Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Wednesday, November 16, 2011

8 Pengikat Surga

Hati ini kembali bergemuruh. Ini empat lembar terakhir yang kubaca pagi ini selepas sholat shubuh. Empat lembar yang menusuk sembilu di hati ini. Sebuah rangkaian heroik episode perjuangan sejak awal masa dakwah bersama lelaki malaikat yang dikabari surga itu, kini akhirnya benang itu terurai. Entah apa yang engkau pikirkan dan rasakan saat itu wahai Asma binti Abu Bakar?, 60 tahun bertahan sendiri pasca wafatnya amirul mukminin Utsman yang bergejolak hingga prahara dahsyat putramu Abdullah ibn Zubayr. Kami hanya penonton yang hanya bisa menyaksikan dahsyatnya keteguhan hati dan kelembutan jiwamu. Wahai Asma, akankah kami ini bisa mewarisi sedikit dari apa yang engkau punya?.

Pengikat Surga, inilah novel yang menggambarkan kisah awal perjuangan Rasulullah bersama para sahabat generasi awal dengan tokoh utama Asma binti Abu Bakar. Membacanya saya merasa berada di tengah-tengah masa itu. Masa-masa awal yang membutuhkan mental baja dan keteguhan hati. Masa-masa awal yang menantang keimanan. Ini memang hanyalah sebuah novel dengan bumbu cerita sana sini, tapi saya melihat kehati-hatian sang penulis dalam menampilkan ceritanya sehingga tidak menyimpang dari garis-garis cerita utama. Tentu saja ini karena menceritakan kisah bukan manusia biasa, namun sebuah narasi suci perjuangan manusia pilihan.


Buku ini menceritakan tentang masa dakwah Rosulullah sebelum dan sesudah mendapat wahyu lewat lisan malaikat Jibril. Menceritakan dengan detail mengenai rekrutmen pejuang dakwah, yah.. kisah masuknya sahabat-sahabat yang mulia. Menceritakan setiap turunnya kalam ILAHI lewat peristiwa yang terjadi di sekeliling Rosulullah. Meski begitu novel ini tidak juga melulu bernarasi tentang perjuangan utama dakwah, namun cerita-cerita menarik kisah Asma dengan suami tercinta Az Zubayr. Kisah cinta yang awalnya didasari akan cintanya terhadap perkembangan dakwah tauhid. Banyak sekali hikmah yang dipetik dari novel ini. Diceritakan dengan runtut dan enak dibaca. Sangat layak menjadi pendamping dalam kajian sirah Nabi. It's recommended book.

Novel Pengikat Surga ini adalah buku pertama dari 3 novel yang tergabung dalam trilogi karangan Hisani Bent Soe, seorang pengajar (uztadzah) di Ma'had Al-Imarat Bandung. Rasanya ingin segera punya novel kedua dan ketiganya. Tapi setahu saya ada bukunya yang lain berjudul 'Mutiara Bumi Saba', kurang tahu apakah ini masuk trilogi atau tidak. Belum beli bukunya... ^_^.


*gambar adalah cover novel cetakan kedua, pinjam dari mbah google.

Related Post



8 comments:

  1. sudah lama rasanya tidak membaca novel islam...

    settingnya menarik ya sepertinya..

    ReplyDelete
  2. yup... untuk novel pengikat surga ini sangat menarik.

    keuntungan dari novel islam adalah selain kita bisa menyelami keindahan sastra, menikmati cerita, juga mampu mambangkitkan semangat untuk terus memperbaiki diri.

    ReplyDelete
  3. Membaca novel ini jadi iri dan berandai-andai...alangkah bahagia jika saya hidup pada jaman itu, langsung mendapat ilmu dari rasulullah, hidup bersama-sama orang-orang yang shalih...sungguh luar biasa...sirah yang diceritakan dengan lembut, menyentuh dan memahamkan.

    ReplyDelete
  4. @ririsnovie : yup bener ris.. namun kebahagian yang bersamanya ada keimanan dan perjuangan yang berlipat-lipat.

    ReplyDelete
  5. wah menarik juga ya spertinya novel ini.. semoga laris dan bisa diambil manfaatnya yak!!

    ReplyDelete
  6. @fauzansigma : yup novel ini disajikan dengan sangat menarik dan begitu banyak hikmah yang bisa diambil.

    ReplyDelete
  7. Kalau bleh tau ad toko buku online nggk yg mnjual buku2 smcm in. Saya posisi d mlng nh.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates