Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Sunday, March 15, 2009

4 Lebih tahu Tentang Gangguan Jin

Mungkin ada banyak di antara kita, yang tidak sadar bahwa apa yang kita lakukan selama ini yang mungkin bagi kita biasa biasa saja tapi dapat menimbulkan efek yang cukup berbahaya. Suatu saat ketika di rumah, saya iseng bernyanyi di dalam kamar mandi. Kemudian istri saya dengan segera mengingatkan saya untuk tidak mengulangi aktifitas seperti itu di kamar mandi. Loh, padahal saat itu lagi menyanyikan lagu nasyid. Kemudian saya bertanya kepada istri saya, kenapa hal itu tidak boleh saya lakukan. Dia kemudian mengatakan bahwa hal itu dapat mengundang jin untuk mengganggu kita. Setan laki-laki dan perempuan itu banyak terdapat di kamar mandi / WC.

Untuk itulah wajib bagi kita mengucapkan "taawudz" sebelum masuk di tempat tadi. Berikut saya paparkan beberapa sebab gangguan jin dan bagaimana cara mengusirnya. Materi ini didapat istriku ketika mengikuti kajian.


Indikasi gangguan jin:
1. Susah tidur atau gelisah.
Syaikh Wahiid ’Abdussalam Bali berkata, bahwa proses terjadinya gannguan setan atas manusia bisa di waktu tidur dan dalam keadaan terjaga. Proses gangguan ketika tidur bisa terjadi dalam berbagai bentuk, di antaranya:
- Sulit tidur (insomnia)
- Risau atau gelisah
- Stres
- Mimpi jatuh dari tempat tinggi, melihat hewan-hewan (kucing, anjing, unta, ular, singa,
musang, dan tikus)
- Tertawa, menangis, atau menjerit pada waktu tidur.

2. Pusing berkepanjangan.
3. Jauh dari zikir kepada Allah, shalat dan taat.
4. Malas-malasan.
5. Sakit ayan atau epilepsi.
Ibnu Qayyim al –Jauziyah berkata, “Penyakit ayan atau ash-shar terbagi menjadi dua. Pertama, disebabkan serangan roh jahat. Kedua, kegalauan psikis yang melebihi batas. Jenis epilepsi yang kedua merupakan bidang kajian ahli medis modern.” 

Jadi ketika kita mengalami beberapa hal di atas, kemungkinan kita lagi terkena gangguan jin. Ngapa-ngapain bawaannya males aja. Nah mungkin kita lagi kena tuh ^_^.

Sebab latar belakang gangguan jin:
Ibnu Taimiyyah berkata, ”Gangguan yang dilakukan jin kepada seseorang kadang-kadang karena desakan nafsu, birahi, dan cinta, sama persis dengan manusia ketika mencintai lawan jenisnya

Para ulama membahas sebab-sebab gangguan jin dalam kaca mata hukum Islam. Penyebab paling umum dari gangguan jin pada manusia adalah karena rasa benci, balas dendam, dan ingin menyakiti. Mereka kadang-kadang merasa terganggu oleh perilaku manusia dan menganggap bahwa semua itu dilakukan secara sengaja oleh manusia.

Dari uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa sebab-sebab gangguan jin kepada manusia dilatarbelakangi oleh tiga sebab:
1. Cinta yang sangat dan dorongan birahi yang memuncak. 
Ini terjadi pada jin laki-laki yang menyenangi perempuan bangsa manusia atau jin wanita yang menyenangi laki-laki bangsa manusia.
2. perlakuan manusia terhadap jin
Misalnya: menyiramkan air panas sembarangan tanpa berdoa, jika air tersebut mengenai jin. Maka jin bisa membalas dendam. Kencing sembarangan, menyiksa kucing, anjing, atau ular yang kadang merupakan jelmaan bangsa jin.
3. Perlakuan jin terhadap manusia
Seperti menyentuh tanpa sebab. Sentuhan jin jenis ketiga ini sering terjadi dalam empat situasi manusia:
- dalam kondisi marah berlebihan
- takut yang berlebihan
- desakan syahwat yang memuncak
- ketika lalai / melamun berlebihan

Pencegahan terhadap gangguan jin:
1. Memohon perlindungan kepada Allah sebelum masuk WC dan kamar mandi..
Rasulullah Saw. jika akam masuk WC membaca doa Allahumma inni a’uudzubika minal khubuts wa khaba’its. Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari jin laki-laki dan jin perempuan
2. Tidak bernyanyi atau teriak ketika berada dalam kamar mandi/WC
3. Membaca ta’awudz dan basmallah pada tempat-tempat yang rimbun atau jalan-jalan menanjak, terpencil, dan gelap
4. Berdoa membaca basmallah saat akan mandi dengan air hangat di kamar mandi, sebab air tersebut kadang kala menaykiti jin, dan dia akan membalas kepada manusia.
5. Jika seorang anak lahir harus dijaga dan dibentengi, dengan cara dibacakan adzan dan iqomah. 

Rasulullah Saw. bersabda:

Barangsiapa yang memiliki anak baru dilahirkan, maka kumandangkanlah azan pada telingan kanannya dan iqamat pada telinga kirinya. Maka tidak akan ada yang membahayakan dirinya atau bayinya” (HR. Baihaqi)

6. Tidak kencing pada air yang menggenang, dalam lubang. Tidak menyakiti anjing, kucing.
7. Jangan membunuh ular di dalam rumah.
8. Harus banyak membaca doa dan berdzikir.
9. Rasulullah Saw. bersabda ”Jika salah seorang di antara kamu akan bersetebuh, hendaknya membaca (yang artinya), Dengan nama Allah, Ya Allah jauhkanlah dari kami setan, dan jauhkan setan dari anak yang Engkau berikan kepada kami"

Nah semoga uraian diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. Wallhualam. 

Related Post



4 comments:

  1. wah materi bagus fin, kemarin ada temen juga minta tolong kasih materi ttg tanda2 gangguan jin gitu,

    btw, bagus lagi kasih rujukannya, al-qur'an apa hadits, ehehe, biar yakin =)

    ReplyDelete
  2. wah masukan yang bagus yan..
    jazakillah khoir..

    ReplyDelete
  3. nice article mas,..

    pernah baca di milis assunah, klo terkena gangguan jin, kita bs membaca Surat Al Fatihah, 5 ayat pertama dari Surat Al Baqoroh, Al Baqoroh ayat 102-103, ayat Kursi & 2 ayat Setelahnya, 3 ayat terakhir dari Surat Al Baqoroh, Surat Yunus ayat 79-82, Surat Al Kafirun, Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq, Surat Annas.

    ReplyDelete
  4. iya ris, terutama yg an-naas sama al-falaq, yaitu surat al-muawidzatain, kisahnya ketika Rasulullah saw terkena gangguan jin sehingga beliau lupa tentang sesuatu apakah sudah beliau dilakukan atau belum, lalu Jibril datang dan mengabarkan bahwa Rasulullah dikenai sihir, dengan cara rambut beliau yang ditaruh di dekat sumur, lalu Jibril membacakan dua surat, an-naas sama al-falaq, yang kemudian diistilahkan al-muawidzatain. wallahua'lam.

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates