Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat menulis masih menyala terang, menarikan pena melukiskan cerita kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Sunday, March 22, 2020

0 [Pengalaman] Cara Melepas Harddisk Laptop Notebook Acer Aspire One

Sudah beberapa bulan ini laptop / notebook istri saya tidak bisa boot-up.

"Notebook Acer Aspire One", begitulah nama merk lengkap dari laptop tersebut. Ketika dibawa ke tempat service laptop, saya berharap laptop tersebut bisa segera diperbaiki.

Namun, setelah berdiskusi singkat dengan sang tukang service, ternyata dia sendiri seperti tak yakin mampu memperbaiki laptop tersebut. Malah pernyataan yang keluar yakni adanya biaya untuk mengambil data-data penting dari harddisk-nya. Ya sebenarnya murah sih, tapi kalau dipikir-pikir jika hanya sekedar menyelamatkan data di harddisk, sepertinya itu bisa dilakukan sendiri. Tujuan saya membawa laptop itu ke tempat service adalah untuk diperbaiki, bukan untuk sekedar menyelamatkan data penting di harddisk.

Laptop Acer Aspire One
Notebook Acer Aspire One

Sebenarnya saya sendiri belum punya pengalaman sebelumnya dalam membongkar laptop. Pernah sih beberapa kali membongkar PC, namun tidak untuk laptop. Maka pada kesempatan kali ini, saya akan ceritakan pengalaman pertama kali bagaimana melepas harddisk laptop Acer Aspire One. Yang punya masalah dengan laptop merk tersebut, boleh dilanjut membaca tulisan ini sampai akhir.

Membongkar Laptop

Sebelum membongkar laptop, terlebih dahulu disiapkan peralatan-peralatan yang dibutuhkan antara lain obeng kecil dan pinset atau cutter.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membongkar notebook Acer Aspire dan mengeluarkan harddisknya.

  • Langkah pertama : Lepas dahulu baterai laptop
  • Hal ini merupakan langkah awal standard prosedur keselamatan agar ketika kita sedang memperbaiki/membongkar laptop, tidak ada suplai daya yang sedang aktif yang berasal dari baterai. Jika kita membongkar laptop dalam kondisi battery masih tersambung, itu bisa menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen yang ada di dalam laptop.

    melepas baterai laptop acer aspire one
    Tampilan belakang laptop Acer Aspire One

  • Langkah Kedua : Buka Keyboard Laptop
  • Untuk bisa melihat bagian dalam dari laptop Acer Aspire One, terlebih dahulu kita harus melepas keyboard laptop. Cara untuk melepas keyboard lumayan susah-susah gampang. Kita membatuhkan pinset atau cutter untuk mencukil keyboard pada bagian pinggirnya.

    melepas harddisk laptop acer aspire one

    Mohon untuk sedikit hati-hati dalam mencungkil keyboard dengan menggunakan cutter. Jangan sampai tangan kita terluka kalau kurang hati-hati.

    Keyboard berhasil dilepas

    Setelah keyboard berhasil dilepas, harap diperhatikan kabel konektor kayboard dengan motherboard. Lepas dengan hati-hati konektor tersebut, sehingga keyboard bisa dilepas dengan sempurna.

    Melepas Keyboard Laptop Acer Aspire One
    Keyboard berhasil dilepas, terlihat harddisk disisi belakangnya

    Setelah keyboard telah berhasil dilepas, maka akan terlihat harddisknya. Silahkan balik laptopnya untuk melepas harddisk tersebut.

  • Langkah Ketiga : Melepas Harddisk
  • Untuk bisa melepas harddisk, caranya cukup mudah. Silahkan buka baut yang mengunci frame harddisk seperti pada gambar berikut ini :

    Melepas koneksi harddisk

    Setelah baut frame dilepas, silahkan tarik ke arah menjauh dari koneksi harddisk. Dengan begini, harddisk Laptop Acer Aspire One sudah berhasil dilepas.

    Harddisk Laptop Acer Aspire One dilepas
    Harddisk berhasil dilepas
Demikian tips kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.



Related Post



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger

Total Pengunjung

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates