Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Jumat, 29 Juni 2012

12 Nama Bayi Islami

Tak terasa sekarang umur kehamilan istri saya sudah memasuki usia 7 bulan. Salah satu hal yang cukup menarik perhatian saya (selain tentu ingin dimudahkan dalam proses kelahirannya) adalah tentang nama anak.

Memberikan nama anak adalah salah satu tanggung jawab pertama orang tua kepada sang anak. Memberikan nama kepada anak tidak boleh sembarangan apalagi sekedar iseng.

Nama anak itu membawa doa dan harapan di sepanjang hidupnya, maka haruslah diambil dari kata-kata yang memiliki arti kebaikan, keindahan, dan juga harapan. Namun meskipun begitu, hendaknya kita juga memperhatikan bagaimana adab di dalam agama Islam mengaturnya.



Ilustasi bayi

Memberi Nama Anak Islami

Kali ini saya ingin sedikit merangkum dan membuat kesimpulan dari fiqih pemberian nama anak yang telah disampaikan oleh ustadz Abdullah Haidir lewat twitter beliau.

Pemberian Nama Anak 

Nama anak sebaiknya diambil dari kata-kata yang mengandung keindahan, kebaikan dan harapan. Meskipun begitu, harus juga diperhatikan bagaimana kesesuaian dengan adab Islam. Maka berikut ini hal-hal yang musti diperhatikan :
  • Nama anak sebaiknya diberikan pada hari ketujuh kelahiran berbarengan dengan aqiqah. 
  • Di dalam pemberian nama ini tidak ada ritual khusus, tidak dicampur dengan hal-hal yang sebenarnya tidak berguna apalagi mengandung kesyirikan. 
  • Yang paling berhak memberi nama adalah kedua orang tuanya, terutama sang ayah. Namun cukup baik jika suami dan istri bersepakat. Kalaupun mereka ingin meminta saran kepada orang tuanya atau gurunya, akan lebih baik lagi. 

Contoh dari Nama Untuk Anak Laki-Laki

  • -Nama yang paling disukai oleh Allah Ta’ala adalah Abdullah dan Abdurrahman. 
  • -Nama yang berisi penghambaan melalui Asmaul Husna seperti : Abdul-Aziz, Abdus-Salam, Abdul-Jabbar, Abdul-Matin, Abdul-Jalil, Abdun-Nur. 
Catatan: Pastikan bahwa nama yang disandingkan dengan kata 'abdun' adalah nama Allah, jangan sampai bukan nama Allah, seperti Abdurrasul, Abdunnabi, Abdul Ka'bah. Hendaknya bertanya jika belum dapat memastikan
  • Nama-nama Nabi alaihimussalam. 
  • Nama-nama Shahabat, seperti Abu Bakar, Umar, Usman, Ali, Hasan, Husain (bin Ali bin Abi Thalib) 
  • Usaid (bin Khudhoir), Sa’ad (bin Abi Waqqas), ‘Urwah (bin Zubair), Anas (bin Malik), Zaid (bin Tsabit), Salman (al-Farisi), Suhaib (ar-Rumi), Mu’az (bin Jabal), Khabbab bin (Art), Usamah (bin Zaid) 
  • Nama-nama dari Salafussalih, di antaranya : Sufyan (at-Tsauri), (Ibnu) Mubarok, Bukhari, Muslim. 
  • Nama-nama yang memiliki makna/arti yang baik misalnya Hammam (orang yang berkemauan kuat), ‘Azzam (orang yang memiliki tekad), ‘Izzat (dari kata ‘Izzah’ yaitu harga diri), Ghozi (pejuang), Aiman (sisi kanan/ simbol kebaikan), ‘Ashim (Yang melindungi), Bassam (banyak tersenyum/pemurah hati), Hamad, hamid, Mahmud, Ahmad (terpuji). 
  • Tidak mengapa apabila kita menggunakan nama lokal selain bahasa Arab, sepanjang maknanya juga baik, seperti Asep, Bambang, Joko, dll. 

Contoh Nama Anak Perempuan

  • Wanita Shalihah dalam al-Qur’an misalnya Asiah (Istri Firaun yang beriman), Maryam (Ibunya Nabi Isa), Bilqis (Ratu Saba yang beriman), Sarah dan Hajar (Istri Nabi Ibrahim). 
  • Istri-Istri Rasulullah saw: Aisyah, Khadijah, Shafiah, Romlah, Hafshah, Zainab, Saudah, Juwairiah, -Nama-Nama Shahabiah semisal Fatimah, Ruqayah, Ummu Kultsum, Zainab (putri-putri Nabi), Khonsa, Khaula, Rufaida, Rumaisha (Ummu Sulaim), Nusaibah, Sumayyah, Zunairah, Asma’, Halimah, Umaimah. Tsuwaibah, Atikah, 
  • Nama-nama yang memiliki makna yang baik misalnya Qonita (Wanita yang khusyu’ beribadah), Shabrina (berasal dari kata Sabar), Muthmainnah (Wanita yang tenang), Zakiyah (Wanita yang mensucikan dirinya), Labibah (wanita yang cerdas). Hanan (Wanita yang sangat kasih), Najla, Amal (harapan), Afnan (tumbuhan di syurga). Haura (berbola mata hitam), Hasna (sangat cantik), Naqiyya (bersih, jernih), Salwa (makanan dari syurga). 

Hindari Pemberian Nama Berikut

  • Nama yang mengandung unsur kesyirikan, spt: Abdusysyams (hamba matahari), Abdul-Uzza (hamba berhala Uzza), dan semacamnya. 
  • Nama yang mengandung makna tidak baik, seperti, hazin (orang yang sedih), Makir (orang yang suka memperdayai orang lain). 
  • Nama-Nama dari tokoh orang kafir atau menjadi ciri nama kafir, seperti tokoh negarawan, olahragawan, artis. Seperti : Winston Churchil, Tony Blair, George Bush, Diego, Ronaldo, Madona, Britney, Franky. 
  • Nama yang diambil dari nama-nama bulan masehi, seperti Agustinus, Juni, Juli, January, Octavia, dll. Sebab nama-nama bulan tersebut memiliki latar belakang pada keyakinan tertentu. 
  • Pemberian nama tanpa makna dan maksud tertentu, atau sekedar memberikan kesan unik
  • Memberikan nama dengan nama orang yang masih hidup, walaupun dia orang beriman dan saleh. Sebab tidak dipastikan akhir kehidupan seseorang. Apalagi jika orang tersebut bukan orang beriman, atau orang beriman namun tidak dikenal kesalehannya, seperti nama artis atau olahragawan non muslim. 
  • Nah ini yang sering kita sepelekan : yakni memberi nama dengan makna yang terlalu besar dan memberatkannya secara psikologis serta cenderung sebagai tazkiyah (mengangkat diri), seperti 'Amirul mukminin', 'Syaikhul Islam', 'Sayyidina', 'Hujjatul Islam' dll. 

Catatan: Tidak selalu nama yang berbahasa Arab itu baik, atau sebaliknya, nama selain bahasa Arab itu tidak baik. Barometernya adalah makna dan kandungannya. Akan tetapi nama dengan kosa kata Arab dan mengandung makna yang baik, lebih mencerminkan kecintaan seseorang dengan budaya Islaminya… wallahua'lam. Semoga bermanfaat.

Related Post



12 komentar:

  1. semoga diberi kemudahan dalam proses kelahirannya nanti mas.. jadi inget pada saat istri saya hamil sekitar 7 bulan, saya juga bingung pilih nama (sampai pinjem buku nama temen skantor juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin. Makasih doanya ya mas.

      He he agak grogi neh pengalaman pertama istri saya hamil. Bismillah semoga dilancarkan semuanya oleh Allah.

      Hapus
    2. Wah, banyaknya... Bagus jadi referensi nih... (buat nanti... nanti banget)

      Hapus
    3. hik hik... iya mas falzart... nanti yah, klo dah mo punya anak. Sekarang bikin stok nama dulu he he..

      Hapus
  2. Nama mengandung makna dan harapan dari orang tuanya. Saat ini banyak orang tua yang memberikan nama anaknya begitu 'panjang' dan terkesan 'namanya aneh-aneh' dan 'cukup sulit' untuk dihafalkan. Apakah sudah menjadi trend ya ? Jaman sudah berubah. Saat ini nama anak begitu indah, modern, dan menarik sekali. Artikel ini menjadi salah satu referensi yang menarik untuk menjadi bahan pertimbangan pemberian nama anak kita. Semoga sukses dan bahagia dalam mengarungi kehidupan ini. Teriring salam buat sobat Fifin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam sukses juga mas herdoni. Iya sekarang ini banyak nama panjang banget susah dihafalkan. Istri saya yang seorang guru kadang juga agak repot klo nama muridnya panjang-panjang gitu :).

      Tapi yah gitu, orang tua memiliki selera tersendiri dengan nama anaknya. Yah asalkan bermakna yang baik sih ndak papa juga :)

      Hapus
  3. arena nama itu juga do'a ya mas? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mbak ke2nai :), nama untuk anak kita itu doa dan harapan kita nantinya mau seperti apa kelak anak kita menjadi.

      Hapus
    2. Betul, setuju! coba jikalau namanya "Imam Saytoni", kan jadi pemimpin syetan..gak keren juga bila di akherat nanti dipanggil di padang mahsyar "Imam Saytoni bin Iblis"! ngeri deh

      Hapus
    3. ha ha... serem banget yah namanya 'Imam Saytoni'.

      Btw mas andik ini guru SMU 1 Magetan ya mas? istri saya pernah jadi mentor rohis disitu :)

      Hapus
  4. jadi, kesimpulannya udah ketemu belum nama buat calon Fifin junior pak? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. he he... udah donk... doakan ya semoga lancar kelahirannya.

      Hapus

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates