Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Sunday, November 13, 2011

6 Belajar dari Kiichiro Toyoda

Mobil ini menjadi terkenal seperti sekarang karena diciptakan dari jerih payah penelitian banyak orang dan gabungan pengetahuan berbagai pihak serta usaha yang makan waktu lama dan berbagai kegagalan, bukan karena keisengan seorang insinyur
-Kiichiro Toyoda-
November 1937

Komik inspiratif karya Shoji Kimoto dan Johya Kagemaru yang berjudul 'An Illustrated Biography Kiichiro Toyota' ini benar-benar meradiasi dan menstimulasi semangatku tiap kali membacanya. Mimpi gila, ketekunan dan daya juang Kiichiro muda untuk memulai bisnis otomotif mobil di akhir tahun 1923 memulai sebuah sejarah besar perindustrian Jepang di bidang otomotif.


Sejarah bermula ketika gempa besar mengguncang kota Tokyo, Kanagawa, Shizuoka, Chiba, Saitama dan Ymanashi (September 1923) menimbulkan kebakaran hebat di 130 tempat. Akibatnya semua listrik padam, jalur kereta tidak berfungsi. Orang-orang hanya bisa berjalan kaki atau naik sepeda. Kemudian PLN kota Tokyo mengimpor kerangka truk Ford yang kemudian diperbarui menjadi bis. Dalam sekejap, bis ini meluas di setiap kota di Jepang. Kiichiro muda berpikir bahwa 'Mobil ini hebat, mulai sekarang pasti mobil yang akan mendominasi sarana transportasi". Sebuah pandangan awal yang hebat dari seorang Kiichiro muda.

Bakat permesinan Kiichiro sudah tampak sejak dia masih muda. Bakat yang mengalir deras dari ayahnya. Ayah Kiichiro sering melakukan riset untuk menghasilkan penemuan-penemuan baru. Mesin tenun otomatis adalah karya besar ayah Kiichiro yang hasilnyapun bisa dinikmati keturunannya. Kiichiro pun ingin seperti ayahnya. Dia ingin membuat mesin mobil, mengembangkan industri mobil tak hanya untuk negeri Jepang saja, kalau bisa mendunia. Meski saat ini indusri mobil dunia dikuasai oleh Ford dan Chevrolet. Kiichiro bertekad ingin mengusir mobil-mobil luar negeri itu dari pasar Jepang, bahkan ingin menginvasi pasar negara lain.

Kiichiro sering menyendiri untuk membuat sketsa mesin. Menyendiri karena kakak iparnya yang sekaligus direktur utama perusahaan tenun ayahnya tidak menyukai hobi dan rencana gila Kiichiro untuk berbisnis di industri mobil. Ini ide gila!!. Namun Kiichiro rupanya tidak patah arang hanya gara-gara banyak keluarganya yang tidak setuju dengan rencana besarnya. Sedikit demi sedikit Kiichiro mulai merekrut karyawan yang memiliki visi dan misi dengan dia. Mulai mengimpor perkakas mobil maupun mobil jadi dari luar negeri kemudian dibongkar untuk mengetahui bagaimana kerjanya. Sebuah metode yang biasa disebut reverse engineering, yaitu mengembangkan teknologi dengan mencontoh teknologi yang sudah ada namun bukan berarti menduplikasi.

Namun ternyata mengembangkan industri mobil tidak hanya menguras keringat dan tenaga saja, namun menguras sebagian besar pundi-pundi keuangan perusahaan tenun ayahnya. Resiko bangkrutpun di depan mata. Namun Kiichiro tidak takut, dia begitu yakin bahwa jerih payahnya akan berhasil.

#Hampir satu abad kemudian
46 pabrik Toyota tersebar 26 negara dan menguasai 15% pasar global. “Orang melihat kesuksesan hanya satu persen, tapi tidak melihat 99% kegagalan".

Dan dengan membaca komik ini pun saya kembali belajar tentang makna kegagalan.
Kalau takut gagal, tidak akan jadi apa-apa. Mulai sekarang, bekerjalah dengan berani. Tapi hal penting dari kegagalan adalah kesadaran bagaimana memulihkan konsekuensinya sehingga berguna lagi kelak.
-kiichiro-


Related Post



6 comments:

  1. Toyota...

    vendor mobil penguasa Indonesia :D

    ReplyDelete
  2. semoga engineer xirka dapat terinspirasi dari kemauan keras dan & tidak patah arang dari Seichiro Honda dalam membuat chipset

    ReplyDelete
  3. @iput : semangat!!!!!,,,, untuk mengejar mimpi... Indonesian Siicon Valley

    ReplyDelete
  4. Toyota.

    Dari Kijang Grand Extra sampai Innova :D

    ReplyDelete
  5. @Kevin : yup.. betul sekali mas kevin..

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates