Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, semangat untuk menulis masih meletup-letup dan terasa kian meletup menarikan pena melukiskan prasasti demi prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Wednesday, October 22, 2008

0 Tips sehat penggemar si 'hitam manis'

Kopi, boleh dibilang itu saya banget. Mungkin karena sejak kecil, saya sudah terbiasa mengkonsumsinya. Tapi uniknya, tidak sembarang jenis kopi yang saya minum. Tapi jenis kopi yang dibuat dari campuran beras, kemudian digoreng tanpa minyak. Setelah itu, ditumbuk memakai palu yang terbuat dari kayu ato besi. Wuih, rasanya bung, muantabs.

Apalagi kalau di saat kita meminumnya, ada temannya seperti ketela rebus atau pisang goreng. Dan diminum saat hujan rintik-rintik. Dahulu, ketika saya masih kuliah, mengkonsumsi lima sampai enam gelas sehari itu rasanya sudah biasa. Ya maklumlah, orang desa. Suasana juga mendukung ^_^. Dan sampai saat ini, saya masih tetap suka dengan si 'hitam manis' ini.

Tapi tahukah kita, bahwa meskipun banyak orang mengatakan kopi itu tidak menyehatkan, tapi sebenarnya ada kok solusi sehatnya. Bagi anda penggemar berat kopi, berikut ada 7 tips sehat bagaimana mengkonsumsi kopi.

1. Dosis
Memang belum sebuah ukuran yang pasti, berapa seharusnya kadar mengkonsumsi kopi dalam sehari. Namun kebanyakan penelitian mengungkapkan bahwa minum 300 mg caffeine (sekitar 1 sampai 3 cangkir kopi sehari) tidak memberikan efek negative pada orang sehat.

2. Sinyal Bahaya
Ada beberapa sinyal bahaya dari kopi yang musti kita waspadai. Antara lain : gelisah, jantung berdebar, gangguan tidur dan gangguan mood.

3. Mendengarkan Respon Tubuh
Setiap orang memiliki batasan sendiri mengenai konsumsi caffeine. Kebanyakan orang dapat mengkonsumsi 2 cangkir kopi sehari tanpa masalah. Namun ada pula yang mengalami efek buruknya dengan jumlah konsumsi kopi yang sama. Jadi kita musti tahu bagaimana respon tubuh kita jika mengkonsumsi kopi. 

4. Mengenali Kandungan Caffeine
Sebaiknya pilih produk kopi yang mengandung sedikit cafein. Tapi kata orang malah sebaliknya. Kopi dengan cafein tinggi, itu lebih nikmat. 

5. Check Up
Sebaiknya kita rajin dalam memeriksakan kesehatan kita. 

Related Post



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

Statistik Alexa

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates