Selamat datang di gubug Inspirasi Coffee. Blog ini dikelola oleh penulis sejak September 2008. Sampai sekarang, api semangat untuk menulis masih tetap menyala, menarikan pena melukiskan prasasti-prasasti kehidupan. Hak cipta dilindungi oleh Allah Azza wa Jalla.
Selamat Membaca ^_^

Saturday, October 5, 2019

0 Mobil Listrik, Mobil Masa Depan

Tampilnya mungkin hanya 10 menit, namun semangatnya, pesan-pesan yang disampaikan, benar-benar meradiasi ke seluruh peserta yang hadir dalam seminar itu. Dari beberapa narasumber yang ditampilkan, dia terlihat menonjol dan paling bersemangat. Dia mendorong peserta yang hadir, khususnya anak-anak muda untuk senantiasa terus belajar dan meningkatkan kompetensi. Kreasi dan potensi anak-anak muda tentunya sangat dibutuhkan dalam membangun Indonesia terlebih lagi jika kita berbicara tentang mobil masa depan yaitu mobil listrik.

Berbicara tentang penelitian atau research mobil listrik, ini bukan hanya pekerjaannya BPPT, ini bukan hanya pekerjaannya universitas-universitas saja yang terlibat. Tapi lihatlah di luar sana, ada banyak sekali anak-anak muda dari berbagai pelosok nusantara yang peduli, mereka ingin sekali berkontribusi dan berkreasi. Ada sepotong kalimat pendek darinya yang menarik, disampaikan dengan nada datar namun tetap terkesan serius menggugah kesadaran kita semua.

'Apakah kita (generasi muda), hanya akan menjadi generasi unboxing?.'

Beliau adalah Ricky Elson, seorang pegiat mobil listrik Indonesia. Dia menggagas mobil listrik yang diberi nama Tucuxi dan Selo. Mobil listrik pertamanya yaitu Tucuxi pernah kecelakaan ketika diuji coba di turunan Sarangan, Magetan bersama dengan bapak Dahlan Iskan waktu itu. Namun, kecelakaan itu sama sekali tidak meruntuhkan semangatnya dalam mengembangkan mobil listrik. Sehari setelahnya, dia sudah sibuk mempersiapkan project baru dalam mengembangkan mobil listrik generasi berikutnya yaitu mobil Selo.

Seminar Ricky Elson tentang Mobil Listrik
Ricky Elson sedang memberikan Pemaparan Terkait Pengembangan Mobil Listrik

Pada tanggal 5 September 2019, dia hadir sebagai pembicara dalam seminar Indonesia Electric Motor Show 2019 yang digelar di Balai Kartini, Jakarta. Seminar ini digelar oleh BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) dan mengundang semua stage holder untuk memberikan pemaparan. Diantara narasumber yang hadir, selain BPPT, ada Pertamina, PLN, Swasta, Universitas, dan semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu. Kesemuanya menyampaikan bagaimana persiapan mereka dalam menyongsong era mobil listrik.

Selain seminar, sebenarnya ada juga pameran mobil listrik dalam acara tersebut. Berikut ini adalah beberapa foto yang sempat aku abadikan,

Mobil Listrik Toyota Prius Phev
Mobil Toyota Prius PHEV


Toyota Prius sedang charging
Mobil Listrik Saat dilakukan Proses Charging


mobil
Mobil Listrik BYD yang dipakai oleh Taksi Blue Bird


Mobil Listrik Wuling E200
Mobil Wuling E-200


mobil listrik mitsubishi Outlander Phev
Mitsubishi Outlander PHEV


Motor Listrik Viar
Motor Listrik VIAR


Nah, dari mobil-mobil listrik diatas, mana mobil favoritmu?


Related Post



0 comments:

Post a Comment

Terima kasih atas komentarnya ya sobat blogger. Terima kasih juga sudah menggunakan kalimat yang sopan serta tidak mengandung unsur SARA dan pornografi. Komentar yang tidak sesuai, mohon maaf akan dihapus tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Btw, tunggu kunjungan saya di blog anda yah.. salam blogger :)

Total Pengunjung

 

Inspirasi Coffee Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates