalah sebagai berikut,

  • Nama
  • Nomor rekening anda
  • Isi atau deskripsi laporan (silahkan diisi dengan sejelas-jelasnya)
  • Tempat kejadian transaksi
  • Waktu kejadian transaksi
  • Jumlah besarnya uang yang ditransfer
  • Nomor tujuan rekening

Proses ini akan memakan waktu kurang lebih satu minggu-an. Namun, berdasar pengalaman kami hanya butuh waktu 3 hari aktif sampai uang kami kembali.

Harap diperhatikan bahwa selama tidak ditemukan indikasi penipuan, insyaAllah uang kita akan kembali.

Banyak Berdoa

Banyak-banyaklah berdoa, karena jika memang uang tersebut sudah menjadi jatah rejeki anda, maka tidak ada kekuatan lain di muka bumi ini yang mampu mengambilnya. Kita berlindung kepada Allah subhanahu wa taala.

Bersyukur

Nah, jika uang sudah kembali, jangan lupa untuk bersyukur dan berbagi. Karena bisa jadi, kejadian ini adalah skenario Allah supaya kita mau bersedekah.


Tips Transfer di ATM Bank

Kejadian ini membuat kami memiliki pengalaman yang berharga yang sayang jika tidak kami bagi dalam blog ini.

Berikut tips jika ingin mentransfer uang dalam jumlah yang cukup besar:

  • Usahakan langsung mentransfer lewat Bank. Kita datang ke Bank, kemudian mengisi formulir transfer.
  • Jika memang terpaksa menggunakan ATM (karena memang ini lebih praktis), usahakan menggunakan ATM bank yang bersangkutan (bukan ATM bersama). Semisal ATM kita terdaftar di Bank-A, maka kita sebaiknya menggunakan ATM Bank-A. Hal ini dimaksudkan jikalau terjadi error, maka akan mudah untuk melakukan tracing.
  • Ini agak ribet sedikit, tapi lebih aman. Cobalah dulu mentransfer dalam jumlah kecil, semisal 50 ribu. Jika berhasil, silahkan lanjutkan transfer dalam jumlah besar. Ini untuk mengecek apakah ATM yang kita gunakan sedang error atau tidak.
  • Jika semisal memang ada kejadian error semacam itu, maka usahakan langsung mengecek saldo ke ATM penerima. Lebih baik segera menghubungi pihak penerima untuk mengkonfirmasi apakah dana yang ditransfer sudah masuk atau belum.
  • Ketika akan memulai mentransfer uang, silahkan berdoa dulu. Agar Allah mudahkan prosesnya. Aamiin.



Semoga bermanfaat.

Related Post



68 comments:

  1. syukurlah kl uangnya bisa kembali :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. he he makasih mbak..
      Semoga pengalaman saya bermanfaat bagi yang lain.

      Delete
  2. kalau saya waktu itu kartu ATM nya yg tertelan mas..sdikit panik seh. tpi, lgsung lapor sama satpam pnjga atm dan hubungi pihak bank..

    nyangkut dmna duitnya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah klo saya belum pernah kejadian ATM yang tertelan. Semoga tidak pernah kejadian seperti itu he he..

      Iya uangnya nyangkut entahlah dimana. Mungkin perhitungannya saja yang salah. Nyatanya setelah ditelusuri, uangnya bisa kembali lagi kok. Uang 9.5 juta nyasar itu bikin hati bener-bener tidak tenang.

      Delete
  3. wah ternyata ada kejadian yang sama, ATM ane malah juga pernah ketelen, Tranfer gagal dan uang juga tersangkut dimana gitu, mantap broo..moga tdk terjadi dengan yang lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin. Btw tapi uangnya bisa kembali lagi kan??

      soalnya ada keluarga yang uangnya 1jt nyangkut trus hilang gitu. Katanya korban penipuan. Wih serem deh pokoknya.

      Moga ini menjadikan kita semakin hati-hati, terutama jika beraktifitas di dalam ATM. Klo merasa ada yang error, segera saja menghubungi pihak bank :)

      Delete
  4. bukan hanya saat transfer, mau ambil uang aja aku selalu berdoa hehehe takut gak keluar uangnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalau ini lebih bagus lagi mbak lidya :). Jadi apa-apa musti di awali dengan berdoa.

      oh iya salam kenal yah.. baru sekali mampir kan di rumah saya yang reyot ini :)

      Delete
  5. Wah, syukur deh kalau udah balik. Jadi ingat ayah saya yang selalu 'melarang' saya untuk melakukan transaksi lewat ATM. (Kedengaran sedikit katro, sih.)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya.. alhamdulillah ya (syahrini mode). Hemm iya sih lebih aman jika langsung transfer lewat bank. Jika ada kesalahan, langsung ada yang bisa di salahkan he he.

      Delete
  6. aku baru tahu Fin, kalau bisa juga tranfers lewat ATM

    ngeri juga ya Fin, andai uangnya lenyap begitu saja, tapi syukurlah sudha kembali, emang enak transfer langsung di bank ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya mbak. Bisa lebih praktis sekarang transfer lewat ATM. Tapi ya gitu deh, ada resiko besar menanti juga. Lebih aman sih langsung transfer lewat bank-nya.

      Delete
  7. setuju sekali : dicoba dulu :) supaya tidak rugi bandar.. :)

    tapi saya tidak pernah mentransfer uang banyak2.. paling banter 100rb buat beli baju gitu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ha ha... jangan sampai bandar rugi mas affan :). Bandarnya musti untung besar #halah.

      ketahuan nih suka belanja wkwk..

      Delete
  8. wah, sudah berapa lama saya tidak mampir ke sini ya? penampilannya baru euy,,

    oya, yg komen juga lebih banyak
    tandanya pak fifin sekarang rajin mengunjungi blog orang :D
    dan...
    ada iklan di blog ini, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah iya loh.. sudah kutunggu kunjunganmu tak datang datang :).

      yup penampilan baru biar lebih segar sedikit.

      mengenai komen yang banyak, sekarang saya pengen menjadi blogger yang bersosial :). Biar tambah banyak teman.

      Untuk iklan, wkwkw.. mirip TV lah, ada iklan untuk keberlangsungan blog :).

      Delete
  9. Whaowww.. ngerikk juga yaa kalo sampe angkanya besar gituu. Dan emang lebih aman pake ATM resmi mas. Pake ATM bersama kalo pas kepepet aja.

    Semoga kejadian serupa gak terulang yaaa... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya,.. sekarang pun aku jadi trauma make ATM bersama mbak. Lebih suka make ATM yang resmi ajah.

      aamiin.. semoga ndak kejadian lagi. Baik bagi saya maupun bagi teman-teman semua. Makanya saya share pengalaman saya ini di blog saya :)

      Delete
    2. Maaf saya mau tanya .klo hasil cetak transfer nya bertuliskan "transaksi sedang diproses itu gimana ya?"

      Delete
  10. Saya pernah mengalami dua kali gagal transfer, alhamdulillah uang kembali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah... wih.. sampe 2 kali gitu ris? horor banget yah..

      yah semoga ini pengalaman pertama saya dan ndak akan terjadi lagi.

      Delete
  11. 9.5 juta itu juga tak sedikit untuk saya maka kalau mengalami pengalaman yg sama, pasti panik..Untung lah akhirnya uang kembali ya Mas..Sakit banget kalau harus kehilangan segitu sia-sia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak Evi, uang 9.5 jt bukan uang yang sedikit. Alhamdulillah akhirnya bisa balik lagi.

      Ini menjadi pengalaman berharga buat saya.

      Delete
  12. wow, pengalaman yang berharga ini Fin.syukur uang e balik :d.
    btw, untuk transfer uang saya sendiri ga pernah percaya pakai atm,jadi langsung lewat bank.karena selama ini transfer selalu gagal klo lewat atm , tapi untung uang ga hilang.
    atm pakai jaringan apa ya, internet ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ed. ini bener-bener pengalaman yang super berharga (#agak lebay). Nah begitu lebih aman sih, langsung make jasa bank.

      Wah sepertinya bukan ATM tidak memanfaatkan internet kok. Klo yang memanfaatkan internet itu yang Internet banking itu. Kalo ATM setahuku sih ga pake internet.

      Delete
  13. hadeehhhh... tadi jam 10an sy tranfer dari rekening muamalat ke BCA, saldo berkurang tp penerima bilang uang belom masuk. lagian juga struk ga keluar..huh...
    sy udh minta rekening korang dr pihak bang muamalat bener alamat rekeningnya. tp smpe jam 5 sy tanya lagi penerima bilang belom masuk.. hadoooh.. gimana ituuu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di konfirmasi ke pihak bank. Kemarin kami juga langsung konfirmasi ke pihak bank dan di cek. Rupanya ada kesalahan teknis dari pihak bank.

      Delete
  14. Asalamualaikum saya dwi. Mau tanya mas klo orang tua saya transfer k rek saya yg sudak tidak aktif kira2 uangnya sampai tidak yah? Dan saya bingung uang yg msuk k rek saya yang sudah mati bisa d ambil tdak yah? Atm ny sudah d tarik oleh kampus kebetulan ortu gak tau klo no rek saya itu sudah tdak aktif. Saya jdi bngung nih mas mesti gimna

    ReplyDelete
    Replies
    1. @maya dwiyani :
      Waalaikumsalam warahmatullah. Seharusnya jika rekening tujuan sudah mati, maka proses transfer tidak berhasil.

      Pastikan bahwa saldo rekening orang tua anda tidak berkurang. Jika berkurang, maka langkah paling tepat dalam kasus ini adalah segera menghubungi pihak bank yang bersangkutan.

      Delete
  15. Barusan saya mengalami hal serupa. Tapi jumlah saldo yang tadinya 1 jt lebih sekarang berubah menjadi 500rb lebih. Padahal hanya mentransfer 300rb. Itu bagaimana? Kebetulan saya belum ngecek saldo lagi di ATM saya yg sebut saja ATM A seperti transaksi diatas. Mohon bantuannya untuk menjelaskan. Ini kenapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemm Coba dicek di Internet Banking mengenai history transaksi. Nanti ketahuan uang 200 tersebut hilang kemana.

      Delete
  16. di tahun 2015 bulan juli lalu , saya mengalami hal serupa
    dari BNI syariah ke Mandiri
    dana nampak sukses terkirim tapi di rekening tujuan dana belum masuk
    dan baru sadarnya 30hari setelah transaksi

    skrg lagi komplain ke bank

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga segera clear masalahnya ya mbak.

      Delete
  17. Gan, saya mengalami hal serupa, mau tanya uang nya kembali ke rek.tujuan atau ke rekening awal gan? apakah transaksi nya bisa dibatalkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin setelah saya proses, uang kembali ke rekening awal.
      Iya transaksi bisa dibatalkan.

      Delete
  18. Q salah daftarin rek harusnya mandiri tp bni.. tp tetep dproses sama bca jg saldo kepotong... hikhik pdhl q cb pke ib yg lain no rek tdk dtemukan.. apakah uang bisa kmbli??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus ditanyakan kepada pihak bank yang terkait. Semoga uangnya bisa kembali.

      Delete
  19. kejadian ini saya alami saudara transfer lewat e-banking sdh dikirim dua kali berhasil namun di bank saya blm ada transaksi apapun. itu bagaimana ya?

    ReplyDelete
  20. Yang dialami isteri mas. Saya alami pagi ini, saya transfer di atm bersama senilai 10 jt, transaksi gagal kata atmnya, trus saya cek saldo, saldonya hilang, saya jadi panik, saya cek rek tujuan (rek saya yg di bri) tdk ada juga. Saya hub bang saya bank nagari katanya, ditunggu sampai siang atau sore ya buk, biasanya kalau pengiriman gagal uang kembali ke rek pengirim. Kalau tdk masuk nanti sore ibuk buat laporan di kepolisian bahwa kehilangan uang di transaksi atm, setelah itu ibuk kembali kesini (bank nagari) kami akan buat kan berita acaranya dan nanti kami bantu prosesnya. Saat ini udah siang saya cek ulang belum masuk. Akan saya tunggu sampai sore.....semoga uang saya kembali. Amiiin

    ReplyDelete
  21. Barusan sy alami jg, transaksi transfer gagal, tp saldo berkurang. Sedangkan bank yg dituju, blm ada dana masuk. Smoga pengalaman ms Fifin membantu :)

    ReplyDelete
  22. Barusan sy alami jg, transaksi transfer gagal, tp saldo berkurang. Sedangkan bank yg dituju, blm ada dana masuk. Smoga pengalaman ms Fifin membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup. Apa yang barusan mbak Shinta alami itu sama persis dengan yang saya ceritakan dalam postingan diatas. Semoga tulisan saya diatas bisa membantu.

      Delete
  23. Saya baru aja mengalami ny... !!! Saya transper duit k bca malalui Atm bersama di stu d katkan gagal tp stelah saya cek dr internet-banking transper masuk. Tp blm tau ni benaran masuk atau nggak soalny blm d cek ama yg saya trasper... kira2 masuk gak itu yah/????

    ReplyDelete
  24. Saya baru aja mengalami ny... !!! Saya transper duit k bca malalui Atm bersama di stu d katkan gagal tp stelah saya cek dr internet-banking transper masuk. Tp blm tau ni benaran masuk atau nggak soalny blm d cek ama yg saya trasper... kira2 masuk gak itu yah/????

    ReplyDelete
  25. Saya juga mau bagi pengalaman saya nih..kemarin saya transfer uang via atm di situ saya transfer uang udah berhasil dan struknya jga udah keluar dan saldo saya juga udah berkurang tpi, kenapa saya di beritahu oleh pihak yg menerima transferan saya dia bilang belum menerima uang yg saya kirim padahal sudh berhasil transfer. Baru saya cek ke bank di buku tabungan juga udh berkurang dan saya komplein sama pihak bank katanyaa mereka ngga bisa tanggung jawab
    Jadi klo udh kya gini gimna yaa?? Mohon sarannya

    ReplyDelete
  26. Hadehhh ....Sya jg transfer Dr bank BRI ke BCA Tp struknya gk keluar
    Padahal transaksi tidak berhasil & Saya coba lgi Tp tetep gk berhasil
    Klo Ada pemberitahuan Error sih gpp
    Ini nongolny transaksi gak berhasil coba LG Tpi Saldo Sya cek Berkurang
    Akhirny Sya keluarin atm Sya
    Dan pginy Sya cek d bank ktny transaksi Berhasil
    Tpi tmn Sya bilang gk da saldo masuk
    Dh tlpn customers service proses 20 hr
    Kelamaaann ...

    ReplyDelete
  27. Kalau begitu kejadiannya mending berikutnya jangan tranfer dengan cara seperti itu (yang ada di gambar). Lebih repot pada akhirnya harus ngurus-ngurus laporan ke bank

    ReplyDelete
  28. Barusan transfer dari mandiri ke bca lewat m banking, tp cumat muter2 dan gagal tp saldo terdebet ,dan juga ga masuk ke rekening tujuan

    ReplyDelete
  29. Aduuuhh, saya malah transfernya untuk bayar angsuran dan katanya penerima transfernya blm masuk sedangkan saldo udah berkurang. Skrg udah lewat jatuh tempo jadi kena denda deh :( selain 3 hari prosesnya paling lambat berapa lama ya?

    ReplyDelete
  30. Kejadian sama saya tanggal 31 Januari 2017. sudah lapor bbank yang mengeluarkan kartu. rekening yang dituju masih rekening sendiri. print out transaksi bank tujuan sudah dicopy. masih belum balik juga uangnya sudah seminggu lebih. padahal di rekening tujuan iu uang sudah balik lagi minus. besok saya mau balik lagi ke banknya. minta penjelasan. parah kalau gk ada juga. Saya mau minta kedua pihak bank ketemu saja kalau gk pada mau tanggung jawab. masih satu lokasi juga banknya.

    ReplyDelete
  31. Saya transfer lewat bsm mobile tapi transaksinya gagal..
    Tapi saldoya abis ..
    Gimna nih

    ReplyDelete
  32. saya kemarin d trf, saldo konsumen terdebit,dan saldo kita tetap tidak ada perubahan kejadiannya dari bni ke mandiri,lewat atm bersama,sayangnya konsumen tidak mau tau dan tidak mau bekerja sama dengan pihak kami ini bagai mana ya uang saya nyangkut dimana,apa kalau ditunggu saja akan masuk? atau hilang?

    ReplyDelete
  33. kenapa uang saya belum msk terdebit dari kartu atm bank riau ke mesin atm mandiri saya transfer ke bni..sdh 14 hari lewat blm msk uang saya ke atm

    ReplyDelete
  34. tadi saya kembali ke bank riau pusat di sudirman pekanbaru depan polda riau.dicek suruh nunggu lagi waktu tiga hari uang akan kembali ke atm.gimana uang saya hrs msk

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muhammad Arif : Waktu saya juga harus nunggu waktu sekitar 1 minggu. Tetapi waktu itu saya hanya 3 hari saja.
      Jadi sementara ditunggu saja. Semoga uangnya lekas kembali.

      Delete
  35. sampai sekarang tidak kembali uang saya sudah 20 hari lebih

    ReplyDelete
  36. sebaiknya anda menghubungi kembali pihak Bank terkait. Karena memang itu satu-satunya solusi.

    ReplyDelete
  37. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya baru mengalami kejadian seperti di atas,, dan pada saat saya transfer menggunakan internet bangking ke beda bank koneksi terputus dan saya mengulangnya sampai 4x tapi tetap koneksi terputus dan begitu mengejutkan saldo saya terpotong 700rb sebanyak 4x jadi 2,8jt 😥😭😭 tapi nomor rekening yg saya masukan mencek saldonya tidak ada bertambah, saya ke bank untuk melaporkannya tapi org bank bilang transaksi berhasil dan ngak tau uang saya ke mana larinya 😖😖 pada hal nomor rekening yg saya kirim sudah benar😭😭

      Delete
    2. Mbak Ernita Selfiana : Saya mengalaminya beberapa minggu yang lalu juga. Jadi pengalaman ini saya sudah merasakan dua kali.

      Yang pertama adalah ketika tulisan ini dibuat. Sedangkan yang kedua adalah beberapa minggu yang lalu.

      Kejadiaanya sama, yaitu transfer, kemudian koneksi internet sedang lemot (berujung ke hang). Akhirnya saldo berkurang, tetapi penerima tidak merasa menerima transferan.

      Akhirnya cara terbaik adalah menelefon Bank yang bersangkutan. Alhamdulillah akhirnya diproses dan dalam sehari, uang saya sudah diterima oleh penerima.

      Delete
  38. Replies
    1. Alhamdulillah jika pengalaman saya bisa memberikan pencerahan bagi orang lain. Semoga bermanfaat.

      Delete
  39. Saya juga mengalaminya mas fifin,kejadian baru kemarin malem, saya transfer uang 7jt dari BCA ke BRI via ATM bersama, transaksi gagal,tapi saldo berkurang slip pun tidak keluar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harus segera difollow up dengan konfirmasi ke bank yang bersangkutan. Biar segera selesai masalahnya.

      Akhir-akhir ini sering terjadi masalah seperti itu. Harus berhati-hati.

      Delete
  40. Sya baru mengalami kejadian serupa tapi tak sama :) , saya bayar tagihan via virtual account di bca mobile banking , pada saat saya bayar diketerangan transaksi gagal , dan saya coba kembali gagal lagi dan keterangan untuk cek mutasi rekening ,pas saya cek saldo saldo saya berkurang dan mutasi rekening saya ada bayar tagihan sebesar 1 juta ,padahal transaksi gagal dan tidak ada inbox transaksi pembayaran :( saya juga sudah tanyakan ke pihak merchant bahwa pembayaran saya belum masuk . Saya sudah menghubungi dan mendatangi ke BCA cabang ,tetapi saya tetap melaporkan keluhan saya ke call center yang pada saat itu disediakan telp oleh pihak BCA cabang , setelah saya ceritakan kronologis nya dan pihak CS BCA nya sudah membuat laporan atas apa yang saya alami ,saya diharus kan menunggu proses 10hari kerja dan paling lambat 28 juni 2018, mohon pencerahannya , apakah dana saya bisa masuk lagi ,soalnya pembayaran tagihan nya lumayan sebesar 1 juta rupiah dan saya kena denda , sementara uang saya sudah habis :(,tapi proses nya terlalu lama oleh BCA nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara terbaik memang harus menghubungi bank yang bersangkutan. Jika harus menunggu proses, tetap harus ditunggu. InsyaAllah jika memang bukan kesalahan kita, uang akan kembali.

      Delete
  41. Saya baru kemarin kejadian transfer dr ATM B** ke B** (masih satu bank ) pakai kartu D*na*** transfer gagal, tidak keluar struk, saldo terpotong. Lalu pindah ke bank d*na*** dan berhasil serta struk keluar. Trus iseng liat sisa dana rupanya terpotong2x. Saya pikir paling besok kekirim. Ternyata besoknya temen kabarin tidak ada mutasi masuk. Kata cs d*na*** uang terkirim trus kata temen saya uang belum terkirim. Bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama pastikan dulu bahwa uang memang benar-benar belum diterima oleh teman anda. Jika sudah yakin, segera telfon ke custumer service dari bank yang bersangkutan.

      Karena yang bisa menyelesaikan adalah pihak bank yang bersangkutan. Semoga segera solved masalahnya.

      Delete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates